Persepsi Pemuda Desa Terkait Pekerjaan di Sektor Pertanian (Studi Kasus: Desa Sewor, Kecamatan Sukorame, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur)

Norma Fara Aulia Aristanti, Mokh. Rum

Abstract


Desa Sewor merupakan desa yang didominasi oleh petani. Namun,rata-rata usia petani Desa Sewor sebagian besar adalah golongan tua dengan usia lebih dari 45 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi generasi muda di Desa Sewor mengenai pekerjaan di sektor pertanian dan mengetahui hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan persepsi pemuda terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dari sejumlah 81 respondendengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji chi-square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan pemuda pedesaan terhadap pekerjaan di sektor pertanian berada pada kategori baik. Faktor internalseperti jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, status pernikahan, dan pekerjaan saat ini, serta faktor eksternalseperti pendapatan orang tua dan sosialisasi pekerjaan pertanian yang telah diuji secara keseluruhan tidak memiliki hubungan dengan persepsi pemuda terhadap pekerjaan di sektor pertanian.


Keywords


Kerupuk Rambak,Nilai Tambah,UD Afi Perkasa.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N., & Slamet, S. (2020). Pendapatan Dan Nilai Tambah Pengolahan Ubi Jalar Di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Agriscience, 1(November), 429–447.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Mojokerto. (2017). Kabupaten Mojokerto Dalam Angka 2017. In Kabupaten Mojokerto Dalam Angka 2017.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Mojokerto. (2018). Statistik Daerah Kabupaten Mojokerto 2018. In Badan Pusat Statistik Kabupaten Mojokerto (p. vii+47 halaman). Mojokerto.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Mojokerto. (2019). Kabupaten Mojokerto Dalam Angka 2019. In Kabupaten Mojokerto Dalam Angka 2019 (p. xxxii+368 halaman/pages). Mojokerto.

Hamidah, M., Yusra, A. H. A., & Sudrajat, J. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Kripik Ubi Di Kota Pontianak. Jurnal Social Economic Of Agriculture, 4(2), 60–73

Herdiyandi, H., Rusman, Y., & Yusuf, M. N. (2016). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Tepung Tapioka Di Desa Negaratengah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya (Studi Kasus Pada Seorang Pengusahaagroindustri Tepung Tapioka Di Desa Negaratengah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 2(2), 81–86

Nuzuliyah, L. (2018). Analisis Nilai Tambah Produk Olahan Tanaman Rimpang Added Value Analysis of Rhizome Product. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 7(1), 31–38.

Saad, M., & Effendi, M. (2018). Analisis Pendapatan Dan Nilai Tambah Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos Chanos Forlks) Menjadi Otak-Otak Bandeng (Studi Kasus Di Desa Petisbenen Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik). Jurnal Grouper, 9(2), 12–18.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Jakarta : UI-Press.

Sulaiman, & Natawidjaja, R. S. (2018). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Keripik Singkong (Studi Kasus Sentra Produksi Keripik Singkong Pedas Di Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 5(1), 973–986.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i2.11357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License