PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN VARIABEL KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA WISATA PETIK APEL KELOMPOK TANI MAKMUR ABADI (KTMA)

Ika Widya Putri, Isdiana Suprapti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Wisata Petik Apel KTMA yang mengalami penurunan jumlah wisatawan dan semakin banyaknya wisata lain di Kota Batu. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas, (2) pengaruh langsung kualitas layanan terhadap loyalitas, (3) pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan, (4)pengaruh kepuasan terhadap loyalitas, (5) pengaruh kualitas layanan secara tidak langsung terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel mediasi di wisata petik Apel KTMA. Sampel sebanyak 30 responden diperoleh menggunakan incidental sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis path. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas wisatawan di wisata petik Apel KTMA tergolong baik, (2) loyalitas dari wisatawan secara langsung dipengaruhi oleh kualitas layanan, (3) kualitas layanan mempengaruhi kepuasan dari wisatawan, (4) kepuasan mempengaruhi loyalitas dari wisatawan, (5) kualitas layanan secara tidak langsung mempengaruhi loyalitas dengan variabel kepuasan sebagai variabel mediasi. Saran bagi wisata petik apel KTMA agar dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas layanan agar menciptakan kepuasan dan loyalitas wisatawan.

Keywords


Kualitas Layanan, Kepuasan, Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Aritonang, L. 2005. Kepuasan Pelanggan Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Objek Wisata Kota Batu. https://batukota.bps.go.id/statictable/2019/01/08/366/jumlahkunjungan-wisatawan-menurut-tempat-wisata-dan-wisata-oleh-oleh-di-kota-batu 2017.html. Diakses tanggal 28 Oktober 2019.

Bramson, R. 2005. Customer Loyality 50. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Gaffar, V. 2007. CRM dan MPR Hotel. Bandung : Alfabeta.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta : ANDI.

Hadi, S. 2017. Statistik Edisin Revisi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Irawan, H. 2003. Indonesian Customer Satisfaction Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Irawan, H. 2008. Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Cetakan Pertama. Jakarta : PT Gramedia.

Kelompok Tani Makmur Abadi. 2019. Daftar Kunjungan Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi 2011-2018. Batu : Kelompok Tani Makmur Abadi.

Jumawan. 2018. The Effect of Service Quality on Loyalty using Satisfaction as an Intervening Variable ( Study on Entrepreneurs in Bekasi Bonded Zone ). International Journal of Advanced Engineering, Management and Science (IJAEMS), 4(5), 389–394.

Kusumasasti, I., Andarwati, & Hadiwidjojo, D. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(2), 123–129.

Lusiah, Noviantoro, D., & Akbar, A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ekonomi, XXIV(02), 213–226.

Muala, A. Al. 2016. The Effect of Service Quality Dimensions on Customers ’ Loyalty through Customer Satisfaction in Jordanian Islamic Bank. International Journal of Marketing Studies, 8(6), 141–146.

Pracoyo, T.K., dan Antyo P. 2006. Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Putri, Y. L., & Utomo, H. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70–90.

Ramadhan, L. F. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan dalam Berwisata di Kampung Gajah. Skripsi. Program Studi Destinasi Pariwisata Jurusan Kepariwisataan. Sekolah Tinggi Pariwisata. Bandung.

Sudarso, A. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta : Deepublish.

Suliyanto. 2018. Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Suhartini, & Priambodo, O. 2016. Valuasi Ekonomi Kusuma Agrowisata Kota Batu ,Jawa Timur. Jurnal HABITAT, 27(3), 122–132.

Sulistyowati, E., & Maliyan, S. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Wisatawan Nusantara dengan Kepuasan Wisatawan Nusantara sebagai Variabel Intervening. Jurnal Maksipreneur, V(1), 24–45.

Sumertana, I. W. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening Pada Water Park Seririt Singaraja Tahun 2014-2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2).

Wardana, R. W., & Sriwidodo, U. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pengguna Mobile Banking. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(3), 329–338.

Warnadi, dan Aris, T. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CV Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License