PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MINUMAN KOPI DI KOPI JANJI JIWA JILID 324 SURABAYA

Alsa Nailur Rohmah, Slamet Subari

Abstract


Peningkatan konsumsi kopi terus terjadi di masyarakat Indonesia. kopi tidak hanya dinikmati oleh beberapa golongan, namun kopi dapat dinikmati oleh seluruh kalangan lintas generasi dan gender. Janji jiwa merupakan salah satu kedai kopi sekaligus brand yang ada di Indonesia dan telah dibuka sejak tahun 2018 serta cukup menyita perhatian publik. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, jumlah kedai kopi di Indonesia semakin menjamur dan persaingan bisnis semakin ketat, sehingga untuk mempertahankan eksistensinya, Kopi Janji Jiwa perlu memahami kebutuhan dan keinginan konsumen akan kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik konsumen, (2) Atribut apa saja yang menjadi pilihan konsumen dalam membeli minuman kopi di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis conjoin. Hasil yang diperoleh menunjukkan karakteristik konsumen sebagian besar usia 17-25 tahun dengan pendidikan perguruan tinggi, pekerjaan pelajar/mahasiswa dan penghasilan Rp.1.000.000-Rp.1.500.000. Atribut yang menjadi pilihan konsumen yakni kopi dengan varian es kopi susu, topping ice cream, rasa manis dengan harga Rp. 23.000.


Keywords


Kopi Janji Jiwa, Perilaku Konsumen, Preferensi

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Rosita Dewi. 2007. Loyalitas Konsumen Kedai Kopi di Surabaya (Studi Deskriptif Loyalitas Konsumen Coffee Toffee di Surabaya).Jurnal Commonline Departemen Komunikasi, 3 (2); 259-268.

Badan Pusat Statistik. 2017. Statistik Kopi Indonesia.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kota Surabaya.

Cahyani, T dan Muhammad, N. 2016. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Yogurt Drink (Studi Kasus Kota Bogor Jawa Barat). Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 14 (1); 176-183.

Databoks.katadata.co.id. 2018.“2021, Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai370RibuTon”.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/0 7/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton#

Gundono.2012. Analisis Data Multivariat Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Hafni, R. Delya., Assyifa Amelia., Khairunnisa R. 2020. Pandangan Citra Brand Kopi Janji Jiwa di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8 (1); 12-21.

Kalsum, U., Elys F., dan Taufik Rizal, D. 2013. Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan.Jurnal Agriekonomika, 2 (2); 153-162.

Kementrian Perindustrian. 2017. Peluang Usaha IKM Kopi.

Kiloes, A. 2012. Penilaian Sikap dan Presepsi Konsumen Terhadap Beberapa Atribut Produk Buah Jeruk Lokal dan Impor Sebagai Dasar Peningkatan Daya Saing Jeruk Nasional. Prosiding Seminar Nasional Pekan Inovasi Teknologi Hortikultura Nasional.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2009. Perilaku Konsumen. Bandung: PT Refika Aditama.

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Edisi Revisi 2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mowen, John C. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyadi, A., dan Elys, F.2014.Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan.Jurnal Agriekonomika, 3 (1); 65-80.

Muzdalifah. 2012. Kajian Preferensi Konsumen Terhadap Buah-Buahan Lokal Di Kota Banjarbaru. Jurnal Agribisnis Pedesaan, 2 (4).

Nicholson, W. 1991. Teori Ekonomi Mikro I. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Permadi, Rokman. 2016. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Terasi Udang.Jurnal Social Economic Of Agriculture, 5 (1); 49-57.

Puspasari, Ernita., Ma’mun, S., dan Mukamad, N. 2017. Preferensi Konsumen dan Strategi Pemasaran Produk Puree Bayam Organik Studi Kasus di CV.Addin Abadi Bogor.Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 27 (2); 209- 216.

Puspitasari, Nia Budi., Afina, H. 2014. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Coca-Cola, Pepsi dan Big Cola di Kota Semarang Dengan Analisis Conjoin.Jurnal Seminar Nasional IENACO; 603-610.

Rahardja, Pratama dan Mandala Manurung.2010. Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar. Jakarta: FEUI.

Rahardjo, Christoper Richie. 2016. Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1 (1).

Rahayu, J. N., Fauziyah, E., dan Ariyani, A. H. 2012. Preferensi Konsumen Teradap Buah Apel Impor di Toko Buah Hokky dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika, 1 (1); 52-67.

Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rasmikayati, Elly.dkk. 2017. Kajian Sikap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk Dan Potensi Kedainya. Jurnal Pemikiran Mayarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis,3 (2); 117- 133.

Rosipah, Sitti., Burhan., dan Umi, P. Preferensi Konsumen Terhadap Pancake dari Tepung Sukun. Jurnal Agrointek, 7 (1); 53-58.

Sangadji, E. M dan Sopiah.2013.Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Jurnal Penelitian Edisi 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Syahfitriani.2013. Aplikasi Analisis Conjoin Untuk Mengukur Preferensi Mahasiswa FMIPA USU Dalam Memilih Produk Pasta Gigi.Jurnal Saintia Matematika, 1 (1); 63-71.

Soekresno.2002. Manajemen Food and Beverage Service Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) cetakan Kedelapan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian : (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Surabaya dalam angka. 2019. Kota Surabaya.

Syahrir, Sitti Aida A., dan Bahari. 2015. Preferensi Konsumen Beras Berlabel. Jurnal Agriekonomika, 4 (1); 10-21.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran Edisi Ke-2. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wachdijono., Trisnaningsih, U., Siti Wahyuni. 2019. Analisis Preferensi Konsumen Kopi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Agriekonomika Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, 8 (2); 181-193.

Wahyuni, Tri., Nurliza., dan Dewi, K. 2017. Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kerupuk Ikan di Kota Sintang.Jurnal Social Economic Of Agriculture, 6 (1); 101-108.

Wann, Jong-Wen., Chia-Yuang Kao., Yu-Cen Yang. Consumer Preferences of Locally Grown Specialty Crop: The Case of Taiwan Coffee. Sustainability Journal, 10 (2396).




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i3.9129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License