SALURAN, MARGIN, DAN EFISIENSI PEMASARAN BEBEK PEDAGING DI KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN

Fajriyah Ardillah, Fuad Hasan

Abstract


Bebek pedaging adalah salah satu komoditas yang mempunyai pasar potensial di Kecamatan Burneh, tetapi peternak belum merasakan keuntungan dari potensi tersebut karena masalah pemasaran yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis saluran, margin dan efisiensi pemasaran bebek pedaging di Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan bantuan kuesioner.  Hasil analisis menunjukkan bahwa di Kecamatan Burneh ada empat saluran pemasaran bebek pedaging yaitu (1) 0-tingkat: peternak langsung menjual kekonsumen ahir (2) 1-tingkat model A: peternak menjual ke pengecer dan pengecer menjual ke konsumen ahir (3) 1-tingkat model B: peternak menjual ke pedagang pengumpul dan selanjutnya dijual ke konsumen ahir oleh pedagang pengumpul dan  (4) 2-tingkat: peternak menjual ke pedagang pengumpul, pengumpul menjual ke pengeecr dan pengecer menjual ke konsumen ahir. Magin pemasaran 1-tingkat model A dan 2-tingkat sebesar Rp.8000 dan 1-tingkat model B Rp.7500. Berdasrkan farmer’s share-nya, semua saluran pemasaran masih masuk kategori diman farmer’s share 0-tingkat 100%, 1-tingkat model A 77,1%, 1-tingkat model B 77,3%, dan 2-tingkat 77,1%.


Keywords


Bebek pedaging, Saluran pemasaran, Margin, Efisiensi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Abhar, E., Isyyaturriyadhah, & Fikriman. (2018). Analisis Pemasaran Kentang di Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Jurna Agrisains (JAS), 2(01), 1–9.

Achike, A. ., & Anzaku, T. A. . (2010). Economic Analysis of The Marketing Margin of Benniseed in Nasarawa State, Nigeria. Agro-Science, 9(1), 47–55. https://doi.org/10.4314/as.v9i1.57459

Anonim. (2013). Permintaan Bebek Sinjay Bangkalan Makin Melejit Didukung Jembatan Suramadu. http://disnak.jatimprov.go.id/web/beritautama/read/925/permintaan-bebek-sinjay-bangkalan-makin-melejit-didukung-jembatan-suramadu

Aswathy, N., Narayanakumar, R., & Harshan, N. K. (2014). Marketing Costs , Margins and Efficiency of Domestic Marine Fish Marketing in Kerala. Indian Journal of Fisheries, 61(2), 97–102.

BI. (2010). Pola Pembiayaan Usaha Kecil (PPUK) Komoditas Budidaya Bebek Pedaging (Biro Pengembangan BPR dan UMKM). Jakarta: Bank Indonesia.

BPS. (2018). Kabupaten Bangkalan dalam Angka 2017. Bangkalan: BPS.

BPS. (2019). Kabupaten Bangkalan dalam Angka 2018. Bangkalan: BPS.

Daniel, M. (2004). Pengantar Ekonomi Pertanian (P. B. Aksar, Ed.). Jakarta.

Erzal, M. F., Taslim, & Masdar, A. S. (2015). Analisis Saluran, Margin, dan Efisiensi Pemasaran Itik Lokal Pedaging. E-Journal Fakultas Peternakan Unpad, 2, 1–12.

Fahrurrozi, Kusrini, N., & Komariyah. (2012). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) Lump Mangkok dari Desa Kompas Raya Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawai. AGRISE, XII(2), 1412–1425.

Hasanah, L., Suryadi, U., & Widhijanto, W. (2017). Analisis Saluran Distribusi dan Margin Pemasaran Telur Itik di Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmu Peternakan Terapan, 1(1), 25–30.

Hosseini, M. H., & Soleymanpour, M. (2018). Investigating the Effective Factors Influencing on the Choice of Distribution Channels and Their Significance Improving the Competitive Advantage of Fast-Moving Consumer Goods Producers. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 3(2), 316–322.

Ifanda, M. Z. (2017). Analisis Tataniaga Kambing di Pasar Hewan Wingi Kabupaten Blitas. Jurnal Aves, 11(1), 1–6.

Jassam, Q. T., Ali, N., & Shukur, A. S. (2018). Economic Study to Measure the Efficiency and Marketing Margins of the Main Vegetable Crops Baghdad Province for the Agricultural Season 2016. IOSR Journal of Agriculture and Veterinary Science, 11(7), 11–15. https://doi.org/10.9790/2380-1107011115

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsiples of Marketing (seventeent). United Kingdom: Pearson.

Low, S. A., Adalja, A., Beaulieu, E., Key, N., Martinez, S., Melton, A., … Jablonski, B. B. R. (2015). Trends in U . S . Local and Regional Food Systems Report to Congress. Retrieved from https://naldc.nal.usda.gov/download/60312/PDF

Mariyono, J., Waskito, J., Kuntariningsih, A., Gunistiyo, & Sumarno. (2019). Distribution Channels of Vegetable Industry in Indonesia: Impact on Business Performance. International Journal of Productivity and Performance Management, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJPPM-11-2018-0382

Matin, M. A., Zakaria, A., Hossain, D., & Majid, A. (2017). Rural Marketing and sales (1st ed.). Bogra, Bangladesh: Director General Rural Development Academy (RDA).

Minot, N., & Goletti, F. (2000). Rice Market Liberalization and Poverty in Viet Nam. Vietnam.

Muslim, C., & Darwis, V. (2012). Keragaan Kedelai Nasional Dan Analisis Farmer Share Serta Efisiensi Saluran Pemasaran Kedelai Di Kabupaten Cianjur. Sepa, 9(1), 1–11.

Perreault, W. D., Cannon, J. P., & Mccarthy, E. J. (2012). Essentials of Marketing (13th ed.). New York: McGraw-Hill.

Prasetyo, L. H., Pius, P. K., Argono, R. S., Agus, S., Elisabeth, J., Triana, S., & Soni, S. (2010). Panduan Budidaya dan Ternak Itik. Bogor: Balai Penelitian Ternak.

Printezis, I., & Grebitus, C. (2018). Marketing Channels for Local Food. Ecological Economics, 152(March), 161–171. https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2018.05.021

Purnomo, M., Otten, F., & Faust, H. (2018). Indonesian Traditional Market Flexibility Amidst Atate Promoted Market Competition. Social Sciences, 7(11), 1–17. https://doi.org/10.3390/socsci7110238

Sazmi, R. M., Haryono, D., & Suryani, A. (2018). Analisis Pendapatan dan Efisiensi Pemasaran Ikan Patin di Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. JURNAL ILMU-ILMU AGRIBISNIS ( Journal of Agribusiness Sciences ), 6(1), 133–141.

Sedyawati, L., Sutrisno, J., & Sundari, M. T. (2016). Analisis Efisiensi dan Marjin Pemasaran Janggelan di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri. Agrista, 4(3), 170–180.

SIFISIA. (2011). Marketing Cost of Margin. Sudan.

Soe, W. P. P., Moritaka, M., & Fukuda, S. (2015). An Analysis of The Factors Influencing Marketing Channel Choice by Paddy Rice Farmers in Myanmar. Journal of the Faculty of Agriculture, Kyushu University, 60(2), 535–542.

Sudev, A., & Raghunandan, M. (2018). A Research on Significance and Dependence of Marketing Channels; A Study Based on FMGC Industry. International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET), 9(11), 1051–1060. Retrieved from http://www.iaeme.com/ijmet/issues.asp?JType=IJMET&VType=9&IType=11http://www.iaeme.com/IJMET/issues.asp?JType=IJMET&VType=9&IType=11

Sutrisno, A., Efendy, & Husni, S. (2015). Analisis Ekonomi dan Pemasaran Agroindustri Telur Asin di Kota Mataram. Agrimansion, 16(1), 16–31.

Tuffour, M., & Dokurugu, M. T. (2015). Margins and Efficiency Analysis of Watermelonmarketing in Rural Northern Ghana. IOSR Journal of Business and ManagementVer. I, 17(2), 2319–7668. https://doi.org/10.9790/487X-17215863

Ullah, R., Safi, Q. S., Ali, G., & Ullah, I. (2017). Who Gets What? Citrus Marketing in Bunir District of Pakistan. Sarhad Journal of Agriculture, 33(3). https://doi.org/10.17582/journal.sja/2017/33.3.474.479

Utami, I. D., Findiastuti, W., & Kuswanto, D. (2010). Tata Ruang dan Penilaian Dampak Lingkungan Industri di Bangkalan Pasca Pembangunan Jembatan Suramadu Berdasarkan Potensi Daerah. Jurnal Teknik Industri, 11(2), 162–169.

Vercammen, J. (2011). Structural Models for Price Analysis. New York: Rotledge.

Yulianti, D., Uchyani, R., & Qonita, A. (2013). Analisis Margin Pemasaran Ayam Pedaging di Kabupaten Karanganyar. AGRISTA, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.6882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License