PREFERENSI KONSUMEN SAMBAL DI KOTA SURABAYA DAN KABUPATEN BANGKALAN

Viola Tinara Putri, Isdiana Suprapti

Abstract


Sambal merupakan produk olahan dari cabai yang banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini, mengharuskan para produsen sambal dapat menentukan strategi yang tepat dalam memenuhi permintaan sambal konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen dan atribut-atribut sambal yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sambal di Kota Surabaya dan Kabupaten Bangkalan. Sampel diambil dengan teknik convenience sampling sebanyak 140 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk tujuan pertama dan analisis konjoin untuk tujuan yang kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) atribut yang menjadi pertimbangan konsumen sambal di Kota Surabaya adalah atribut variasi, atribut harga, atribut  ukuran, atribut  tempat penjualan, atribut  rasa dan atribut  kemasan. (2) Atribut yang menjadi pertimbangan di Kabupaten Bangkalan adalah atribut variasi, atribut  ukuran, atribut  rasa, atribut tempat penjualan, atribut harga dan atribut kemasan.

Keywords


Preferensi Konsumen; Sambal; Atribut; Analisis Konjoin

Full Text:

PDF

References


Adiyoga, W., & Nurmalinda. (2012). Analisis Konjoin Preferensi Konsumen terhadap Atribut Produk Kentang Bawang Merah, dan Cabai Merah. J. Hort., 22(3), 292–302.

Aiman, A., Handaka, A. A., & Lili, W. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec Mangkubumi). Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 8(1), 8–18. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/jpk/article/view/13902

Aisyah, S., & Hiola, S. K. Y. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Ayam di Kota Makasar. Jurnal Galung Tropika, 6(3), 174–184.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2019). Analisis Data Cabai Provinsi Jawa Timur 2018.

Barakah, A. (2018). Utilitas Dalam Perilaku Konsumen Persepektif Nilai Keislaman. CENDEKIA: Jurnal Keislaman, 4(2), 233–239.

Boeree. (2008). Berbagai Teori Karakteristik Manusia. Jakarta: Pustaka.

Byarugaba, R., Nabubuya, A., & Muyonga, J. (2020). Descriptive Sensory Analysis And Consumer Preferences Of Bean Sauces. Food Science and Nutrition, 8, 4252–4265. https://doi.org/10.1002/fsn3.1721

Delila, S., Indriani, Y., & Situmorang, S. (2015). Pengambilan Keputusan Rumah Tangga Dalam Membeli Saus Sambal Botol Di Bandar Lampung. Jiia, 3(1), 100–106.

Erinda, A., Kumadji, S., & Sunarti. (2016). Analisis Faktor-Faktor Preferensi Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Terhadap Pelanggan McDonald’s Indonesia dan Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 30(1), 87–95.

Fauza, R., Zakiah, & Kasimin, S. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Komoditi Tomat Dan Cabai Merah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 2(1), 320–330.

Fauziyah, E., & Mulyadi, A. (2014). Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika, 3, 65–80.

Foster, A. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran 7e. (Jilid 2 (d). Jakarta: Penerbit Prenhallindo.

Hadi, W. P., Sari, F. P., Sugiarto, A., Mawaddah, W., & Arifin, S. (2019). Terasi Madura: Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 45. https://doi.org/10.20527/quantum.v10i1.5877

Harsono, A. H. B. (2013). Preferensi Konsumen Terhadap Kerupuk Jagung Produksi Home Industri Anggun Di Desa Manding Timur Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Seminar Nasional Optimalisasi Sumberdaya Lokal Di Era Revolusi Industri 4.0, 342–349. Retrieved from https://www.ejournalwiraraja.com/index.php/PROSD/article/view/848/770

Hidayati, F., & Gusteti, Y. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Sapi Di Pasar Ternak Gunung Medan, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Agrimeta, 93–103.

Imami, D., Zhllima, E., Merkaj, E., Chan-Halbrendt, C., & Canavari, M. (2016). Albanian Consumer Preferences For The Use Of Powder Milk In Cheese-making: A Conjoint Choice Experiment. Agricultural Economics Review, 17(1), 20–33. https://doi.org/10.22004/ag.econ.262432

Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk Di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/434

Kementerian Pertanian. (2020). Outlook Cabai 2019. Kementerian Pertanian.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2020). Produksi Cabai Besar Menurut Provinsi, Tahun 2015-2019. Retrieved from https://www.pertanian.go.id/home/index.php?show=repo&fileNum=288

Khairunnisa, S. N. (2020). Mengulik Bisnis Sambal Kemasan Frozen, Cocok Dirintis Kala Pandemi. Retrieved from https://www.kompas.com/food/read/2020/09/03/101200575/mengulik-bisnis-sambal-kemasan-frozen-cocok-dirintis-kala-pandemi?page=all

Lillywhite, J. M., Simonsen, J. E., & Skaggs, R. (2015). Chile Consumers And Their Preferences Toward Region Of Production-certified Chile Peppers. Research Report - Agricultural Experiment Station. Retrieved from http://aces.nmsu.edu/pubs/research/economics/RR790.pdf

M.Levin, A., P.Levin, I., & A.Weller, J. (2005). A Multi-attribute Analysis of Preferences for Online and Offline Shopping: Differences Across Products, Consumers, and Shopping Stages. Journal of Electronic Commerce Research, 6(4), 281–290.

Malhotra, N. K. (1994). Marketing Research: An Applied Orientation. Marketing Research (Sixth, Vol. 31). Prentice Hall. https://doi.org/10.2307/3151953

Mulyasari, V. K., Prasetyo, E. P., & Sumarjono, D. S. (2020). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Durian Lokal di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.01.9

Nugroho, R. (2018). Mengulek Laba Sambal Ulek Kemasan. Kontan.Co.Id. Retrieved from https://peluangusaha.kontan.co.id/news/mengulek-laba-sambal-ulek-kemasan

Palar, N., Pangemanan, P. A., & Tangkere, E. G. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cabai Rawit Di Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 12(2), 105–120.

Pamungkas, M. C., Probowati, B. D., & Maflahah, I. (2014). Pengukuran Preferensi Konsumen Bakso. Agrointek, 8(1), 32–39.

Permadi, R. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Terasi Udang. Social Economic of Agriculture, 5(1), 49–57.

Prasetia, T. (2019). AnalisisPreferensi Konsumen Terhadap Cabe Merah Di Kecamatan Tembilahan. Jurnal Agribisnis Unisi, 8(1), 26–35.

Sinaga, A., Histifarina, D., & Liferdi. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Terubuk. Buletin Hasil Kajian, 6(6), 39–44. https://doi.org/10.26418/j.sea.v5i1.15059

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta.

Sundari, R. S., & Umbara, D. S. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Agroindustri Abon Ikan, 4, 36–43.

Sunyigono, A. K., & Angriva, S. (2020). Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Produk Madu PT Kembang Joyo. Agriscience, 1(1), 186–199.

Suprapti, I., & Sugiarti, T. (2018). Persepsi Remaja Terhadap Keberadaan Jamu Madura. In Prosiding SEMNASAL (pp. 119–122).

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran (Edisi 2). Yogyakarta: Andi Offset.

Yuniastri, R., Atkhiyah, V. M., & Faqih, K. Al. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kecap Cap Ikan Terbang Pt. Surya Mandala Di Pasar Anom Kecamatan Kota Sumenep, 2(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i1.11184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License