Preferensi Konsumen dan Identifikasi Segmentasi, Targeting, Positioning Batik Tanjung Bumi

Imayatus Soleha, Isdiana Suprapti, Novi D. B. Tamami

Abstract


Batik Tanjung Bumi yakni salah satu batik yang terkenal di Pulau Madura yang terletak di kabupaten Bangkalan. Menurunnya permintaan batik yang tidak mempengaruhi produksi batik yang dilakukan secara terus-menerus tanpa mengetahui selera konsumen terhadap atribut dalam penjualan batik Tanjung Bumi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis atribut batik yang dipertimbangkan oleh konsumen dan strategi pemasaran batik Tanjung Bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konjoin dengan sampel sebanyak 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling dipertimbangkan secara berurutan adalah harga, tempat beli, kemasan, jenis transaksi, warna, bahan pewarna, dan jenis bahan. Berdasarkan analisis pemasaran menunjukkan bahwa konsumen batik didominasi oleh konsumen berjenis kelamin perempuan berusia 21-30 tahun dengan tingkat Pendidikan terakhir sarjana yang berpenghasilan <Rp. 1.000.000. Konsumen juga lebih menyukai pembelian secara offline dan kemasan paper bag karena konsumen juga memperhatikan risiko dalam pembelian batik.

Keywords


Batik, Konjoin, Preferensi, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Aiman, A., Handaka, A. A., & Lili, W. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 8(1), 146–156.

Aisyah, S., & Hiola, S. K. Y. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Ayam Di Kota Makasar. Jurnal Galung Tropika, 6(3), 174–184.

Alamsyah. (2018). Kerajinan Batik Dan Pewarnaan Alami. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 1(2), 136–148.

Ananda, R. (2019). Pemanfaatan Serat Kelapa Sebagai Alternatif Penganti Kemasan Berbahan Plastik. Jurnal Seni & Reka Rancang, 2(1), 1–14.

Baehaqi, A. 2019. Ikm Batik Si Jatim Tumbuh 5 Persen Per Tahun. Di Akses Pada 01/10/2021 (13:08 Wib). https://jatimnet.com/ikm-batik-di-jatim-tumbuh-5-persen-per-tahun

Erlina, S., Fatmawati, I., & Santoso, R. (2018). Preferensi Konsumen Batik Tulis Pakandangan Al-Barokah.

Fatonah, S. (2017). The Impact Of Market Orientation And Marketing Strategies On Performance Of Smes In Batik Industry. International Journal Of Civil Engineering And Technology (Ijciet), 8(8), 1290–1298.

Fizriyani, W. (2020). Khofifah Klaim Penjualan Batik di Madura Mulai Normal. Di Akses pada 05/04/2022 (08:25 WIB). https://www.republika.co.id/berita/qe28hu396/khofifah-klaim-penjualan-batik-di-madura-mulai-normal.

Hendi, C., & Indriyani, R. (2013). Peranan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Batik Tanjung Bumi Ibu Haji Masudi. Agora, 1(1), 1–12.

Herlambang, E. S., Hubeis, M., S, N., & Palupi. (2011). Kajian Perilaku Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran Teh Herbal Di Kota Bogor. Manajemen Ikm, 6(2), 143–151.

Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk Di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162.

Khorniawati, M. (2014). Produk Pertanian Organik Di Indonesia: Tinjauan Atas Preferensi Konsumen Indonesia Terhadap Produk Pertanian Organik Lokal. Jurnal Studi Manajemen, 8(2), 171–182.

Kristiningsih, Lestari, & Herawati, W. (2021). Analisis Strategi Positioning Produk Berdasarkan Persepsi Konsumen Pada Industri Batik. Jurnal Manajerial, 08(1).

Kurniasih, R. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Batik Tulias Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.32424/Jeba.V20i1.1082

Masruroh, L. R., & Suprapti, I. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Agriscience, 1(1), 39–49.

Maulana, H., & Soepatini. (2021). Segmenting, Targeting, Positioning. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2019). Analisis Segmentasi , Targeting , Positioning ( Stp ) Pada Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2, 284–294.

Muna, F. N. (2019). Pengaruh Pembelian Online Dan Pembelian Offline Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada 3second Yogyakarta).

Naibaho, T. T. (2019). Analisis Perbedaan Tingkat Pendapatan Terhadap Preferensi Konsumen Kopi Lokal Sumatera Di Kota Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 505–513.

Ni’am, M. D. L., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Upah Terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 192–198. Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V12i2.8317

Nigsih, T. S., Kusumawardani, H., & Sintawati, E. (2021). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Batik Tulis Pesatenan Kabupaten Pati. Jurnal Inovasi Teknik Dan Edukasi Teknologi, 1(5), 351–358.

Pratiwi, A., Riani, A. L., Harisudin, M., & Hp, S. R. (2020). The Development Of Market Oriented Batik Products Based On Customer Buying Intention ( Industrial Center Of Batik Sragen Indonesia ). International Journal Of Management (Ijm), 11(3), 373–389.

Primadini, Y., & Budian, M. S. (2014). Hubungan Antara Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di Sma Trimurti Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 03(02), 18–21.

Putri, V. T., & Suprapti, I. (2021). Preferensi Konsumen Sambal Di Kota Surabaya Dan Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 2, 1–16.

Rahayu, J. N., Fauziyah, E., & Ariyani, A. H. (2012). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika, 1(1), 52–67.

Sabila, E., Sintawati, E., Eko, S., & Rahayu, P. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Batik Tulis “ Tanjung Bumi ” Di Galeri Tresna Art Bangkalan. Jurnal Inovasi Teknik Dan Edukasi Teknologi, 1(1), 64–70.

Sari, E. P. (2017). Pengembangan Batik Banten Ngembangan Batik Banten Dalam Penciptaan Busana Pesta Muslimah.

Sumarwan, U., & Palupi, E. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Buah-Buahan Lokal Dan Organik Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Konsumen Cinta Produk Nasional. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 157–168. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2017.10.2.157

Suminto, R. . S. (2015). Batik Madura: Menilik Ciri Khas Dan Makna Filosofinya. Jurnal Seni Kriya, 4(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.24821/Corak.V4i1.2356

Syahrir, Taridala, S. A. A., & Bahari. (2015). Preferensi Konsumen Beras Berlabel. Agriekonomika, 4(1), 10–21.

Utami, N. A., & Tamami, N. D. (2020). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Batik Tulis Di Pamekasan. Jurnal Agriscience, 1(1), 260–271.

Wibowo, D. H., & Arifin, Zainulsunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/1172

Yohanes, C. H., & Indriyani, R. (2013). Peranan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Batik Tanjung Bumi Ibu Haji Masudi. Agora, 1(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i3.15142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License