Strategi Pemasaran Snack Mi Jagung KWT Bunga Anggrek di Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep

Fani Amilia Sari, Fuad Hasan

Abstract


Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Anggrek merupakan salah satu kelompok wanita tani di Kecamatan Saronggi yang memberikan nilai tambah pada komoditas jagung dengan mengolah menjadi mi jagung yang dapat menjadi sumber protein dan pro vitamin A. Namun, data penjualan produk snack mi jagung menunjukkan penjualan masih rendah sehingga diperlukan strategi untuk mengembangkan usaha agar tetap berlanjut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran yang cocok untuk pengembangan usaha snack mi jagun. Data dikumpulkan dengan wawancara terstruktur terhadap narasumber kunci dan 30 sampel konsumen pada periode bulan Januari 2021 sampai bulan Juni 2021.  Analisis data menggunakan analisis IFAS, EFAS, dan SWOT. Hasil diagram analisis SWOT menunjukkan hasil matriks IFAS EFAS berada di posisi kuadran I, dengan mendukung kebijakan pertumbuhan agresif yang dapat dilakukan dengan beberapa strategi yaitu: 1) meningkatkan kualitas produk, 2) menambah variasi produk dan 3) mencari mitra kerja serta memanfaatkan dukungan pemerintah sebaik mungkin.

Keywords


Pemasaran, Snack Mi Jagung, SWOT, IFAS EFAS

Full Text:

PDF

References


Andarsari, P. R., & Dura, J. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 59–64.

Anggraini, G. H., Hanani, N., & Gutama, W. A. (2017). Strategi Pengembangan Agroindustri Sari Apel “Lestari” (Studi Kasus di Koperasi Lestari Makmur, Desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, I(1), 33–43.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal Sosio E-Kons, 10(1), 20–27.

Ashari, U., Abidin, Z., & Tangahu, M. R. (2020). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Emping Jagung IKM Al-Fazal Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(4), 794–807.

Bone, A. H. (2018). Analisis Distribusi Pemasaran Udang Windu (Penaeus monodon) di Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat Kota Balikpapan. Jurnal Sains STIPER, 8(2), 83–89.

BPS. (2018). Kecamatan Saronggi dalam Angka 2018. Kabupaten Sumenep: Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep.

BPS. (2019). Statistik Daerah Kabupaten Sumenep 2019. Kabupaten Sumenep: Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep.

Chandra. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) (Vol. 29).

Claudia, R., Estiasih, T., Ningtyas, D. W., & Widyastuti, E. (2015). Pengembangan Biskuit dari Tepung Ubi Jalar Oranye (Ipomoea batatas L.) dan Tepung Jagung (Zea Mays) Fermentasi : Kajian Pustaka. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 3(4), 1589–1595.

Darmajana, D. A., Ekafitri, R., Kumalasari, R., & Indrianti, N. (2016). Pengaruh Variasi Ukuran Partikel Tepung Jagung terhadap Karakteristik Fisikokimia Mi Jagung Instan. Jurnal Artikel PANGAN, 5(1), 1–12.

Ekafitri, R. (2010). Teknologi Pengolahan Mie Jagung : Upaya Menunjang Ketahanan Pangan Indonesia. Jurnal Artikel PANGAN, 19(3), 283–293.

Fahmi, I. (2018). Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan: Kualitatif dan Kuantitatif. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Fu’ad, E. N. (2015). Pengaruh Pemilihan Lokasi terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil di Komplek Shopping Centre Jepara. Jurnal Media Ekonomi Dan Manajemen, 30(1), 56–67.

Handayati, R., Rosyad, S., & Fauziyah, E. N. (2020). Analysis of Business Development Strategy and Product Variations On Medium-sized Enterprises Small Micro Corn Banyubang. International Journal Of Science, Technology & Management, 1(4), 333–340.

Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 86–96.

Karo, R. R. S. B. (2016). Analisis Nilai Tambah dan Pendapatan Mie Jagung pada Kelompok Wanita Tani Bunga Anggrek Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Universitas Jember.

Khoiriyah, N. R., Ariyani, A. H. ., & Fauziyah, E. (2012). Strategi Pengembangan Agroindustri Kerupuk Terasi (Studi Kasus di Desa Plosobuden, Deket, Lamongan). Jurnal Agriekonomika, 1(2), 135–147.

Kolo, D., & Hutapea, A. N. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Biskuit Jagung Di Kelompok Wanita Tani Lestari Desa Subun Tua ’ lele Kecamatan Insana Barat Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Agribisnis Lahan Kering, 1(3), 42–45.

Kotler, Philip, & Armstrong. (2004). Dasar Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.

Maasi, J. W. M., & Pombode, I. (2019). Strategi Pemasaran Jagung pada Kelompok Tani Mekar di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Journal Agriculture Sciences, 7(4), 163–173.

Mondal, S. H. (2017). SWOT ANALYSIS AND STRATEGIES TO DEVELOP SUSTAINABLE TOURISM IN BANGLADESH. UTMS Journal of Economics, 8(2), 159–167.

Ningsih, D. G. (2017). Analisis SWOT pada Industri Jagung Manis di Kota Payakumbuh (Studi Kasus : Jagung Manis Flaina). JOM Fekon, 4(1), 40–53.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 78–83.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV SAH MEDIA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

Umar, H. (2008). Strategic Management in Action Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winarso, B. (2012). Prospek dan Kendala Pengembangan Agribisnis Jagung di Propinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 12(2), 103–114.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i3.13393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License