Analisis Segmenting Targeting Positioning dan Marketing Mix Zeamie pada Kelompok Wanita Tani Bunga Anggrek di Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep
Abstract
KWT Bunga Anggrek merupakan salah satu kelompok wanita tani yang terletak di Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep yang menghasilkan produk turunan yaitu jagung yang digunakan sebagai salah satu bahan baku utama pembuatan produk Snack Mie jagung ZEAMIE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmenting targeting, positioning dan marketing mix produk ZEAMIE. Metode analisis segmenting, targeting positioning dan marketing mix menggunakan analisis kualitatif dengan survey dan wawancara langsung dengan pemilik usaha. Segmentasi pasar ZEAMIE terdiri dari segmentasi geografis, demografis dan psikografis dengan target pasar yang dituju adalah anak-anak. Positioning ZEAMIE memposisikan produknya sebagai produk sehat yang ditujukan untuk anak-anak, karena tidak mengandung bahan pengawet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astina, S. T., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2016). Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran di Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru. Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 57–66.
BPS, & Jatim. (2019). Provinsi Jawa Timur dalam Angka.
Dewi, N. P. A. Y., Made, A., & Ketut, R. I. (2017). Strategi Segmenting , Targeting dan Positioning Pemasaran Beras Merah Organik Jatiluwih Bali di Provinsi Bali. 6(4), 596–605.
Endang P, R., Tenaya, N., & Astiti, S. (2014). Peran Wanita Tani dalam Penerapan Teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) pada Usahatani Jagung di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Manajemen Agribisnis, 2(1), 76–83.
Grace, P. I., Osman, Z., & Tze-Yin, L. (2020). Marketing Mix and STP Strategies: An Exploratory Study into Grocery Retailers in Malaysia. Asian Journal of Entrepreneurship, 1(4), 129–143.
Hidayati, D. R. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Skala Mikro (Micro Enterprise) Kub Bajrah Gunah Klampis Bangkalan Pada Produk Terasi, Petis Dan Kerupuk Ikan. Agriekonomika, 5, 104–112.
Jamira, A. (2017). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Studi Kasus Keripik Kentang Leo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 235–242.
Manik, S., & Rianti, B. (2019). Jurnal Manajemen dan Bisnis e-ISSN 2621-4199 Volume VIII, No. 01, September 2019. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, VIII(01), 162–175.
Muizu, W. de Z., Sari, P. Y., & Handani, W. L. (2019). Peranan Kelompok Wanita Tani ( KWT ) Tali Wargi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Citali , Kabupaten Sumedang. 1(1), 151–157.
Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2, 19.
Mulyadi. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian PT Sinar Pertama Indah. Jurnal Khazanah Ilmu Berazam, 3, 152–161.
PERTANIAN, P. D. D. S. I. (2018). Outlook Jagung Komoditas Pertanian Subsektor Tanaman Pangan.
Rosyida, A., Heryani, T., Fuadi, I., & Dinia, H. (2020). Strategy Segmenting, Targeting, Dan Positioning: Study on Pt Sidomuncul. Journal of Islamic Economic Scholar, 1(2), 99–124.
Sangadji, S., Suhardi, & Cindy, P. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 142–157.
Santi, apri utami parta. (2017). Analisis Kandungan Zat Pengawet Boraks Pada Jajanan Sekolah Di Sdn Serua Indah 1 Kota Ciputat. Holistika Jurnal Ilmiah Pgsd, 1(1), 57–62.
Sinuraya, A. Y., Rum, M., & Zuhriyah, A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Niu Green Tea Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal AGRISCIENCE, 1, 597–612.
Thabit, T. H., & Raewf, M. B. (2018). The Evaluation of Marketing Mix Elements: A Case Study. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(4), 100–109.
Widjaya, P. G. (2017). Analisis Segmenting Targeting Positioning dan Marketing Mix pada PT. MURNI JAYA. AGORA, 5(1).
Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. Ajie (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 1(3), 175–190.
DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i3.13563
Refbacks
- There are currently no refbacks.