Electronic Word of Mouth Pemasaran Madu Era Covid-19 di Wilayah Malang

Puji Akhiroh, Dewi Masyithoh, Agus Susilo

Abstract


Madu menjadi produk primadona pada saat pandemik Covid 19. Madu merupakan produk alami yang terbukti memiliki dampak yang baik bagi kesehatan dan dapat menjaga imunitas tubuh. Ulasan pada google dapat kita sebut sebagai electronic word of mounth (eWOM). eWOM yang saat ini kita kenal dahulu kita sebut sebagai WOM merupakan pendapat dari seseorang terhadap suatu produk yang digunakan sebagai cara untuk menilai suatu produk. Produk yang memiliki penilaian serta ulasan yang baik secara tidak langsung akan meningkatkan pemasaran produk tersebut serta reputasi dari penjual produk karena masyarakat cenderung mempercayai rekomendasi oleh orang yang dipercaya seperti artis, tetangga, kerabat terdekat dan komentar yang disertakan bukti gambar atau video pada ulasan google. Wilayah Malang Jawa Timur memiliki penjual maupun produsen madu. Beberapa penjual madu di Wilayah Malang telah memasuki penjualan secara online dengan menampilkan usaha pada Google. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai eWOM produk madu di wilayah Malang serta mendeskripsikan mengenai rating dan ulasan yang terdapat pada mesin pencari Google terhadap produsen dan penjual madu di wilayah Malang.

Keywords


Pemasaran, Madu, eWOM, Ulasan, Google

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., Fayardi, A. O., & Irwansyah, I. (2018). Online Review: Indikator Penilaian Kredibilitas Online dalam Platform E-commerce. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 141. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1320.

Bagaskara. (2017). Menggunakan google review untuk membuat bisnis anda menonjol di internet. https://www.kompasiana.com/igodigital

Bataineh, A. Q. (2015). The Impact of Perceived e-WOM on Purchase Intention: The Mediating Role of Corporate Image. International Journal of Marketing Studies, 7(1), 126–137. https://doi.org/10.5539/ijms.v7n1p126

Chang, H. H., & Wu, L. H. (2014). An examination of negative e-WOM adoption: Brand commitment as a moderator. Decision Support Systems, 59(1), 206–218. https://doi.org/10.1016/j.dss.2013.11.008

Diaz, M. R., & R, T. F. E. R. (2018). Determining the reliability and validity of online reputation databases for lodging: Booking. com, TripAdvisor, and HolidayCheck. Journal of Vacation Marketing, 24(3), 261–274. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1356766717706103

Duarte, P., Costa e Silva, S., & Ferreira, M. B. (2018). How convenient is it? Delivering online shopping convenience to enhance customer satisfaction and encourage e-WOM. Journal of Retailing and Consumer Services, 44(June), 161–169. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.06.007

Eteraf-Oskouei, T., & Najafi, M. (2013). Traditional and modern uses of natural honey in human diseases: A review. Iranian Journal of Basic Medical Sciences, 16(6), 731–742. https://doi.org/10.22038/ijbms.2013.988

Gupta, P., & Harris, J. (2010). How e-WOM recommendations influence product consideration and quality of choice: A motivation to process information perspective. Journal of Business Research, 63(9–10), 1041–1049. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2009.01.015

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Huda, L. (2020). Kenaikan Penjualan E-commerce 25 Persen selama Pandemi. https://bisnis.tempo.co/read/1404513/idea-kenaikan-penjualan-e-commerce-25-persen-selama-pandemi

Jayuli, M., Junus, M., & Nursita, W. (2018). Pengaruh Ketingian Terhadap Diameter Polen Lebah Madu (Apis Cerana) Di Kabupaten Malang. TERNAK TROPIKA Journal of Tropical Animal Production, 19(1), 9–21. https://doi.org/10.21776/ub.jtapro.2018.019.01.2

Kamilah, M. F. (2019). Analisis Edukasi Penggunaan Madu Sebagai Obat Komplementer pada Pharyngitis. https://doi.org/10.31227/osf.io/7mj92

Kumalasari, R., Gutama, W., & Pratiwi, D. (2018). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung ke Agrowisata Café Sawah Pujon Kidul. Habitat, 29(2), 65–75. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.8

Lee, K. T., & Koo, D. M. (2012). Effects of attribute and valence of e-WOM on message adoption: Moderating roles of subjective knowledge and regulatory focus. Computers in Human Behavior, 28(5), 1974–1984. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.05.018

López, M., & Sicilia, M. (2014). Determinants of E-WOM influence: The role of consumers’ internet experience. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 9(1), 28–43. https://doi.org/10.4067/S0718-18762014000100004

Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126–150. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119

Nanda, M. S., Mittal, S. P., & Gupta, V. (2017). Role of honey as adjuvant therapy in patients with sore throat. National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, 7(4), 412–415. https://doi.org/10.5455/njppp.2017.7.1233125122016

Purbohastuti, A. wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480

Setiawan, P. Y., Troena, E. A., & Noermijati Armanu. (2014). The effect of e-WOM on destination image, satisfaction and loyalty. International Journal of Business and Management Invention, 3(1), 22–29.

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah : Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v10i1.9740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License