PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JAMU TRADISIONAL MADURA

Luluk Ristin, Isdiana Suprapti

Abstract


Perekonomian industri jamu telah berkontribusi bagi pendapatan nasional, meningkatkan gaya hidup sehat masyarakat yang mampu menggeser pola konsumsi masyarakat “back to nature” untuk kembali menggunakan tanaman herbal sebagai sarana pengobatan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Sampel sebanyak 30 responden diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel product, promotion, process, dan physical evidence berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu tradisional di UD Nata Payung Emas.


Keywords


Jamu tradisional, Marketing mix, Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja. (2019). Direktori Industri Kecil dan Menengah Agro Kabupaten Bangkalan. Kabupaten Bangkalan.

Elvriyana, S. (2014). Pengaruh Positioning Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan di Momo Milk Bogor. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Gitasari, Taufik, M., & Robustin, T. P. (2018). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian jamu herbal bio7 di Lumajang. Jurnal Riset Manajemen, (September), 18–24.

Kementrian Perdagangan. (2014). Obat Herbal Tradisional Editorial Editorial. Warta Ekspor, (September 2014), 1–20.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed.; A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani, Eds.). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Morissan. (2010). Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Jakarta: Prenamedia Group.

Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh People, Physical, Evidence, Product, Ptomotion, Price dan Place terhadap Tingkat Kunjungan di Kafe Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–9.

Rahardja, P., & Manurung, M. (2010). Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rismawati, A. (2017). Analisi Pengaruh Marketing Mix Terahadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Alfamart dan Indomaret di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Kabupaten Kudus.

Selang, C. A. . (2010). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada. Jurnal Emba, 1(3), 71–80. Retrieved from https://www.noorlib.ir/View/fa/Book/BookView/Image/8089

Siregar, N., & Wahyuni, E. (2017). Straetgi Pemasaran Jamu tradisional Kelompok Wanita di Desa Sei Rotan Dusun X Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Senaspro.

Setyani, E. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Alat Tulis Adi Sutrisno 2 Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian (28th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. (2013). Mikroekonomi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.7785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License