PREFERENSI KONSUMEN MADU DI KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN (Studi Kasus : UMKM Lufa Madu Murni)
Abstract
UMKM Lufa Madu Murni merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang pembibitan dan pembudidayaan lebah yang berada di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dalam pembelian madu murni dan menganalisis atribut-atribut yang menjadi bahan pertimbangan preferensi konsumen dalam pembelian madu murni. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis konjoin. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen madu murni sebagian besar berjenis kelamin laki-laki, berusia produktif, berpendidikan Strata 1 (S1), berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan berpendapatan cukup besar. Atribut-atribut yang menjadi bahan pertimbangan dalam penelitian ini adalah jenis, asal produksi, rasa, warna, harga, dan kemasan. Harga menjadi atribut paling penting pertama diikuti dengan atribut kemasan, rasa, warna, asal produksi dan jenis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyoga, W., & Nurmalinda. (2012). Analisis Konjoin Preferensi Konsumen terhadap Atribut Produk Kentang, Bawang Merah, dan Cabai Merah. Hortikultura, 22(3), 292–302.
Angriva, S., & Sunyigono, A. K. (2020). Persepsi dan preferensi konsumen terhadap produk madu pt kembang joyo. Agriscience, 1(1), 186–199.
Bahari, Y. R., Bahari, & Iswandi, R. M. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Minyak Kelapa Murni ( Virgin Coconut Oil / VCO ) di Kabupaten Konawe. Jurnal Sosio Agribisnis (JSA), 3(1), 1–6.
Budiman, J. A., Nugroho, B. A., & Utami, H. D. (2014). Analisis preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian madu di kota blitar.
Cahyanti, T., & Najib, M. (2016). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Yogurt Drink ( Studi Kasus Kota Bogor Jawa Barat ). Aplikasi Manajemen, 14(1), 176–183.
Cela, A., Zhllima, E., Imami, D., Skreli, E., Canavari, M., & Chan, C. (2019). Analysis of urban consumer preferences for honey in the context of a transition economy – A case study for Albania. Journal of Land Management, Food and Environment, 70(4), 237–248.
Gyau, A., Akalakou, C., Degrande, A., & Biloso, A. (2014). Determinants of Consumer Preferences for Honey in the Democratic Republic of Congo. Journal of Food Products Marketing, 20, 37–41.
Iksan Semaoen, S. M. 2011. Ekonomi Mikro (edisi revisi). Malang: UB Press.
Isfar, F., & Widowati. (2020). Analisis Konjoin untuk Mengidentifikasi Preferensi Konsumen terhadap Busana Pesta di Butik Fenny Chen. FFEJ, 9(1), 116–122.
Julianto, D., & Utari, P. A. (2018). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu Di Sumatera Barat. Menara Ilmu, 12(10), 24–34.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Jilid 1. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kulsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162.
Marina, I., & Sumantri, K. (2013). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Mangga Gedong Gincu (Mangifera Indica L). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 8, 44–50.
Murphy, M., Henchion, M., Authority, F. D., & Reilly, S. O. (2000). Irish Consumer Preferences for Honey : A conjoint approach. British Food, 102(8), 585–597.
Oravecz, T., Mucha, L., Magda, R., Totth, G., & Illés, C. B. (2020). Consumers Preferences For Locally Produced Honey In Hungary, 68(2), 407–418.
Permadi, R. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Terasi Udang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 5(1), 49–57.
Pocol, C. B. (2012). Consumer Preferences For Different Honey Varieties In The North West Region Of Romania. Lucrari Stiintifice, 55(2), 263–266.
Priyambodo, C. S., Sastryawanto, H., & Hermawati, D. T. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Buah Jeruk di Pasar Keputran Utara Surabaya, 19(1), 85–103.
Putong, I. 2013. Pengantar Mikro dan Makro, Edisi 5. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Putu, N., Savitri, T., Hastuti, E. D., Widodo, S., & Suedy, A. (2017). Kualitas Madu Lokal dari Beberapa Wilayah di Kabupaten Temanggung. Buletin Antomi Dan Fisiologi, 2(1), 58–66.
Resmawati, T., Mukid, M. A., & Safitri, D. (2013). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Susu Berbasis Analisis Conjoint Menggunakan Metode Presentasi Pairwise Comparison. Gaussian, 2(4), 405–414.
Ruwani, A., Retnaningsih, & Simanjuntak, M. (2014). Nilai Dan Tipe Konsumen Rumah Tangga Dan Kaitannya Dengan Perilaku Pembelian Produk Makanan Kemasan. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(1), 48–57.
Selmi, Asriani, P. S., & Saepudin, R. (2017). Perilaku dan Loyalitas Konsumen Madu di Kota Bengkulu. Agrisep, 16(1), 13–24.
Sembiring, R. (2016). Pengaruh Harga , Kualitas , Keragaman Produk dan Lokasi Pasar Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Pertanian di Pasar Tradisional Berastagi. Agrica, 9(2), 107–116.
Suprapti, I., & Sugiarti, T. (2018). Persepsi Remaja Terhadap Keberadaan Jamu Madura. Prosiding SEMNASAL, 119–122.
Sutarni, Trisnanto, T. B., & Unteawati, B. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Sayuran Organik di Kota Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 17(3), 203–2011.
Syahrir, Taridala, S. A. A., & Bahari. (2015). Preferensi Konsumen Beras Berlabel. Agriekonomika, 4(1), 10–21.
Utam, C. W., Steven, W., Ut, W., & Ciputra, U. (2017). Consumer Preferences for Attributes of Interest of Honey Products. Asian Business Research, 2(3), 26–32.
Widiyanto, N. A. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel ( Studi Kasus Kota Malang Dan Kota Surabaya ). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 1(1), 22–32.
Yasmin, T. R., Prastiwi, W. D., & Handayani, M. (2017). Analisis Konjoin Preferensi Konsumen Sayuran Hidroponik Agrofarm Bandungan Kabupaten Semarang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 1(1), 85–93.
DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i3.11123
Refbacks
- There are currently no refbacks.