Tataniaga sapi madura di Desa Waru Barat Kabupaten Pamekasan

Syadza Afra Zakiyyah, Mardiyah Hayati, Dian Eswin Wijayanti

Abstract


Kabupaten Pamekasan telah menetapkan Kecamatan Waru sebagai salah satu sentra peternakan sapi Madura. Penetapan wilayah mengakibatkan pemasaran semakin meluas dan melibatkan kegiatan pelaku pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan marjin pemasaran yang dilaksanakan oleh lembaga pemasaran dalam sistem pemasaran sapi Madura. Penelitian ini dilakukan di Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive sampling. Pemerintah Kabupaten Pamekasan telah menetapkan Kecamatan Waru sebagai salah satu daerah sentra peternakan sapi Madura. Metode analisis data penelitian berupa analisis deskriptif dan analisis marjin pemasaran. Teknik pengambilan sampel penelitian yang digunakan (snowball sampling). Jumlah sampel ditentukan sebanyak 37 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran sapi Madura di Desa Waru Barat yaitu petani – pedagang desa – konsumen menggunakan total marjin pemasaran sebesar 1.791.364. Farmer’s Share yang diterima sebesar 79,58 persen. Diharapkan adanya penyuluh agar memberikan informasi pasar tentang pemasaran ternak sehingga peternak memiliki posisi tawar di pasar dan memiliki keuntungan serta dapat meningkatkan kesejahteraan peternak sapi Madura.


Keywords


sapi Madura; saluran pemasaran; marjin

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., & Hayati, M. (2020). Pemasaran Sapi Potong di Desa Lobuk Kabupaten Sumenep. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4(1), 14–21.

Andhika, R., Hasnudi, & Ginting, N. (2014). Pengaruh Rantai Tataniaga terhadap Efisiensi Pemasaran Daging Sapi di Kabupaten Karo. Jurnal Peternakan Integratif, 3(2), 224–234.

Anggraeni, M. D., & Baladina, N. (2017). Analisis Struktur, Perilaku dan Penampilan Pasar Kentang di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 1(2), 69–79.

Ardillah, F., & Hasan, F. (2020). Saluran, Margin, dan Efisiensi Pemasaran Bebek Pedaging di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Journal Agriscience, 1(1), 12–25.

Astati. (2015). Analisis Pemasaran Sapi Bali Di Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Teknosains: Media Informasi Sains Dan Teknologi, 9(2), 185–196.

Astiti, N. M. A. G. R., Rukmini, N. K. S., Mardewi, N. K., & Fudholi, A. (2021). Saluran dan Margin Pemasaran Sapi Bali di Era Covid-19. International Journal of Entrepreneurship, 25(6), 1–14.

Awaliyah, F., & Rostwentivaivi, V. (2021). Analisis Structure Conduct Performance pada Pemasaran Komoditas Tomat di Kabupaten Garut. Mimbar Agribisnis, 7(1), 396–405.

Ayele, S., Zemedu, L., & Gebremdhin, B. (2017). Analysis of Market Structure, Conduct and Performance of Beef Cattle: The Case of Dugda District, East Shoa Zone, Oromia Regional State, Ethiopia. Journal of Biology, Agriculture and Healthcare, 7(5), 5–11.

Damatik, L. H., Husodo, A. H., & Gunawan, T. (2014). Pemanfaat Feses Ternak Sapi sebagai Energi Alternatif Biogas bagi Rumah Tangga dan Dampaknya terhadap Lingkungan. Jurnal Teknosains, 4(1), 54–63.

Erzal, M. F., Taslim, & Masdar, A. S. (2015). Analisis Saluran, Margin, dan Efisiensi Pemasaran Itik Lokal Pedaging. Ejournal Unpad, 2(1), 1–12.

Firmansyah, F., Hoesni, F., Pahantus, M., & H, A. (2021). Analisis Structure-Conduct-Performance Pasar Ternak Sapi dan Kerbau untuk Meningkatkan Efisiensi Pemasaran. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 492.

Gultom, N. F., & Wahyuni, R. (2022). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pendapatan Usaha Ternak Sapi Potong di Desa Rejodadi Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin. Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 10(2), 59.

Hamid, S. K. (2012). Analisis Efisiensi Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma cottonii) di Kota Tual Provinsi Maluku. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 5(1), 57-70.

Hartono, B. (2012). Peran daya dukung wilayah terhadap pengembangan usaha peternakan sapi madura. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 13(2), 316–326.

Haumahu, N., Tomatala, G. S. J., & Ririmase, P. M. (2020). Motivasi Peternak Sapi terhadap Usaha Ternak Sapi Potong di Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya. Jpk, 4(2), 1–14.

Heryadi, A. Y. (2011). Pola Pemasaran Sapi Potong di Pulau Madura. J-Sep, 5(2), 38–46.

Husnarti, & Amelia, G. (2020). Identifikasi Saluran dan Permasalahan Pemasaran Padi Sawah di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jurnal Menara Ilmu, 14(2), 47–54.

Kendit, K. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Peternak Sapi Potong terhadap Intensitas Penggunaan Inseminasi Buatan di Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmiah, 18(1), 12–22.

Kurnia, E., Riyanto, B., & Kristanti, N. D. (2019). Pengaruh Umur, Pendidikan, Kepemilikan Ternak dan Lama Beternak terhadap Perilaku Pembuatan MOL Isi Rumen Sapi di Kut Lembu Sura. Penyuluhan Pembangunan, 1(2), 40–49.

Kurniawan, M. A., Pt, S., Pt, M., Pengajar, S., Sains, F., Pembangunan, U., & Budi, P. (2020). Analisis Distribusi Daging Sapi dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sampai ke Konsumen Kota Binjai. Journal of Animal Science and Agronomy Panca Budi, 5(2), 6–15.

Kusumah, T. A. (2018). Elastistas Transmisi Harga Komoditas Cabai Merah di Jawa Tengah. Economics Development Analysis Journal, 7(3), 294–304.

Kutsiyah, F. (2012). Analisis Pembibitan Sapi Potong di Pulau Madura. Wartazoa, 22(3), 113–126.

Lalus, M. F., Krova, M., Ratu, M. R. D., & Nono O. H (2019). Analisis Distribusi Margin di Antara Lembaga-Lembaga Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Nukleus Peternakan, 6(2), 63–70.

Musa, Y. M., Iheanacho, A. C, & Nyiatagher, Z. T (2018). Analysis of Channel and Structure of Cattle Marketing Intermediaries in Mubi Local Government Area of Adamawa State, Nigeria. International Journal of Environment, Agriculture and Biotechnology, 3(2), 433–440.

Ningsih, K., Felani, H., & Sakdiyah, H. (2015). Keragaan Usahatani dan Pemasaran Buah Naga Organik. Jurnal Agriekonomika, 4(2), 168–184.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110.

Oktaveasma, A., Bambang, A. N., & Yulianto, T. (2013). Analisis Tingkat Pendapatan Utama dan Sampingan Pada Rumah Tangga Perikanan (RTP) Nelayan Gillnet di Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 2(2), 68–79.

Prasetyo, D., Sari, A. I., Emawati, S., Rahayu, E. T., & Purnomo, S. H. (2017). Analisis Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Sains Peternakan, 14(1), 65.

Rahman, T. (2018). Studi Perencanaan Pengembangan Kawasan Ternak Di Kabupaten Pamekasan. Rekayasa, 11(1), 60.

Ramadinata, F., Hasyim, A. I., & Situmorang, S. (2014). Efisiensi Pemasaran Produk Duku Lampung melalui Pendekatan Serba Fungsi Kabupaten Lampung. Jiia, 2(3), 223–231.

Rudi, F. (2019). Batik Di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten. Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 168–173.

Nurlaila, S., Kurnadi, B., Zali, M., & Nining, H. (2018). Status Reproduksi dan Potensi Sapi Sonok di Kabupaten Pamekasan. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 6(3), 147–154.

Santoso, E. P., & Fitasari, E. (2019). Analisis Agribisnis Ternak Kambing dengan Pendekatan Market Structure Conduct and Performance di Kabupaten Ngawi. Buana Sains, 16(2), 159–172.

Sega Neli Riyanti, D. A., Satriawan, I. K., & Bayu Sadyasmara, C. A. (2019). Analisis Pemasaran Garam Kusamba Di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(2), 169.

Septiyani, D., Triarso, I., & Kurohman, F. (2016). Analisis Distribusi dan Margin Pemasaran Hasil Tangkap Cumi-Cumi (Loligo sp) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 5(4), 167–176.

Silvana Maulidah. (2010). Struktur Pasar Minyak Kayu Putih (Melaleuca Leucadendron Oil) (Studi Kasus di Kecamatan Namlea Kabupaten Buru–Maluku). Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), 9–13.

Sofanudin, A., & Budiman, E. W. (2018). Analisis Saluran Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Frutescens. L) (Studi kasus di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar). VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 11(1), 46–58.

Sudiadnyana, I. K. H. (2015). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Komoditas Anggur di Desa Banyupoh Kecamatan Gerokgak Tahun 2014. Pendidikan Ekonomi Undiskha, 5(1), 2–10.

Suhaeni, & Sri Ayu Andayani. (2020). Saluran dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Bawang Merah di Kabupaten Majalengka. Jurnal Agrimanex, 1(1), 1–9.

Suryadewi, A. D., Rahayu, E. S., & Setyowati. (2018). Efisiensi Pemasaran Jagung di Kabupaten Sragen. Jurnal Agrista, 6(1), 17–25.

Tribudi, Y. A., Prihandini, P. W., Rahaddiansyah, M. I., & Anitasari, S. (2021). Seleksi Calon Pejantan dan Induk Sapi Madura Berdasarkan Nilai Pemuliaan Berat Lahir dan Sapih. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 16(1), 1–7.

Wulandari, D., Qurniati, R., & Herwanti, S. (2018). Efisiensi Pemasaran Durian (Durio Zibethinus) di Desa Wisata Durian Kelurahan Sumber Agung. Jurnal Sylva Lestari, 6(2), 68–76.

Yuniarti, D., Rahayu, E. S., & Harisudi, M. (2019). Analisis Struktur dan Perilaku Padi pada Pemasaran Beras Organik di Kabupaten Boyolali. Jurnal Pangan, (1), 23–34.

Yuniawan Isyanto, A. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Curahan Waktu Kerja pada Usaha Penggemukan Sapi Potong di Kabupaten Ciamis. MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 1(2), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i2.15662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License