Minat beli konsumen nugget ikan pada UD. Mitra Abadi di Desa Duriwetan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan

Eva Nurhayati, Ihsannudin Ihsannudin

Abstract


UD. Mitra Abadi merupakan sentra industri pengolahan ikan di Desa Duriwetan. Namun dari segi pemasaran belum merata karena kebanyakan produk terjual ke daerah Laren dan Sekaran. Dengan itu tujuan penelitian ini adalah : (1) identifikasi produk UD. Mitra Abadi, (2) analisis karakteristik konsumen UD. Mitra Abadi, dan (3) menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi minat beli produk UD. Mitra Abadi. Jumlah sampel sebanyak 96 responden dengan pengambilan sampel incidental sampling. Metode analisis yaitu analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Disimpulkan bahwa produk nugget ikan merek “horizon”, harga Rp. 7.000/kemasan dengan sistem promosi mulut ke mulut. Mayoritas konsumen UD. Mitra Abadi yaitu usia 14-22 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan sebagai pelajar/mahasiswa. Pada analisis regresi linier berganda diketahui produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli. Sedangkan harga dan promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat beli. Untuk itu UD. Mitra Abadi perlu mempertimbangkan harga sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan dan untuk promosi perlu lebih diperhatikan lagi serta faktor produk dan tempat yang dianggap mampu untuk mempengaruhi minat beli dengan maksud agar efektivitas yang akan dicapai dapat terwujud.  


Keywords


Pemasaran, Bauran Pemasaran, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Aditi, B. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk,Harga, Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Umkm Di Kota Medan. 24.

Apriani, Y. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Muslim Frozen Food (Studi Pada Fafana Frozen Kota Bengkulu).

Azmi, M. F. S. S. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa yang Menggunakan Notebook Asus di Universitas Brawijaya). Junal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 175–184.

Candra, Y., Sari, D. P., & Ismail, W. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sale Pisang Purwobakti Muaro Bungo. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 122–138.

Farahdiba, D. (2020). Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22–38.

Farahnur, V. P. dan M. N. A. (2020). Analysis of Marketing Mix On Purchase of the Body Shop Product in Pejaten Village Mall Outlet. International Humanities And Applied Sciences Journal (IHASJ), 3(1), 1–11.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen.

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2221–2229.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(3), 415–424.

Handayani, S., & Martini, I. (2017). Online Marketing Memoderasi Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Produk Sulam Pita Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Produk Unggulan UMKM Di Semarang). Jurnal Ilmiah STIE Dharmaputra Semarang, 01(01), 71–91.

Harisudin, M., Widiyanti, E., & Suharyati, A. (2013). Perumusan Strategi Bersaing Jahe Instan Produk CV. Intrafood Surakarta Menggunakan Perceptual Mapping. Agriekonomika, 2(2), 88–95.

Hasan, F. (2020). Metode Riset Bisnis.

Herdioko, J. (2017). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Produk Kopi Secara Daring: Studi Kasus pada Situs Internet Otten Coffee. JRMB, 12(2), 129–136.

Hidayati, D. R. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Skala Mikro (Micro Enterprise) Kub Bajrah Gunah Klampis Bangkalan Pada Produk Terasi, Petis Dan Kerupuk Ikan. Agriekonomika, 5(1), 103–111.

Hutauruk, M. R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Faktor Yang Menentukan Perilaku Konsumen Untuk Membeli Barang Kebutuhan Pokok Di Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2(1), 1–15.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28.

KEMENKOPUKM. (2021). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018-2019. Jakarta: Kementerian Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.

Kojongian, V., Lapian, J., & Lumanauw, B. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Cool Supermarket Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset …, 9(4), 811–820.

Luksi, Y. (2020). Uji Kualitas Kimia Nugget Ayam dengan Penambahan Tepung Wortel (Daucus carota L.).

Maryantina, & Yanti, D. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Produk Olahan Ikan Patin Di Kampung Patin, Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar. INTELEKTIVA: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(12), 83–95.

Masruroh, L. R. dan I. S. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Jurnal Agriscience, 1(1), 39–49.

Mintoro, W., & Haryadi, B. (2013). Pengelolaan Usaha Dan Pengembangan Fungsi Pemasaran Produk Ikan Bekupada PT . Anggara Cipta Citra. AGORA, 1(2).

Nainggolan, N. P., & Heryenzus. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen dalam Membeli Rumah di Kota Batam. Journal of Accounting & Management Innovation, 2(2), 139–155.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. - Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.

Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 41–53.

Pasigai, M. A. (2009). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, 1(1), 51–56.

Pramono, R., Cornelia, J., Tiffany, Sastradi, Y. ., & Purwanto, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Variasi Menu, Harga, Lokasi dan Promosi pada Intensi Beli di Restoran XYZ Gading Serpong. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 226–235.

Putri, R. A., Shaluhiyah, Z., & Kusumawati, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Makan Sehat Pada Remaja SMA di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 8(4), 1–10.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

Ria, A. (2018). Analisis Penerapan Aplikasi Keuangan Berbasis Android Pada Laporan Keuangan Umkm Mekarsari, Depok. Sosio E-Kons, 10(3), 207–219.

Rohmah, A. N., & Subari, S. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience, 1(3), 548–562.

Roostika, R. (2012). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Cindera Mata terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 104–116.

Rustiray, D. S., Pasulu, M., & Syam, A. H. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ss Coffee Space Di Makassar. Jurnal Online Manajemen, 1(1), 24–31.

Salim, Y. U., & Widaningsih, S. (2017). Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Bahasa Northern Light Education Center (NLEC) Bandung. EProceedings of Applied Science, 3(2), 521–527.

Santoso, I., Mustaniroh, S. A., & Pranowo, D. (2018). Keakraban Produk dan Minat Beli Frozen Food: Peran Pengetahuan Produk, Kemasan, dan Lingkungan Sosial. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 133–144.

Septiyadi, A. L., & Dirgantara, I. M. B. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14.

Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8).

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144–158.

Susila, I. G. B., Rooswidjajani, & Ratri, A. M. (2017). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kafe Grow Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 165–171.

Suthar, B. K., Lathangi, R., Pradhan, D. S., & Suthar, B. K. (2014). Impacts Of Marketing Mix And Customer Perception On Brand Loyalty. Journal of Finance and Management, 6(7), 1–11.

Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di Pt. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 1291–1301.

Tanjung, I. (2021). Analysis of the Effect of Marketing Mix 7P on Purchase Decisions at Sentra Snack Stores. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(2), 1–9.

Thabit, T. H., & Raewf, M. B. (2018). The Evaluation of Marketing Mix Elements: A Case Study. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(4).

Untari, D. S., Wibowo, T. A., & Anwar, R. (2022). Minat Konsumen Millenial Terhadap Konsumsi Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar. Jurnal FishtecH, 11(1), 30–38.

Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di PT. Hasjrat Abadi Ranotama. Jurnal EMBA, 6(4), 2058–2067.

Wibowo, T. A., Untari, D. S., & Anwar, R. (2021). Tingkat Penerimaan Masyarakat Terhadap Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Segar Dengan Habitat Yang Berbeda. Samakia : Jurnal Ilmu Perikanan, 12(1), 72–79.

Widyaningrum, N. A. (2017). Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Crispy Rice Crackers. JPERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 635–641.

Winarno, S., Mananeke, L., & Ogi, I. W. . (2018). Analisis Pelayanan Konsumen Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Maxx Coffee Cabang Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1248–1257.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i2.15532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License