Preferensi Konsumen Keripik Jagung Tatochis Produksi UD. Tajul Anwar

Agung Setia Budi, Isdiana Suprapti

Abstract


Keripik jagung tatochis (Tragah Tortila Chips) merupakan camilan yang dapat dikonsumsi setiap hari dengan rasa yang bermacam-macam jenisnya seperti original, pedas, manis dan pedas manis. Tidak stabilnya produksi keripik jagung tatochis berkaitan dengan selera konsumen terhadap atribut yang melekat pada produk tatochis. Tujuan penelitian ini adalah melihat preferensi konsumen dan strategi pemasaran UD. Tajul Anwar. Metode yang digunakan adalah analisis konjoin dengan jumlah sampel 50 responden. Hasil analisis berdasarkan nilai utility kombinasi level atribut, konsumen lebih menyukai keripik jagung tatochis dalam kondisi masak 100 gr dengan harga Rp. 10.000, cita rasa manis memiliki ketebalan yang tipis, pembeliannya secara online dengan bahan kemasan pouch craft (kertas coklat). Berdasarkan Tingkat kepentingan konsumen atribut rasa merupakan atribut yang memiliki nilai tertinggi yakni sebesar 32.246. Hasil analisis pemasaran menunjukkan bahwa mayoritas konsumen keripik jagung tatochis berasal dari luar Kecamatan Tragah dan mendominasi oleh perempuan berusia lebih dari 20 tahun yang memiliki penghasilan. Konsumen keripik jagung tatochis lebih tertarik melakukan pembelian secara online dengan bahan kemasan yang ramah lingkungan.


Keywords


Keripik Jagung, Konjoin, Preferensi, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Sumarwan, U., & Kirbrandoko, K. (2017). Consumer Preferences and Segmentation Analysis of Bogor Culinary Tourism. Journal of Consumer Sciences, 2(1), 13.

Angriva, S., & Sunyigono, A. K. (2020). Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Produk Madu PT Kembang Joyo. Jurnal Agriscience, 1, 186–199.

Anti. (2021). Penyuluh Pertanian Sebagai Komunikator dalam Pengembangan Kemampuan Petani. Jurnal IAIN Bone, 7 (1).

Arisinta, O., Mariatun, I. L., & Kiptiyah. (2020). Konsep Literasi Keuangan Bagi Petani di Desa Soket Laok Gundul Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Jurnal EcoSocio, 4(2), 110–120.

Azhari, A. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keripik Ubi Jalar Di Kota Medan (Kasus : Carrefour, Plaza Medan Fair). Jurnal USU, 5(11)

Damayanti, A. D., Putra, A. M. P., & Aryanti, N. N. S. (2018). Preferensi Wisatawan Muslim Nusantara dalam Memilih Restoran di Kelurahan Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 2(1), 84–105.

Fadhila, A. N. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Keripik Sukun “Khas Sapudi.” Ejournal Wiraraja, 303–308.

Guleria, D., & Parmar, D. Y. S. (2019). A Study of Consumer Preference for Smartphone: A Case of Solan Town of Himachal Pradesh. International Journal Of Management Research & Review, 3(2), 58–66.

Hasanah, L. L. N. El, & Isfianadewi, D. (2019). Diversifikasi Pangan Olahan Jagung Manis Sebagai Upaya Pengembangan Agroindustri di Desa Soropaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(1), 28–33.

Husna, A. S., & Suprapti, I. (2021). Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada UD. Tajul Anwar Jaya Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 1(3), 660–673.

Jamira, A. (2017). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Studi Kasus Keripik Kentang Leo Anaseputri Jamira. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 17(3), 235–242.

Kembara, S. C., Bangun, P., & Sitepu, R. (2014). Preferensi Wisatawan Terhadap Kunjungan Wisata Pulau Samosir dengan Analisis Konjoin. Jurnal Saintia Matematika 02(03), 267–275.

Kolopita, D. A., & Soegoto, A. S. (2015). Analisis Atribut Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Suzuki Ertiga di Kota Manado. Jurnal Emba, 3(2), 12–24.

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54.

Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2019). Analisis Segmentasi , Targeting , Positioning ( STP ) pada Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Unimus, 2, 284–294.

Mulyadi, A., & Fauziyah, E. (2014). Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriekonomika, 3(1), 65–80.

Munandar, J. M., Udin, F., & Amelia, M. (2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Di Bogor. Journal of Agroindustrial Technology, 13(3), 97-107.

Novitawati, R. A. D., & Fajarwati, Y. E. (2018). Analysis Of Msme In Agriculture In Pandansari Village Kec. Ngantang, Kab. Malang (With Ie Matrix Approach). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 6 (1), 1–11.

Purba, R. D., Darnius, O., & Sembiring, P. (2013). Analisis Preferensi Mahasiswa Fmipa. Jurnal Saintia Matematika 1(2), 187–197.

Putra, D. A., Zaini, M. A., & Handito, D. (2018). Pengaruh Tepung Tempe dan Virgin Coconut Oil (Vco) Terhadap Mutu Nutrisi dan Sensoris Keripik Jagung-Tempe. Pro Food (Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan), 4(2), 351–362.

Putri, V. T., & Isdiana, S. (2021). Preferensi Konsumen Sambal di Kota Surabaya dan Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriscience, 2(1), 1–13.

Raheem, D. (2013). Application of Plastics and Paper as Food Packaging Materials - An Overview. Emirates Journal of Food and Agriculture, 25(3), 177–188.

Rasuma Putri, N. M. D., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9, 3407-3434.

Rohmah, A. N., & Subari, S. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Jurnal Agriscience, 1(3), 548–562.

Rosyida, A., Heryani, T., Fuadi, I., & Dinia, H. (2020). Strategy Segmenting, Targeting, Dan Positioning: Study On Pt Sidomuncul. Journal Of Islamic Economic Scholar 1(2).

Safura, W. N. (2015). Analisis Preferensi Pedagang Kecil Terhadap Lembaga Pembiayaan Dan Potensi Baitul Maal Wat Tamwil Untuk Mengatasi Praktik Bank Thithil (Studi Kasus Pasar Segamas Purbalingga). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).

Sari, D. Y., Sasongko, & Julianto, D. E. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Reputasi Perusahaan, Atribut Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Konsumen Pujasera Jl . PB . Sudirman Jember ). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.COM. Jurnal Agora, 5(1).

Wahyuni, T., Nurliza, & Kurnianti, D. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kerupuk Ikan di Kota Sintang. Jurnal Social Economic Of Agriculture, 6(1), 101–108.

Yahya, E. S., & Gunawan, A. I. (2021). Apakah Atribut Produk Mampu Mendorong Niat Pembelian? (Studi Kasus Pembelian Kopi Lokal di Coffee Shop. Japanese Journal of Lung Cancer, 34(5), 805.

Yani, A., Rumbaina, D., & Utomo, J. S. (2013). Prosiding Seminar Nasional Agroinovasi Spesifik Lokasi untuk Ketahanan Pangan Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian Lampung, 139–146.

Yuliana, R. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2), 10.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i3.14126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License