Perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian Tahu Susu Jombang

May Anggi Anesti, Mardiyah Hayati

Abstract


Industry in Jombang is growing, especially in the specialty food sector. One of the growing industries is tofu milk, a typical food of Jombang. The more years this industry, the more developed. The purpose of this study is to determine the characteristics and behavior of consumers and what factors influence consumers to purchase milk tofu. The number of respondents in this research is 120 respondents. In this study using 5 variables, namely the dependent variable consisting of purchasing decisions and the independent variables consisting of cultural, personal, psychological, and social factors. The data analysis methods used are validity and reliability tests, classical assumptions, and multiple linear regression. The results of this study are that simultaneously (simultaneous) cultural, personal, psychological, and social factors have a significant effect on the purchase decision of Jombang tofu milk. Partially, cultural, personal, and psychological factors have a significant influence on the purchase decision of Jombang tofu milk, while the social factor variable partially does not significantly influence the purchase decision of Jombang milk tofu.


Full Text:

PDF

References


Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. JURNAL VISIONER & STRATEGIS, 7(2), 1–9.

Arianto, N., & Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12–22.

Badan Pusat Statistik. (2020). Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting 2007-2019.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang. (2016). Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Pengeluaran Kabupaten Jombang 2010 - 2014.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang. (2018a). DAFTAR POTENSI INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN JOMBANG TW IV TAHUN 2017.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang. (2018b). DAFTAR POTENSI INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN JOMBANG TW IV TAHUN 2017.

Basith, A., & Fadhilah, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 9(3), 192–203. https://doi.org/10.29244/jmo.v9i3.28224

Fangidae, W., Un, P., & Nainiti, S. P. . (2020). ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN JAGUNG REBUS STUDI KASUS DI KELURAHAN OESAO, KECAMATAN KUPANG TIMUR, KABUPATEN KUPANG. Jurnal EXCELLENTIA, 9(1), 65–72.

Gumati, D., Sari, P. M., & Putri, Y. E. (2017). Pengaruh Pendapatan, Kelompok Referensi, Literasi Ekonomi, dan Sertifikasi Guru Terhadap Perilaku Konsumsi Guru SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Economica, 6(1), 55–65. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.2323

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administras, 06(01), 37–43.

Harahap, D. A. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PAJAK USU ( PAJUS ) MEDAN. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Heliawan, Y. A., & Wisnu, A. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(2), 174. https://doi.org/10.29040/jap.v18i2.114

Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86–96.

Karnadi, & Kusmirayati. (2013). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOPI SUSU INSTAN MEREK TORABIKA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Munandar. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Kopi Espresso. Jurnal Visioner Dan Strategis, 6(1), 1–9.

Nafali, M., & Soepeno, D. (2016). Analisis Pengaruh Faktor-faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Mie Instanmerek Indomie. Jurnal EMBA, 4(4), 984–992.

Nisya, K., & Baidun, A. (2013). TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI BUSANA. Journal of Psychology, 2(November), 119–137.

Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113–132. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI PEMEDIASI. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(3), 1374–1400.

Pratita, B. W. A., Pratikto, H., & Sutrisno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 497–503.

Qazzafi, S. (2020). Factor Affecting Consumer Buying Behavior. International Journal for Scientific Research & Development, 8(2), 2321–0613. www.ijsrd.com

Rakasyifa, I., & Mukti, G. W. (2020). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR DAN BUAH DI RITEL ONLINE. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 275–289. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.3141

S, F. A. (2011). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BELI ( Studi pada Konsumen Kosmetik di Bangkalan ). Jurnal Investasi, 7(2), 119–136.

Sari, I. P. (2016). PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 1(2), 132–142.

Shelviana, M., Rahadhini, M. D., & Wibowo, E. (2019). PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 19(1), 42–53.

Sofuwan, T. M. (2015). PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASURANSI PADA PT. SEQUISLIFE INSURANCE CABANG PALEMBANG. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 1–14.

Suawa, A. J., Tumbel, A. L., & Mandagie, Y. (2019). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 5195–5204. https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26128

Sujani. (2017). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA DI INDOMARET. Majalah Ekonomi, 22(2), 191–205.

Sunarto. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Moneter, V(1), 35–43.

Suprayitno, A., Rochaeni, S., & Purnomowati, R. (2015). PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN GADO-GADO BOPLO. Jurnal Agribisnis, 9(2), 177–214.

Suprihati, & Utami, W. B. (2015). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Di Kelurahan Gonilan Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paradigma, 13(01), 108.

Susanti, G. A., Qomariah, N., & Anwar. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Cangkir Klasik Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(2), 154–167.

Syafirah, Mananeke, L., & Rotinsulu, J. J. (2017). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA HOLLAND BAKERY MANADO. Jurnal EMBA, 5(2), 245–255.

Thanh Hong, P. T. (2015). Factors Influencing on Purchasing Formula Milk for Babies. International Journal of Business Administration, 6(5), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijba.v6n5p37

Timmerman, V. A., Mandey, S., & Rate, P. Van. (2017). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TEXAS CHICKEN MANADO. Jurnal EMBA, 5(2), 1113–1122.

Towoliu, J. E. ., & Tumbuan, W. J. F. . (2017). Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 308–322.

Wahyuni, T., & Zuhriyah, A. (2020). Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Pudak di Toko Sari Kelapa. Agriscience, 1(1), 232–243. http://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience

Zano, B. R., & Santoso, T. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA PT SURYA TIMUR SAKTI JATIM SURABAYA. Agora, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i2.15530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License