Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Pempek Kering Cakalang HJ. Soraya

Atika Febrianti, Aminah Happy Moninthofa Ariyani

Abstract


Pempek dapat diproses menjadi pempek kering untuk memperpanjang umur simpan, mengurangi kadar air dalam pempek, dan mengurangi aktivitas enzim dan mikroba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik responden pempek kering cakalang Hj. Soraya dan menganalisis preferensi konsumen berdasarkan atribut pempek kering cakalang Hj. Soraya yang diinginkan konsumen. Sampel diambil menggunakan accidental sampling sebanyak 96 responden. Analisis deskriptif kualitatif dan analisis konjoin digunakan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan, konsumen pempek kering Hj. Soraya rata-rata perempuan berusia 21-30 tahun, pendidikan terakhir SMA, berprofesi pelajar/mahasiswa, dan memiliki pendapatan kurang dari Rp. 1.000.000. Atribut yang menjadi preferensi konsumen pempek kering adalah atribut berat besar 500 gr, harga Rp. 17.000, bentuk pipih, tempat pembelian di Supermarket, dan tekstur kering-renyah. Harga, tekstur, bentuk, berat, dan tempat pembelian adalah atribut yang dipertimbangkan secara berurutan.

 


Keywords


Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Pempek Kering, Atribut, Analisis Konjoin

Full Text:

PDF

References


Aiman, A., Handaka, A. A., & Lili, W. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec Mangkubumi). Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 8(1), 8–18.

Alhanannasir, A., & Murtado, A. D. (2020). Karakteristik Kimia Dan Organolpetik Lenjer Kecil Kering Dengan Perlakuan Konsentrasi CaCl2. Jurnal Agroteknologi, 14(01), 69–77.

Ansyarif, H., Susilowati, S., & P, O. R. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Preferensi Konsumen Dan Pengambilan Keputusan dalam Memilih Daging Sapi di Pasar Tradisional Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. Dinamika Rekasatwa, 4(1), 155–166.

Anugerah, F. N., & Nuraini, I. (2021). Peran Umkm Dalam Menanggulangi Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), 5(1), 27–41.

As’ad, M. H., & Mulyo Aji, J. M. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kedai Kopi Modern Di Bondowoso. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 13(2), 182–199.

Fauziyah, E., & Mulyadi, A. (2014). Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika, 3(1), 65–80.

Garmyn, A. (2020). Consumer Preferences and Acceptance of Meat Products. Journal Foods, 9(6), 1–18.

Gobel, S. Y., Prawiningdyah, Y., & Budiningsari, R. D. (2011). Menu pilihan diit nasi yang disajikan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien VIP di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 7(3), 136–145.

Hasan, H., Muis, A., & Christoporus. (2019). Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Sayuran Organik di Kota Palu. J. Agroland, 26(1), 39–48.

Hasbi, A. R. (2019). Preferensi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Nugget Ayam di Kota Palopo. Jurnal Ilmu Pertanian, 4(1), 5–8.

Ihwah, A., Saputra, H. A., Deoranto, P., Dewi, I. A., & Rahmah, N. L. (2020). Analisis Konjoin Untuk Mengukur Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Kertas Seni Dari Sabut Pinang Sirih (Areca catechu L.) Dan Kertas Koran. Jurnal Teknologi Pertanian, 21(1), 39–48.

Isfar, F., & Widowati. (2020). Analisis Konjoin untuk Mengidentifikasi Preferensi Konsumen terhadap Busana Pesta di Butik Fenny Chen. Fashion and Fashion Education Journal, 9(1), 116–122.

Jamaluddin. (2020). Puluhan Ribu Data UMKM di Sampang Tidak Diperbaharui.

Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk Di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162.

Khair, H. (2016). Dampak Atribut Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret Dept Store Di Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 78–95.

Kwadzo, G. T. M., Dadzie, F., Asare, Y. B. O., & Kuwornu, J. K. M. (2013). Consumer Preference for Broiler Meat in Ghana: A Conjoint Analysis Approach. International Journal of Marketing Studies, 5(2), 66–73.

Lemeshow, S., J, D. W. H., Klar, J., & Wanga, S. K. . (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Terjemahan: Dibyo Pramono. In Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Lillywhite, J. M., Simonsen, J. E., & Skaggs, R. (2015). Chile Consumers And Their Preferences Toward Region Of Production-certified Chile Peppers. 1–16.

Mulyasari, V. K., Prasetyo, E., & Sumarjono, D. (2020). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Durian Lokal di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(1), 87–96.

Permadi, R. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Terasi Udang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 5(1), 49–57.

Permatasari, S. D., & Suprapti, I. (2021). Preferensi Konsumen Madu di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan (Studi Kasus : UMKM Lufa Madu Murni). Agriscience, 1(3), 685–697.

Priyambodo, C. S., Sastryawanto, H., & Herawati, D. T. (2019).

Analisis Preferensi Konsumen Buah Jeruk Di Pasar Keputran Utara, Surabaya. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 19(1), 85–103.

Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital) : Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 55–61.

Putri, V. T., & Suprapti, I. (2021). Preferensi Konsumen Sambal Di Kota Surabaya Dan Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 2(1), 1–16.

R., S. A., & Hiola, S. K. Y. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Ayam di Kota Makasar. Jurnal Galung Tropika, 6(3), 174–184.

Rahardjo, C. R. (2016). Faktor yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli produk frozen food. Jurnal Manajemendan Start-Up Bisnis, 1(1), 32–43.

Rahayu, J. N., Fauziyah, E., & Ariyani, A. H. (2012). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika, 1(1), 52–88.

Rahmani, S. (2015). Pengaruh Karakteristik Konsumen Muslim Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Konsumen Muslim di Jakarta dan Sekitarnya). Jurnal Ekonomi, 17(3), 338–352.

Ramadhani, F., Barokah, U., & Sutrisno, J. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Teh Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(1), 21–29.

Rohmah, A. N., & Subari, S. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience, 1(3), 548–562.

Romalasari, A., Rahayu, W. E., & Azzahra, H. (2019). Perbandingan Tepung Sagu Dan Jenis Ikan Yang Berbeda Terhadap Kualitas Pempek. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi

Rekayasa, 2(2), 118–121.

Rosenbaum, J., Derby, E., & Dutta, K. (2015). Understanding consumer preference and willingness to pay for improved cookstoves in Bangladesh. Journal of Health Communication, 20(1), 20–27.

Rosipah, S., & Purwandari, U. (2013). Preferensi Konsumen Terhadap Pancake Dari Tepung Sukun. Agrointek, 7(1), 53–58.

Sadeli, A. H., & Utami, H. N. (2013). Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Untuk Mengukur Daya Saing Produk Jeruk. Trikonomika, 12(1), 61–71.

Shafira, N. A., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2021). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Mangga. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1033–1044.

Simamora, B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. In Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama (pp. 1–94).

Sivathanu, B. (2015). Factors Affecting Consumer Preference towards the Organic Food Purchases. Indian Journal of Science and Technology, 8(33), 1–6.

Sungkawa, I., Purnomo, D., & Fauziah, E. (2015). Hubungan Antara Persepsi Dan Preferensi Konsumen Dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Lokal (Studi Kasus di Pasar Harjamukti, Pasar Pagi, dan Pasar Kanoman Kota Cirebon). JURNAL AGRIJATI, 28(1), 79–99.

Supriyanto, Sudjono, & Rosyidah, I. (2011). Model Pengukuran Preferensi Konsumen Menggunakan Analisis Konjoin (Studi Kasus Pemilihan Permen Coklat). Jurnal Pro Bisnis, 4(I), 31–44.

Sutandi, A. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Bratwurst (Survey pada Konsumen Sosis Bratwurst di PT. Badranaya). Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 1–19.

Syahrir, Taridala, S. A. A., & Bahari. (2015). Preferensi Konsumen Beras Berlabel. Agriekonomika, 4(1), 10–21.

Utami, N. A., & Tamami, N. D. (2020). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Batik Tulis Di Pamekasan. Jurnal Agriscience, 1(1), 260–271.

Wahono, T. (2011). Pikir Ulang Beli Produk Kemasan Sachet.

Wahyunu, T., Nurliza, & Kurniati, D. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kerupuk Ikan Di Kota Sintang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 6(1), 101–108.

Widiyanto, N. A. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel (Studi Kasus Kota Malang Dan Kota Surabaya). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 1(1), 22–32.

Widiyanto, N. A., Adhi, A. K., & Daryanto, H. K. (2016). Atribut-Atribut Yang Mempengaruhi Sikap Dam Preferensi Konsumen Dalam Membeli Buah Apel Di Kota Surabaya Dan Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 136–146.

Widyastuti, D. A. (2018). Pengaruh Kebiasaan Konsumsi Junk Food Terhadap Kejadian Obesitas Remaja. Pengaruh Kebiasaan Konsumsi Junk Food Terhadap Kejadian Obesitas Remaja.

Yonda, D. A. R., & Ernah. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Rumah Talas Bogor. Jurnal Agribisnis Terpadu, 10(2), 187–200.

Yusriana, Erfiza, N. M., Jainuddin, & Nilda, C. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Kue Bhoi Khas Aceh di Kota Banda Aceh. Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, 9(2), 76–81.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License