Analisis efisiensi pemasaran ikan lele (clarias sp.) di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan
Abstract
Besarnya produktivitas dan konsumsi ikan lele belum memperlihatkan mekanisme pemasaran yang efisien, terutama apabila jika dilihat dari keuntungan yang diterima oleh pembudidaya. Keberhasilan pada pemasaran ikan lele ini menjadi fokus utama bagi pembudidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan lembaga pemasaran pada setiap saluran pemasaran. Permasalahan yang ditemui pada usaha budidaya ikan lele antara lain ialah produksi di pembudidaya meningkat setiap panennya tapi keuntungan yang diperoleh masih rendah. Metode penelitian digunakan untuk melihat efisiensi pemasaran menggunakan analisis margin pemasaran, nilai efisiensi serta farmer share.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardillah, Fajriyah Dan Fuad Hasan. 2020. Saluran, Margin, Dan Efisiensi Pemasaran Bebek Pedaging Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Agriscience. 14(1).
Arwati, Sitti Dan Asriyanti Syarif. 2016. Sistem Pemasaran Dan Nilai Tambah Produk Olahan Ubi Jalar Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal Galung Tropika. 5 (3): 178 – 190.
Asmarantaka, Ratna Winandi. Juniar Atmakusuma. Yanti N Muflikh Dan Nia Rosiana. 2017. Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi Dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia. 5(2)
Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep Dan Strategi. Jakarta. Pt Raja Grafindo Persada
Desiana, Chandra, Dini Rochdiani, Dan Cecep Pardani. 2017. Analisis Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta (Suatu Kasus Di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh. 4 (2)
Djunnaidah, Iin Siti. (2017). Tingkat Konsumsi Ikan di Indonesia: Ironi di Negeri Bahari. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 11(1).
Fatmawati, F., & Zulham, Z. (2019). Analisis Margin Dan Efisiensi Saluran Pemasaran Pembudidaya Jagung (Zea Mays) Di Desa Suka Makmur Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Gorontalo Agriculture Technology Journal, 2(1), 19.
Gandhy, A. (2019). Analisis Saluran Pemasaran Dan Efisiensi Pemasaran Produk Susu Sapi Perah ( Studi Kasus : Koperasi Produksi Susu Bogor), 43.
GM, Adebo dan SOW Toluwase. 2014. Comparative Analysis Of Fresh And Smoked Catfish Marketing In Ekiti And Ondo States Of Nigeria. Journal Of Biology, Agriculture And Healthcare. 4(19).
Imelda, D. A. E. D. (2014). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Lele Di Desa Rasau Jaya 1 Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Social Economic Of Agriculture, 1(3), 29–36.
Irmayani1, Hasnawati2 , dan A. Erna Sriwahyuningsih. 2021. Analisis Marjin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Produksi Bawang Merah (Allium ascolanicum L.) Di Desa Banti Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Ecosystem. 21(2): 338-347.
Inayah Asri Nur, Sri Marwanti Dan Putriesti Mandasari.2018. Efisiensi Pemasaran Ikan Lele DiKecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Agrista (6) 1 : 36-44
Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2021). Data Produksi Ikan Lele Nasional tahun 2011 - 2019.
Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2021). Volume Produksi Nilai Produksi Ikan Lele Kabupaten Bangkalan tahun 2011 - 2019.
Lukitaningsih, A. (2013). Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi Dan Implikasinya. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 3(1), 21.
Meldasari, Ahmad Suhaimi dan Rachman Fitrianoor. 2018. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Nila di Desa Kupang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan (Studi Kasus Pada Kelompok Perikanan Kupang Maju). Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai. 8(1): 32-40.
Muklisin, Ahmad, Dini Rochdiani dan Budi Setia . (2021). Analisis Efisiensi Pemasaran Benih Ikan Lele Di Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 2 (8): 462-475
Nurdiani, Nina. 2014. Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. Comtech: Computer, Mathematics And Engineering Applications, 5(2), 1110–1118.
Nurhabsa, dkk. 2018. Efisiensi Saluran Pemasaran Kopi Arabika Di Kabupaten Enrekang. Sulawesi Selatan. Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. 5(1)
Sudayana, I Wayan. 2019. Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Teri Segar Hasil Tangkapan Nelayan Di Desa Sanggalangit Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11(2)
Shafitri, R. T. Dan N. (2012). Dalam Mendukung Industri Perikanan Budidaya ( Studi Kasus Di Kabupaten Boyolali , Jawa Tengah ). Kajian Pemasaran Ikan Lele (Clarias Sp) Dalam Mendukung Industri Perikanan Budidaya (Studi Kasus Di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah), 7(2).
Triyanti, Riesta dan Nensyana Shafitri . (2012). Kajian Pemasaran Ikan Lele (Clarias Sp) Dalam Mendukung Industri Perikanan Budidaya (Studi Kasus Di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah) . Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perika
DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i3.15780
Refbacks
- There are currently no refbacks.