STRATEGI PENGEMBANGAN UKM JAMU TRADISIONAL MADURA AYU

Farida Farida, Elys Fauziyah

Abstract


Madura Ayu adalah salah satu usaha jamu di Sampang yang masuk kategori usaha jamu tradisonal yang cukup besar. Meski demikian usaha ini memiliki beberapa permasalahan diantaranya kurangnya modal usaha, pengurusan legalitas usaha yang sulit, teknologi  masih sangat sederhana, persaingan dengan usaha sejenis baik dari dalam maupun luar daerah, perubahan harga bahan baku, dan produk pengganti yang bervariasi dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan yang dapat dilakukan olehusaha jamu tradisional Madura Ayu. Alat analisis yang dimanfaatkan adalah analisis IFAS, EFAS, SWOT dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan 5 prioritas strategi yang bisa diterapkan yaitu: mengembangkan inovasi kemasan produk jamu, melakukan kerjasama dengan petani rempah-rempah, meningkatkan pemasaran dengan melalui berbagai media, memanfaatkan secara maksimal dukungan dari pemerintah baik dari sisi modal, pendampingan maupun pengurusan legalitas usaha, dan memberikan bonus kepada pelanggan yang membeli produk dalam jumlah besar.

Keywords


Strategi Pengembangan, Madura Ayu, SWOT, QSPM

Full Text:

PDF

References


Aliyah, R, Iwang, G, dan Ine, M. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan. Jurnal perikanan Kelautan. Vol.6 No.2: 78-84.

Aziz MY. 2010. Strategi pengembangan pola kemitraan ayam broiler CV Pie Tiek Koe Farm [tesis]. Bogor: Program pascasarjana Manjemen dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor.

Barney, Jay B, William S. Hesterly, 2008. Strategic Management and Competitive Advantage, Second edition.

David, Fred R., 2012. Strategic Management Concept and Cases.

David, ME, David, RF, David, FR, (Spring 2009), Matriks perencanaan strategis kuantitatif (QSPM) diterapkan untuk toko komputer ritel, The Coastal Business Journal, Vol. 8, Nomor 1, (2009), hlm. 42-52.

David, F.R. 2016. Konsep Manajemen Strategik. Salemba Empat: Jakarta.

Disperindag, Dinkes. 2019. Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sampang s/d Tahun 2015. Sampang : Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Gomez R. Luis.,& Balkin B. David. (2012). Management. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Weihrich, H., 1982. Matriks TOWS: Alat untuk situasional analisis. Perencanaan Jangka Panjang 15 (2), 54-66.

Hunger D.,& Wheelen L. (2011). Essentials of strategic Management, (5th ed.). new Jersey: Pearson Education,Inc.

Kemendag RI. 2009. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Badan Penelitiandan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Tahun 2009. Indonesia: Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Krawjesky, L.J., & Ritzman, L.P. 2002. Operation Management: Strategy and Analysis, Sixth Edition, Prentice Hall International, Inc.

Munica, RD. U. Fakhry. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Industri Jamu Tradisional Di Kabupaten Bangkalan Madura, Provinsi Jawa Timur.Jurnal Agrointek. Vol. 11 No. 2.

Nugraha CS. 2010. Strategi pengembangan usaha peternakan sapi potong di PT Andini Persada Sejahtera [tesis]. Bogor: Program pascasarjana Manajemen dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor.

Nurmagribah, Mira. 2006. Strategi Pengembangan Usaha (Studi Kasus Pada Diana Bakery Kota Bekasi, Jawa Barat). Skripsi. Jakarta Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Prasojo DL. 2018. Management Strategi Edition 1. Yogyakarta: UNY Press.

Sagitaningrum dan Afandi. 2015. Strategi Pengembangan Tananam Herbal Assyifa’a Di Kota Palu Sulawesi Tengah. Jurnal Agrotekbis 3 (4) : 521-531.

Schroeder, Roger R., 1989. Operation Management: Decision Making in the Operation Function, McGraw Hill – Internasional Edition.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, H. (2002). Strategic Management In Action “Konsep, Teori. Dan teknik menganalisis Manajemen Startegis Strategic Business Unit berdasarkanKonsep. Michael R. Porter, Fred R David, dan Wheelen-Hunger. Jakarta:GramediaPustaka Utama

Wahida, A.M, Mimit, P, Tiwi, N.U. 2015. Pengembangan Usaha Kerupuk Ikan Payus (Elops Hawaiensis) pada UD. Sumber Rezeki Keurahan Gunung Anyar Tambak, Kec.Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jurnal ECSOFiM. Vol.3 No.1.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.7682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License