KELAYAKAN UMKM DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus di RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang)

Nazela Ramadhanti Nur Mahfudza, Siti Nur Qomariyah

Abstract


Semakin kompetitif persaingan di pasar Internasional menjadi tantangan tersendiri bagi negara Indonesia. Dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, usaha mikro kecil menengah (UMKM) memainkan suatu peran yang sangat vital. Penelitian ini disusun untuk menemukan strategi pemasaran yang paling relevan agar penjualan di RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang dapat terus meningkat. Penelitian ini menggukan metode analisis SWOT dengan data  yang diperoleh dari matrik EFAS-IFAS, matrik SWOT dan matrik grand strategy. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang menempati posisi di kuadran 1, ini menunjukkan situasi yang sangat menguntungkan. Bagi UMKM RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang karena memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan peluangnya untuk meningkatkan hasil penjualan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan yang optimal, memperluas pangsa pasar dengan cara memanfaatkan Word Of Mouth (WOM) serta memaksimalkan perkembangan teknologi informatika.


Keywords


SWOT, UMKM, Matrik EFAS-IFAS, Matrik Grand Strategy.

Full Text:

PDF

References


Astina, S. T., Sunarti dan Mawardi, M. K. (2016) “Analisis Segmentation, Targeting, Dan Positioning Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran Di Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru,” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2), hal. 57–66.

Boone, Louis E. Dan Kurtz, David L. 2008. Principles Contemporary Marketing (11th edition). Thompson South Western: Cadotle, E.R.

Indah, D. I. (2015) “Analisis SWOT pada Saqinah Swalayan di Kota Langsa,” jurnal manajemen dan keuangan, 4(1), hal. 279-293. Thompson South Western: Cadotle, E. R.

Istiqomah, I. dan Andriyanto, I. (2018) “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus),” BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 5(2), hal. 363. doi: 10.21043/bisnis.v5i2.3019.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. (2009). “Manajemen Pemasaran," (Edisi 13. Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, E. A. (2010) “Analisis Perumusan Strategi Bisnis pada PT Samudera Nusantara Logistindo,” Binus Business Review, 1(1), hal. 169. doi: 10.21512/bbr.v1i1.1065.

Mulyadi, M. (2011) “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them],” Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1), hal. 128.

Nazir, (2009) “Metodelogi Penelitian,” Bandung: Ghalia Indonesia Media.

Nggini, Y. H. (2019) “Analisis Swot ( Strength, Weaknes, Opportunity, Threats) Terhadap Kebijakan Pengembangan Pariwisata Provinsi Bali,” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), hal. 141. doi: 10.38043/jids.v3i1.1739.

Putra, G. R., Tama, I. P. dan Efranto, R. Y. (2014) “Perencanaan Strategi Bisnis dengan Menggunakan Strategy Formulation Framework Guna Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus : Koperasi Unit Desa ‘BATU’),” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 2(1), hal. 207–218.Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/128756-ID-perencanaan-strategi-bisnis-dengan-mengg.pdf.

Rangkuti, F. (2006) “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Jakarta: PT. Graedis Pustaka Utama.

Setyani, U. (2020). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pengembangan Usaha Mikro Brbasis Ekonmi Kreatif Pada Pengrajin Sepatu Kulit Sumali Novitha di Kelurahan Keniten Kabupaten Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id

Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Subaktilah, Y. et al. (2018) “Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu,” Jurnal Agroteknologi, 12(02), hal. 107–115.

Sugiyono, (2007) “Statistika untuk Penelitian,” Jawa Barat: CV. ALFABETA.

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practisce. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wicaksono (Politeknik APP), A. (2017) “Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta,” Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(2), hal. 204. doi: 10.30988/jmil.v1i2.54.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i3.10808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License