Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Beras Merah Organik

Rina Chintya Dewi, Mardiyah Hayati

Abstract


Beras merah organik dinilai lebih sehat karena dibudidayakan dengan teknik pertanian yang selaras dengan alam untuk menghasilkan kualitas beras yang baik. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis sikap konsumen beras merah organik dan menganalisis beragam faktor yang menjadi pengaruh pengambilan keputusan pembelian beras merah organik. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Malang dengan teknik purposive sampling dan jumlah responden 60 orang. Atribut yang digunakan yaitu harga, cita rasa, kemasan/curah, merek produk, kepulenan dan kandungan gizi dengan metode multiatribut fishbein. Hasil penelitian menunjukkan (1) penilaian yang diberikan oleh konsumen kepada atribut beras merah organik dikategorikan sebagai sikap positif (baik), (2) atribut yang dianggap penting dalam pemilihan beras merah organik adalah harga, sedangkan atribut dianggap tidak penting yakni sifat beras yang pulen, (3) beragam faktor yang mempengaruhi pengambilan sebuah keputusan agar konsumen lebih memilih beras merah organik adalah kebiasaan, lokasi, keluarga/teman, memperoleh manfaat bagi kesehatan, dimana faktor kebiasaan, keluarga/teman dan manfaat bagi kesehatan merupakan faktor yang paling melatarbelakangi adanya pengambilan keputusan untuk konsumen membeli beras merah organik.

Keywords


Perilaku Konsumen, Beras Merah Organik, Multiatribut Fishbein

Full Text:

PDF

References


Adrianto, R. (2014). Sikap Konsumen terhadap Beras Organik. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 9(2), 117–126. https://doi.org/10.17358/jma.9.2.117-126

Agus Budiyanto. (2013). Keputusan Pembelian Blackberry Remaja ditinjau Dari Kelompok Acuan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2). 361–375.

Aida, S., Taridala, Syahrir, dan Bahari. (2015). Preferensi Konsumen Beras Berlabel. Agriekonomika, 4(1). 10–21.

Basuki, A. T. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. Rajawali Pers.

Bawono, A., Isanawikrama, Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Situs Belanja Online (Studi Kasus Pada Situs Belanja Online XYZ). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2). 131–144.

Betty. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Perilaku Konsumen Beras Organik. Universitas Sebelas Maret.

Bisnissurabaya.com. (2019). Beras Organik Banyuwangi yang Diburu Pasar Italia. http://bisnissurabaya.com/2019/04/07/ini-beras-organik-banyuwangi-yang-diburu-pasar-italia/

Fahmi, R. R., & Hayati, M. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Beras UD. Sovi Jaya di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriscience, 1(2).

Febriani, N. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Beras di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Agribisnis Unisi, 9(1).

Ferawati, F., Saadah, S., & Amrullah, A. (2019). Pengambilan Keputusan Konsumen pada Pembelian Beras di Kota Makassar. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 15(1), 1. https://doi.org/10.20956/jsep.v15i1.5800

Firma Santhy. (2017). Karakteristisasi dan Pengaruh Berbagai Perlakuan terhadap Produksi Tepung Beras Merah (Oryza nivara) Instan. Jurnal Agribisnis, 5(2). 1–6.

Fitri, M., Jamalludin, J., & WM Vermila, C. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Sembako pada Minimarket Juan di Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Optima, 3(1).

Gatra.com. (2019). Kementan : Beras Organik Indonesia Kian Diminati Pasar Ekspor. https://www.gatra.com/detail/news/434806/economy/kementan-beras-organik-indonesia-kian-diminati-pasar-ekspor

Ginarsa, W., Adi Putra, I. G. S., & sianturi, J. V. O. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen terhadap Beras Merah Organik di Kota Denpasar. Journal of Agribusiness and Agritourism, 2(3). 146–154.

Gujarati. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika (Edisi 5). Salemba Empat.

Haryadi dan Winda J. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Salemba Empat.

Hayati, M. (2009). Manajemen Pemasaran Emping Singkong (Keripik Tette) di Kabupaten Pamekasan. Embryo, 6(2), 161–168.

Herista, M. I. S. (2019). Analisis Multiatribut Model Fishbein terhadap Buah Jeruk (Studi Kasus Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(2), 32–44.

Hidayati, F., Rahmaddiansyah, R., & Usman, M. (2017). Analisis Sikap dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Arang Tempurung Kelapa pada Beberapa Usaha Kuliner di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 2(2), 207–213.

Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indonesia, K. P. R. (2019). 11 Ton Berah Indonesia Tembus Pasar Amerika. https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=2524

Indonesian’s Ministry of Agriculture. (2013). Food Bulletin (Bulletin Pangan). Buletin Konsumsi Pangan, 4(2). http://pusdatin.setjen.pertanian.go.id/tinymcpuk/gambar/file/03.Buletin-KonsumsiTW2-2013.pdf

Indrasari, S. D., & Oka, A. A. (2007). Preferensi Konsumen terhadap Beras Merah sebagai Sumber Pangan Fungsional. Iptek Tanaman Pangan, 2(2), 227–241.

Iskandar, A. A., & Risky, E. (2013). Pengaruh Brand Image Produk terhadap Kesetiaan Pelanggan Pengguna Internet Modem Smartfren Connex di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1). 24–42.

ITPC. (2017). Peluang Ekspor Beras Merah di Pasar Kanada. Indonesia Trade Pronotion Center Vancouver.

Jannah, N., Antara, M., & Effendy. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Buah Jeruk Impor di Kota Palu. Agroland, 25(2). 121–129.

Kabupaten Banyuwangi. (2016). Beras Merah Organik Banyak Dipesan di Mal Online Banyuwangi. https://banyuwangikab.go.id/berita-daerah/beras-merah-organik-banyak-dipesan-di-mal-online-banyuwangi.html

Kementerian Pertanian, I. (2016). Outlook Padi 2016. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Khairuna Utami. (2019). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.

Ling, W. H., Cheng, Q. X., Ma, J., & Wang, T. (2001). Red and Black Rice Decrease Atherosclerotic Plaque Formation and Increase Antioxidant Status in Rabbits 1. Biochemical and Molecular Action of Nutrients, October 2000.

Mahyu Danil. (2016). Pengaruh Pendapatan terhadap Tingkat Konsumsi pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen. Jurnal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen Aceh, IV(7).

Malik, Ahmad Dahlan (2018). Analisa Faktor-faktor yang Mempegaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. 3(1).

Mulyo & Widodo, A. (2010). Perilaku Konsumen pada Pembelian Beras Bermerk di Kabupaten Jember Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. J-SEP. 4(3).

Murniati, K. (2006). Pola Keputusan Rumah Tangga Petani dalam Menerapkan Tenik Pertanian Organik dan Anorganik di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Taggamus Bandar Lampung.

Mybest. (2021). 10 Merk Beras Merah yang Bagus (Teraru Tahun 2021). https://my-best.id/136221

Nachrowi, & Ekananda, M. (2016). Analisis Ekonometrika Data Panel Edisi 2. Mitra Wacana Media.

Ningsih, S., & Hendra Dukalang. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1).

Nurasiah. (2018). Pengaruh Variabel Demografi dan Budaya Terhadap Minat Menabug di Bank Syariah di Kecamatan Purwakarta. Skripsi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Bisnis UIN Syarifhidayatullah Jakarta.

Nurie, U., & DB, T. N. (2020). Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Batik Tulis. Agriscience, 1. 260–271.

Nuryani. (2013). Potensi Sustitusi Beras Putih dengan Beras Merah Sebagai Makanan Pokok Untuk Perlindungan Diabetes Melitus. Media Gizi Masyarakat Indonesia, 3(3). 157–168.

Pemkab Malang. (2018). Beras Merah Organik Produksi Malang Ini Mampu Tambus Bali. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/jpg-today/26/03/2018/beras-merah-organik-produksi-malang-ini-mampu-tembus-bali/

Pengkumsri, N., Chaiyasut, C., Saenjum, C., Sirilun, S., Peerajan, S., Suwannalert, P., Sirisattha, S., & Sivamaruthi, B. S. (2015). Physicochemical and antioxidative properties of black , brown and red rice varieties of northern Thailand. 35(2).

Purwati Ratna, Henny Diana Wati, & Nurul Latifah. (2021). Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah Produksi KWT “Kasih Ibu” di Kecamatan Guluk-guluk Kabupaten Sumenep. Cemara, 18(1). 64–70.

Putri Seprianti Eka. (2019). Analisis Sikap Konsumen : Evaluasi dan Kepercayaan Atribut (Multiattributes Fishbein Approach). Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2). 159–177.

Roscoe, & Uma, S. (2006). Research Methods for Business. Salemba Empat.

Sanusi. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Setiawan, A., Zakaria, W. A., & Indriani Y. (2016). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Beras Organik Produksi Kabupaten Pringsewu. JIIA. 4(2).

Shofianah, E. (2014). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1).

Simamora Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia.

Sinaga. (2010). Analisis Sikap, Persepsi Konsumen dan Rentang Harga Pada Beras Organik SAE (Sehat Aman Enak). Institut Pertanian Bogor.

Sinollah. (2014). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Tempe di Kabupaten Magetab. Jurnal Manajemen Agribisnis, 11(1). 28–37.

Sudrajad, A., & Andriani, D. (2015). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Abon Jamur Tiram di Perusahaan Ailanifood Kota Malang Jawa Timur. Habitat, 26(2). 71–79.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, & Agus, S. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lirel. Penerbit Alfabeta.

Sumarwan. (2003). Perilaku Konsumen Teori dan Peranannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Teti Febrianti, Tsani, A., & Milla, A. N. (2019). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Sayuran Hidroponik di Kota Sukabumi. Ilmiah Pertanian Paspalum, 7(1).

Udin Abay. (2018). Beras Merah Tabanan Tembus Pasar Amerika. https://www.swadayaonline.com/artikel/838/Beras-Merah-Tabanan-Tembus-Pasar-Amerika/

Ujang, S. (2011). Perilaku Konsumen : Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Galia Indonesia.

Wibawanto, S. (2013). Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen: Pendekatan Fisiologis, Psikologis dan Religius. Jurnal Fokus Bisnis, 12(1).




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i2.11412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License