Analisis Strategi Pemasaran Industri Abon Daging Sapi Bu Sarti di Kota Surabaya

Diajeng Trikusuma Pratiwi, Slamet Widodo

Abstract


Abon Daging Sapi Bu Sarti adalah usaha abon legendaris yang berdiri sejak 1995 di Jln. Patmosusastro atau yang dikenal dengan “Kampung Abon Patmosusatro”. Semakin bertambahnya tahun, pemasaran Abon Daging Sapi Bu Sarti semakin menurun karena meningkatnya persaingan antar industri abon sapi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk merumuskan faktor internal pemasaran, merumuskan  faktor eksternal pemasaran dan merumuskan prioritas alternatif strategi pemasaran. Sampling dilaksanakan secara sengaja (purposive sampling) dengan metode penelitian SWOT dan QSPM. Berdasarkan matriks IE posisi usaha berada pada sel V (hold and maintain) dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Prioritas strategi yang dapat diimplementasikan pada Abon Daging Sapi Bu Sarti yaitu pertama membangun citra merek melalui personal selling, direct marketing, dan promosi online, kedua meningkatkan strategi bersaing dengan pengembangan variasi jenis abon, kemasan dan ukuran produk, serta strategi ketiga yaitu memperluas jaringan pemasaran melalui marketplace, kerjasama dengan reseller dan toko oleh-oleh.


Keywords


EFE; IFE; Pemasaran; QSPM; SWOT

Full Text:

PDF

References


Aliyah, R., Gumilar, I., & Maulina, I. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon Di Kota Bandung). Jurnal Perikanan Dan Kelautan Unpad, 6(2), 78–84.

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295.

Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

David. (2009). Manajemen Strategis. Terjemahan Oleh Dono Sunardi. Jakarta:. Salemba Empat.

David, F. (2012). Manajemen Strategis Terjemahan Oleh Dono Sunardi. Jakarta:. Salemba Empat.

David, F. (2016). Manajemen Strategik: Sutau Pendekatan Keunggulan Bersaing Konsep Edisi 15. Penerbit Salema Empat.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. (2022). BI Dorong 9,78 UMKM di Jawa Timur Masuk Ekosisitem Digital. Sinfonews.Com. https://daerah.sindonews.com/newsread/810639/704/bi-dorong-978-umkm-di-jawa-timur-masuk-ekosistem-digital-1656345993

Dinas Koperasi dan UKM Kota Surabaya. (2022). Satu Sata Diskop UMKM. Jatimprov. https://data.diskopukm.jatimprov.go.id/satu_data/

Febrianti, H. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Abon Ikan Tuna Pada Kelompok Wanita Nelayan Fatimah AZ- Zahra Di Kota Makassar [Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Hatta, I. H., Riskarini, D., & Ichwani, T. (2018). Sme Business Development Strategy: Swot and Efe-Efi Analysis. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(3), 537–543. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.03.19

Husriah, Sari, M., Yunarsi, Rahma, F., & Fatmala, W. (2021). Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan Tongkol Bumdes Lagunci Di Desa Bahari Tiga Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Economix, 9, 17–24.

Kemenperin. (2018). Indonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru untuk Menjadi Negara Maju. Insanoke. https://www.kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-butuh-4-juta-wirausaha-baru-untuk-menjadi-negara-maju

Kementrian Koordiantor Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Pengembangan UMKM Menjadi Neccesary Condition Untuk Mendoring Pertumbuhan Ekonomi. Siaran Pers. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4136/pengembangan-umkm- menjadi-necessary-condition-untuk-mendorong-pertumbuhan-ekonomi

Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran (Edisi Mele). PT. Indeks.

Legrisca, M., Yantu, M. R., & Laapo, A. (2013). Pengembangan Strategi Pemasaran Abon Ikan UKM Sri Rejeki: pendekatan marketing mix. Jurnal Agrotekbis, 1(3), 250–258.

Ma’ruf, M. A., Praptono, B., & ... (2018). Perancangan Strategi Pemasaran pada UMKM Parama Dengan Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM. E-Proceeding of Engineering, 5(3), 6965–6972.

Mahaprastanika, A. K. A. (2021). Pt Evia Maju Bersama , Bogor , Jawa Barat. Universitas Islam Negerei Syarif Hidayatullah.

Murdifin, I., Basalamah, S., Basalamah, J., & Murfat, M. Z. (2020). Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan pada Industri Rumah Tangga di Kota Makassar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 16–20. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i1.775

Pasa, putu meika, Siasca, & Desthan, S. H. (2019). Strategi Bersaing Usaha Agroindustri Abon Sapi. 2019(1), 146–150.

Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A. (2014a). Menggunakan Analisis Swot dan Metode QSPM ( Quantitative Strategic Planning Matriks ) ( Studi Kasus Restoran Big Burger Malang ) Plan of Restaurant Development Strategy Using Swot Analysis and Qspm ( Quantitative Strategic Planning Matrix ) Methods ( Case. Jurnal Industria, 3(2), 93–106.

Rahmana, A. (2012). Strategi pengembangan usaha kecil menengah sektor industri pengolahan. Teknik Industri, 13(1), 14–21.

Reskiana, Budianto, & Lawelle, S. A. (2019). Strategi Pemasaran Abon Ikan Marlin Pada Industri Rumah Tangga (Studi Kasus UD. Abon Bonesa Kelurahan Kambu Kecamatan Kambu Kota Kendari). Sosial Ekonomi Perikanan, 4(1).

Rinaldi, U., & Sulasti. (2021). Strategi Pengembangan Kota Dalam Mengoptimalkan Potensi Penanaman Modal. Jurnal Ekonomi Integra, 12(2), 91–98.

Rizky, L. A. G. A. (2021). Pelatihan Marketplace Online Untuk Memperluas Pemasaran Produk Wirausaha Bagi Masyarakat Parung Serab Ciledug. Jurnal Ikraith-Abdimas, 4(3), 198–203.

Rohmawati, I. (2018). Formulasi Strategi Pemasaran Menggunakan Analisa Qspm (Studi Pada Suoklat Cafe Di Surabaya). Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 20(2), 114. https://doi.org/10.30649/aamama.v20i2.85

Santosa, A., Leliana, Y. A., & Utami, H. H. (2022). Strategi Pemasaran Abon Khansa Food Di Kelurahan Pandowoharjo Kapanewon Sleman Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertanian Agros, 24(3), 1396–1406.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang) Marketing. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Sevtyana, Y., & K, R. S. (2021). Analisis Modal Kerja dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada UMKM Chicken Nobon Samarinda). Borneo Student Research, 2(2), 1261–1269.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. In UB Press. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.329

Siburian, F., Ahmad, H., Yamani, Z., & Sunaryati, R. (2020). Strategi Pemasaran Abon Ikan Gabus Studi Kasus Industri Rumah Tangga Kelompok Tampung Parei Palangka Raya Marketing Strategy Abon Fish Gabus Case Study of Household Industry Tampung Parei Group Palangka Raya. Journal Socio Economics Agricultural, 15(1), 1–9.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif. Alfabeta.

Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029

Undang - Undang Nomor 2008 tentang UMKM

Wakilah, D. F. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Jamu Madura UD. Umi Kalsum Kabupaten Sumenep. Universitas Trunojoyo Madura.

Wibowo, dimas hendika, Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Yulia, farida, Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran (Issue April).

Yulia, Y., Bahtera, N. I., & Evahelda, E. (2019). SWOT Application in Marketing Strategy for Chicken Egg Shredded in UKM “Raja Abon Makmur Lestari” in Pangkalpinang City. International Journal of Advances in Social and Economics, 1(2), 73–78. https://doi.org/10.33122/ijase.v1i2.43

Zulianto, F., Priyana, E. D., & Negoro, Y. P. (2022). Usulan Strategi Pemasaran Aneka Olahan Bandeng Menggunakan Metode SWOT pada UD Arshaindo. Jurnal Serambi Engineering, 7(4). https://doi.org/10.32672/jse.v7i4.4784




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i1.18647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License