STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BERAS UD. SOVI JAYA DI KECAMATAN KAMAL, KABUPATEN BANGKALAN

Rosa Rotul Fahmi, Mardiyah Hayati

Abstract


UD Sovi Jaya merupakan industri penggilingan, jual beli gabah dan memproduksi produk beras madura yang berlokasi di Dusun Trebung Desa Gili Anyar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menciptakan model bisnis baru UD Sovi Jaya dalam menghadapi persaingan bisnis dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan UD Sovi Jaya berada pada posisi kuadran I atau strategi pertumbuhan agresif (Growth oriented strategy) dan strategi alternatif usulan Business Model Canvas (BMC) baru dimana dari 9 elemen terdapat 8 elemen usulan strategi baru seperti komponen customer segment perlu adanya penambahan konsumen hotel dan rumah makan, value proposition pembuatan hak paten, channel penambahan sistem teknologi informasi, key partners penambahan mitra seperti pemerintah dan event organizer, key activities inovasi produk baru, key resources pembuatan website, membuat cabang, penambahan tenaga kerja dan pembagian job desk, revenue stream yang mendapatkan tambahan pendapatan dari pameran atau bazar, dan cost structure perlu adanya pengeluaran biaya lebih dalam organizer dan website. 


Keywords


Strategi bisnis, Bisnis Model Kanvas, UD. Sovi Jaya, Beras, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2016). Strategic Management Sistainable competitive Advantages. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Badan Pusat Statistik. (2015). Distribusi Perdagangan Komoditas Beras Indonesia Tahun 2015. Jakarta-Indonesia: 06130.1502.

Badan Pusat Statistik. (2018). Ringkasan Eksekutif Luas Panen Dan Produksi Beras Di Indonesia 2018. Jakarta: 05110.1806.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan. (2017). Statistik Daerah Kabupaten Bangkalan 2017. Kabupaten Bangkalan: 35260.1719.

Direktorat Statistik Industri. (2012). Perusahaan Industri Penggilingan Padi Tahun 2012 Provinsi Jawa Timur. Jakarta: 05320.1203.

Fahmi, I. (2017). Manajemen Strategi Teori dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554

Isabela, T., Mulyani, S., & Satriawan, I. K. (2018). Pengembangan Usaha Produk Teh Celup Rosela (Hibiscus Sabdariffa L.) Ud. Bali Gendis, Klungkung. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 6(1), 33–44.

Narto, & Syah, A. A. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Penggilingan Padi Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Di UD. Sumber Tani. 2(1), 16–22.

Nurindraty, C., & Darmawan, A. (2018). Analisis Strategi Model Business pada Produk Industri pariwisata dengan Pendekatan model Kancvas (Studi Pada batik Tulis Tresna Art Kota Bangkalan). 55(1), 188–195.

Osterwalder, Alexander, & Pigneur, Y. (2015). Business Model Gneration. PPT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Permadi, B., Nurmalina, R., & Kirbrandoko. (2016). Analisis Pengembangan Model Bisnis Kanvas CV Kandura Keramik Bandung. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1). https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.1.10

Putri, C. Y. (2015). Evaluasi Strategi Pengembangan Bisnis Penggilingan Gabah pada UD. Jaya Makmur di Jember. Agora, 3(1), 324–332.

Rainaldo, M., Wibawa, B. M., & Rahmawati, Y. (2017). Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 2–6. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.25277

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rukka, R. M., Busthanul, N., & Fatonny, N. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus Hybridus) Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: Studi Kasus Pada CV. Oag Di Kota Makassar, Sulawesi Selatan,. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1), 41–54.

Siregar, Z. H., & Fitria, S. E. (2016). Analisis Model Bisnis Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Terhadap Usaha Mikro Agribisnis Keramat Bey Berry Ciwidey. EProceedings of Management, 3(1), 222–227. Retrieved from http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2849

Solihah, E., Hubeis, A. V. S., & Maulana, A. (2014). Analisis Model Bisnis Pada Knm Fish Farm Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 9(2), 185–194. https://doi.org/10.15578/jsekp.v9i2.1220

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syaiful, Furqon, C., & Sultan, M. (2018). Business Model Canvas Analysis on Cual weaving Industry. 1(2), 129–136.

Wisnu, F. X. A., Hasun, F., & Suryana, N. (2019). Evaluasi Model Bisnis Pt . Mitra BUMDES Bersama Menggunakan Kerangka Business Model Canvas. E-Proceeding of Engineering, 6(2), 6530–6538.

Yanuarti, A. R., & Afsari, M. D. (2016). Komoditas beras. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i2.8741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License