Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Frozen Food di UD Mitra Abadi Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan

Sulastri Alaida Putri, Novi Diana Badrut Tamami

Abstract


UD Mitra Abadi merupakan usaha yang bergerak dibidang pengolahan ikan yang berada di Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Tingginya persaingan usaha pengolahan ikan menuntut produsen untuk memahami karakteristik dan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen produk frozen food dan aspek yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk frozen food UD Mitra Abadi. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan UD Mitra Abadi merupakan satu-satunya industri pengolahan ikan frozen food yang ada di Kecamatan Maduran sehingga pemilikingin memenangkan persaingan diantara banyaknya industri pengolahan ikan lain yang ada di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang melakukan pembelian pada produk frozen food UD Mitra Abadi mayoritas adalah perempuan berusia 17-25 tahun yang bekerja sebagai wiraswasta, berpenghasilan kurang dari Rp1.000.000 dan berpendidikan terakhir SMA/sederajat. Secara simultan (bersama-sama) faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk frozen food UD Mitra Abadi.

Full Text:

PDF

References


Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).

Aiman, A., Handaka, A. A., & Lili, W. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec Mangkubumi). Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 8(1), 146–156. http://jurnal.unpad.ac.id/jpk/article/view/13902

Amirullah. (2015). Populasi dan Sampel (Pemahaman, Jenis, dan Teknik). Malang: Bayumedia Publishing.

Badan Pusat Statistika Provinsi Jawa Timur. (2017). Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Jawa Timur Kabupaten/Kota Menurut Lapangan Usaha 2012-2016. Surabaya: BPS Provinsi Jawa Timur.

Badan Pusat Statistik. (2018). Produksi Perikanan Tangkap Perikanan Laut di Jawa Timur Tahun 2010-2017 (ton).

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2018). Statistik Perikanan Provinsi Jawa Timur 2018. Surabaya: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.

Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan. (2020). Profil Perikanan Tahun 2020. Kabupaten Lamongan.

Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162.

http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/434

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2017). Perkembangan Data UMKM dan Usaha Besar Tahun 2012-2017.

Khoirinnisa, E., Gumilar, I., & Nurhayati, A. (2016). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Kaki Naga. Jurnal Perikanan Kelautan, VII(1), 66–74.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 01(1), 57–66.

http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Miauw, K. Y. H. (2016). Motivasi Konsumen dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Wild. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 567–575.

Musrif’an, & Hariyanto, J. (2019). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Burger King Salemba Raya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–22.

Nafali, M., & Soepeno, D. (2016). Analisis Pengaruh Faktor-faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Mie Instan Merek Indomie. Jurnal EMBA, 4(4), 984–992.

Oktaviani, A. D., Yasri, Y., & Masdupi, E. (2018). Analysis Factors of Consumer Purchasing Decision on Snack From Tubers in Padang City. Advances in Economics, Business and Management Research, 64, 777–787. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.65

Prastiwi, W. D., Santoso, S. I., & Marzuki, S. (2017). Preferensi Dan Persepsi Konsumsi Produk Nugget Sebagai Alternatif Konsumsi Daging Ayam Pada Masyarakat Di Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 35(1), 65–72. https://jurnalkampus.stipfarming.ac.id/index.php/am/article/view/194/162

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: Wade Group.

Rahayu, J. N., Elys Fauziyah, & Aminah HM Ariyani. (2012). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor di Toko Buah Hokky dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika, 1(1), 52–67. http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/350%5Cnhttp://portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=292935%5Cnhttp://oaji.net/journal-archive-stats.html?page=2&number=2265

Ramya, N., & Ali, D. S. M. (2016). Factors Affecting Consumer Buying Behavior. International Journal of Applied Research, 2(10), 76–80.

Rudianto. (2018). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Siap Saji di BFC Belopa. Jurnal of Economic, Management and Accounting, 1(2), 81–88.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Suawa, A. J., Tumbel, A. L., & Mandagie, Y. (2019). Analisis Fktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 5195–5204.

Suprayitno, A., Rochaeni, S., & Purnomowati, R. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Gado-Gado Boplo (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). Agribusiness Journal, 9(2), 177–214. https://doi.org/10.15408/aj.v9i2.5293

Suroto, K. S., Fanani, Z., & Bambang Ali Nugroho. (2013). Factors Influencing Consumer’s Purchase Decision of Formula Milk in Malang City. IOSR Journal of Business and Management, 9(3), 95–99. https://doi.org/10.9790/487x-0939599

Syafirah, Lisbeth Mananeke, J. J. R. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 245–255.

Wahyuni, T., & Zuhriyah, A. (2020). Perilaku Konsumen Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Pudak Di Toko Sari Kelapa. Agriscience, 1(1), 232–243.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i1.11346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License