Analisis Manajemen Rantai Pasok dan Efisiensi Pemasaran Keripik Jagung UD. Tajul Anwar Jaya

Ririn Putri Ayu Dewi, Isdiana Suprapti

Abstract


Keripik merupakan cemilan yang banyak disukai oleh masyarakat luas. UD. Tajul Anwar Jaya merupakan UMKM yang ada di kecamatan Tragah yang memanfaatkan jagung sebagai bahan baku pembuatan keripik jagung. UMKM ini mengalami beberapa kendala diantaranya keterbatasan kapasitas produksi, tingkat inovasi produk dan ketidakpastian permintaan seperti saat adanya pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen rantai pasok dan efisiensi pemasaran keripik jagung. Metode pengumpulan data menggunakan jenis data primer melalui wawancara langsung. Penentuan sampel menggunakan teknik snowball sampling dan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rantai pasok berjalan dengan baik meskipun pada saat covid-19 terjadi penurunan pendapatan. Berdasarkan analisis efisiensi pemasaran nilai margin pemasaran sebesar 41% dan nilai produser’s share sebesar 59% hal ini mengindikasikan kedua saluran disemua wilayah efisien. Namun, saluran yang paling efisien untuk wilayah Bangkalan yaitu saluran 1 karena UD. Tajul anwar menjual produknya langsung ke konsumen sehingga keuntungan yang diperoleh lebih banyak. Sedangkan untuk pemasaran di luar Bangkalan saluran 2 lebih efisien karena biaya yang dikeluarkan lebih kecil. 


Keywords


Rantai Pasok, Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Abhar, E., Isyaturriyadhah, & Fikriman. (2018). Analisis Pemasaran Kentang Di Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Jurnal Agri Sains, 2(1), 1–9.

Agus, T. (2018). Analisis Preferensi Konsumen Pada Makanan Olahan Industri Rumah Tangga Pangan Berlabel “Krintang” di Jambi Selatan.

Agustinus Purna Irawan. (2008). Buku Ajar Manajemen Rantai Pasokan.

Andita, & Jaya, T. I. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasokan Di Pt Argo Pantes. Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 158–165.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan. (2020). Kabupaten Bangkalan Dalam Angka Bangkalan Regency In Figures 2020.

Chang, H. H., Tsai, Y. C., & Hsu, C. H. (2013). Supply Chain Management: An International Journal E-Procurement and Supply Chain Performance. Supply Chain Management: An International Journal Benchmarking: An International Journal Iss An International Journal International Journal of Physical Distribution &amp Logistics Management, 18(3), 34–51.

Elly Jumiati, Dwidjono Hadi Darwanto, S. H. dan M. (2013). Analisis Saluran Pemasaran Dan Marjin Pemasaran Kelapa Dalam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Agrifor, XII(1), 1–10.

Fatimah, S. N. (2011). Analisis Pemasaran Kentang ( Solanum Tuberosum L .) di Kabupaten Wonosobo.

Febrianto, A., Basito, & Anam, C. (2014). Kajian Karakteristik Fisikokimia Dan Sensoris Tortilla Corn Chips Dengan Variasi Larutan Alkali Pada Proses Nikstamalisasi Jagung Study on the Physicochemical and Sensory Characteristics of Corn Tortilla Chips With Variation in Alkaline Solution on " Niks. Jurnal Teknosains Pangan, 3(3), 2302733.

Firdaus, M. wahyu, & Fauziyah, E. (2020). Efisiensi Ekonomi Usahatani Jagung Hibrida. Agriscience, 1(1), 74–87.

Gandhy, A., Nurunisa, V. F., & Situmeang, T. (2018). Efficiency Marketing Chain Analysis of Sangkuriang Catfish in Minapolitan Area. Agriekonomika, 8(1)

Hardini, Sri Yuniarti Putri Koes dan Gandhy, A. (2019). Analisis Saluran Pemasaran dan Efisiensi Pemasaran Produk Susu Sapi Perah ( Studi Kasus : Koperasi Produksi Susu Bogor ).

Hidayat, A., Andayani, S. A., & Sulaksana, J. (2017). Analisis rantai pasok jagung (Studi kasus pada rantai pasok jagung hibrida ( Zea mays ) di Kelurahan Cicurug Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 5(1), 1–14.

Husna, A. S., & Suprapti, I. (2021). Analisis studi kelayakan bisnis pada ud. tajul anwar jaya kecamatan tragah kabupaten bangkalan. Agriscience, 1(3), 660–673.

Iswahyudi, & Sustiyana. (2019). Pola Saluran Pemasaran Dan Farmer’S Share Jambu Air Cv Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2), 33–38.

Kai, Y., Baruwadi, M., & Tolinggi, W. K. (2016). Analisis Distribusi Dan Margin Pemasaran Usahatani Kacang Tanah Di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. AGRINESIA : Jurnal Ilmiah Agribisnis, I(1), 71–78.

Kurniawan, A., & Kusumawardhani, A. (2017). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Kinerja UMKM Batik Di Pekalongan. Surgical and Radiologic Anatomy : SRA, 6(4), 1–11.

Leppe, E. P., & Karuntu, M. (2019). Analisis Manajemen Rantai Pasokan Industri Rumahan Tahu Di Kelurahan Bahu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 201–210.

Lowing, T. (2020). Analisis Manajemen Rantai Pasok Ikan Cakalang Di Tempat Pelelangan Ikan Tumumpa Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 575–585. https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27905

Mahbubi, A. (2014). Program Pengembangan Madura Sebagai Pulau Sapi Prespektif Manajemen Rantai Pasok Sapi Berkelanjutan. Jurnal Agriekonomika, 3(2), 94–105.

Mangan, J. (2011). Global Logistics and Supply Chain Management. in Great Britain

Muflihun, S. (2019). Analisis Pemasaran jagung Di Desa RdeKecamatan Madapangga kabupaten Bima. Universitas Muhammadiyah Makassar

Munizu, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Rantai Pasokan (Studi Kasus Ikm Pengolah Buah Markisa Di Kota Makassar). Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 14(1), 32–42.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110.

Panda, R. K., & Sreekumar. (2012). Marketing Channel Choice and Marketing Efficiency Assessment in Agribusiness. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 24(3), 213–230.

Rahardi, F. (2003). Cerdas Beragrobisnis. PT. AgroMedia Pustaka.

Rantau, I. K., Ambarwati, A. A. G., dan Yuliasari, W. K. N,. 2018. Analisis Efisiensi Pemasaran Produk Spa yang Laris Terjual pada PT. Bali Tangi. E-Junal Agribisnis dan Agrowisata, 7(1) 61-70.

Ryastuti, Iryani. (2008). Analisis Pemasaran Emping Melinjo di Kabupaten Sragen. Universitas Sebelas Maret.

Rosmawati, H. (2011). Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. AgronobiS, 3(5), 1–9.

Rusdiana. (2014). Manajemen Operasi. CV Pustaka Setia. Bandung

Sholeh, Y. (2017). Peranan Home Industri Emping Melinjo Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika, 6(1).

Stevenson, W. J., & Chuong, S. C. (2014). Operation Management : An Asian Perspective.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sumarauw, J., & Sihombing, D. T. (2015). Analisis Nilai Tambah Rantai Pasokan Beras Di Desa Tatengesan Kecamatan Pusomaen Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 798–805.

Suprapti, I., Darwanto, D. H., Mulyo, J. H., & Waluyati, L. R. (2014). Efisiensi Produksi Petani Jagung Madura Dalam Mempertahankan Keberadaan Jagung Lokal. Agriekonomika, 3(1), 11–19.

Sutrisno, A., Efendy, & Husni, S. (2015). Analisis Ekonomi Dan Pemasaran Agroindustri Telur Asin Di Kota Mataram An Economic And Market Analysis Of Salty Egg Agroindustry In Mataram Regency, 16(1), 16–31.

Widowati, S. (2012). Keunggulan Jagung QPM ( Quality Protein Maize) dan Potensi Pemanfaatannya dalam Meningkatkan Status Gizi. Jurnal Pangan, 21(2), 171–184.

Zuraida, & Wahyuningsih, M. Y. (2015). Efisiensi Pemasaran Kacang Tanah (Arachis hypogeae L) di Kelurahan Landasan Ulin Tengah Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan, 40(3), 212–217.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i3.13831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License