Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian dan Alternatif Strategi Keripik Gedebok Pisang (Studi Kasus IKM Saeeku Kecamatan Soko Kabupaten Tuban)

Siti Umariyah, Mokh Rum

Abstract


IKM Saeeku merupakan industri produk olahan makanan yang berada di Soko-Tuban. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kripik gedebok pisang. Teknik purposive sampling digunakan untuk penentuan jumlah responden yakni sebanyak 90 responden yang berasal dari konsumen dan 5 key informan terdiri dari pengusaha, pakar pemasaran, akademis, ahli produksi dan dinas terkait. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji regresi linier berganda, regresi parsial dan regresi simultan, asumsi klasik serta Uji Analytical Hierarcy Process (AHP). Hasil penelitian menyatakan seluruh variabel bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan sedangkan pada regresi parsial variabel yang menerima H1 adalah harga, tempat, orang dan bukti fisik, sedamg variabel produk, promosi, proses menerima H0. Bukti fisik menjadi variabel paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai koefisien regresi, hasil analisis AHP menyatakan bahwa diperlukannya perluasan cakupan pemasaran agar dapat meningkatkan keputusan pembelian dan penambahan variasi pilihan harga.


Keywords


Kata Kunci: IKM Saeeku, Bauran Pemasaran, AHP.

Full Text:

PDF

References


Andoko, J., & Devina, P. (2015). Analisis Pengaruh Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi, Lokasi) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Guest House Di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(2), 55–69.

Andriyanto, L., Syamsiar, S., & Widowati, I. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26–38. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i1.3248

Budiwati, H. (2012). Implementasi Marketing Mix Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Keripik Pisang Di Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA, 2(2), 29–44.

Chai Lee Goi. (2009). A Review of Marketing Mix: 4Ps or More? International Journal of Marketing Studies, 1(1), 2–16.

Diniaty, D., Kusumanto, I., Roza, F., Husna, F. D., Hartati, M., & Nofirza, N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin Pada Kelompok XYZ. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 109–120. https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i1.3080

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1), 120–136. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/690

Febriansyah, A. (2017). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jra.v8i2.525

Garaika, G., & Yansahrita, Y. (2020). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Produk Keripik Singkong Pedas Desa Keli Rejo Oku Timur. Budimas, 2(1), 43–49. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1024

Ihsannudin. (2015). Metode Kuantitatif Bisnis-1. Agribisnis-Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura.

Išoraitė, M. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 4(6), 25–37. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.2016.2633

Kotler, P. (1985). Dasar-Dasar Pemasaran. CV Intermedia Jakarta.

Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2018). Pengantar Pemasaran Islam Konsep, Etika, Strategi dan Implementasi.

Lamanuk, N. I. B., & Ferrinadewi, E. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Kampoeng Roti di Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 4(1), 1–9. https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/article/view/198

Ma’rufah, N. A., Deuranto, P., & Silalahi, R. L. R. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Keripik Kentang Agronas Gizi Food dengan Metode Structural Equation Modelling ( SEM ). 1–8. http://skripsitipftp.staff.ub.ac.id/files/2014/10/JURNAL-Nur-Amalia-Ma’rufah.pdf

Nuraini, R. A., & Kurnianingsih, H. (2021). Marketing Mix Effect on Purchase Decision of Traditional Jamu Sabdo Palon. Jurnal Mantik, 4(4), 2478–2485. http://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/1195

Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1), 1–12.

Padmowati, R. de L. E. (2009). PPengukuran Index Konsistensi Dalam Proses PPengambilan Keputusan Menggunakan AHP. Seminar Nasional Informatika 2009 (SemnasIF2009), 0, 80–84.

Pandia, E. S., Saipul, Fitri, R., & Sundari, S. (2017). Pemanfaaatan Limbah Batang Pisang sebagai Media Tanam di Desa Peunaron Lama Kecamatan Peunaron Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Jeumpa, 4(1), 30–35.

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. CV Wade Group, Jl. Pos Barat KM.1 Ngimput Purwosari Babadan Ponorogo Indonesia.

Puspitasari, S., Doeranto, P., & Santoso, I. (2014). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Keripik Buah UD. Subur Jaya Malang AnalysisOfMarketing MixInfluencePurchasingDecisiononFruitChipsUD. Sabar JayaMalang. Jurnal Industria, 3(1), 15–25.

Ricky Martjiono, Santoso, S. P., Aprilia, A., & Remiasa, M. (2016). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran ( 7P ) Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kakkk , Ayam Geprek !!! Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 4(2), 484–494.

Rosariatuti, R., Sumani, & Herawati, A. (2018). Pemanfaatan Batang Pisang Untuk Aneka Produk Makanan Olahan di Kecamatan Jenawi Karanganyar. Journal of Community Empowering and Services, 2(1), 21–29.

Rum, M., Darwanto, D. H., Hartono, S., & Masyhuri. (2019). Decision Support System for Determining Mini Sugar Mill Location in Madura. CakraTani: Journal of Sustainable Agriculture, 34(2), 232–244.

Selang, C. A. . (2002). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurenal Emba, 1(3), 89.

Shahhosseini, A. (2011). Marketing Mix Practices in the Cultural Industry. International Journal of Business and Management, 6(8), 230–234. https://doi.org/10.5539/ijbm.v6n8p230

Sinaga, M. J. E., & Pandiangan, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suture & Gloves pada PT. Surgika Alkesindo Medan. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Kebijakan Publik, 1(2), 92–102.

Sinuraya, A. Y. B., Rum, M., & Zuhriyah, A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Niu Green Tea Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Agriscience, 1(3), 597–612.

Sudarto, A., & Rumita, R. (2013). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus PT. Pos Indonesia KPC Surabaya Selatan).

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). In Bandung: CV Alfabeta.

Suharto, R., & Devie. (2013). Analisa Pengaruh Supply Chain Management terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review, 1(2), 161–171. http://eprints2.binus.ac.id/id/eprint/24110

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. CV Budi Utama. Jl.Rajawali G. Elang 6,No. 3, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Syarifuddin, H., & Hamzah. (2019). Prospek Pemanfaatan Limbah Batang Pisang Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif Masyarakat Ramah Lingkungan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2868

Thabit, T. H., & Raewf, M. B. (2018). The Evaluation of Marketing Mix Elements: A Case Study. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(4), 100–109. https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i4p100

Yordan, A., Zulkarnain, & Alwie, A. F. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Perumahan (Rumah Sederhana) Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 11(1), 1–22. http://www.albayan.ae




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License