Identifikasi Keberadaan Inkubator Bisnis di Madura

Mardiyah Hayati, Dian Eswin Wijayanti

Abstract


Peran UMKM dalam perekonomian domestik semakin meningkat. UMKM  merupakan bagian integral dunia usaha nasional mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan struktur perekonomian nasional yang makin seimbang berdasarkan demokrasi ekonomi. Inkubator bisnis sebagai suatu wadah yang efektif untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan bagi wirausaha baru yang kreatif, inovatif, tangguh dan profesional sehingga mampu mengembangkan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lembaga-lembaga pemerintah yang berperan sebagai inkubator bisnis di Madura, dan mengetahui peran yang dijalankan oleh masing-masing lembaga tersebut. Lokasi penelitian ditentukan dengan sengaja (purposive) di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan, dengan jumlah responden 34 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitain menunjukkan bahwa di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan belum ada inkubator bisnis. Lembaga-lembaga pemerintah di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan memiliki peran dalam peningkatan mutu UMKM, dengan cara memberikan pelatihan, pendampingan dan memberikan akses modal terhadap UMKM.

Full Text:

PDF

References


Agustina, T. S. (2011). Peran Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi Dalam Meminimalkan Risiko Kegagalan Bagi Wirausaha Baru Pada Tahap Awal (START-UP). Majalah Ekonomi, (1), 64–74.

Arto, A., Hutomo, B. S. (2013). “Enam Pilar Insektisida” Kebijakan Pengembangan Dan Penguatan UMKM Berbasis Kerjasama Kemitraan Dengan Pola CSR Sebagai Strategi Peningkatan Peran Pemerintah Dan Perusahaan Untuk Menjaga Eksistensi UMKM Dalam MEA 2015. Economics Development Analysis Journal, 2(2), 97–109.

Andrian, B., Ghina, A. (2015). Analisis Perkembangan Alumni Tenant Setelah Proses Inkubasi (Studi Kasus Pada Bandung Digital Valley 2015). e-Proceeding of Management, 2(2). 1–11.

Bank Indonesia. (2006). Kajian Inkubator Bisnis Dalam Rangka Pengembangan UMKM.

Nirwana., Muhammadiah., Hasanuddin, M. (2017). Peran Pemerintah Dalam Pembinaan Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Enrekang. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 3(April), 1–14.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan. (2016). Program Pemberdayaan Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Retrieved from https://disperindag.pamekasankab.go.id/

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1286–1295.

Harjawati, T. (2018). Peran Pemerintah dalam Pengembangan Lembaga Pembiayaan di Sentra Industri Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Industri Kuliner Kota Tangerang Selatan), 5(1), 64–77.

Hasbullah, R., Surahman, M., Yani, A., Almada, D. P., Faizaty, E. N. (2014). Model Pendampingan UMKM Pangan Melalui Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesaia, 19(1), 43–49.

Budiyanto, H., Suprapto, A., Poerwoningsih, D. (2017). Program Pengembangan Kewirausahaan Dalam Bentuk Inkubator Bisnis Di Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa Pemilik Usaha Pemula. SENASIF, 1(1). 385–394.

Niode, I. Y. (2009). Sektor UMKM Di Indonesia :Profil, Masalah, Dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1).

Infodev. (2016). Modul 1. Pengertian dan Dasar Inkubator Bisnis.

Ridwan, M., Hartutiningsih., Hatuwe, M. (2014). Pembinaan Industri Kecil dan Menengah Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang. Administrative Reform, 2(2), 187–199.

Pratikto, H.(2015). Pembelajaran Kewirausahaan Dan Pemberdayaan UMKM Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Ekonomi. Universitas Negeri Malang.

Purba, G. M., Purwoko. (2018). Peran Pemerintah Daerah Dalam Memberdayakan UMKM Di Kota Semarang (Studi Kasus Kampung Batik Kota Semarang). Journal Of Politic And Government Studies, 7(4), 37–39.

Putra, T. G. (2015). Peran Pemerintah Daerah Dan Partisipasi Pelaku Usaha Dalam Pengembangan UMKM Manik-Manik Kaca di Kabupaten Jombang. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(April), 1–10.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranto., Muhtadi., Priyono, K. D., Santosa, T. B. (2016). Pengembangan Inkubator Kewirausahaan Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Warta LPM, 19(1), 1. https://doi.org/10.23917/warta.v19i1.1959

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia : Isu-isu Penting. Jakarta: LP3ES.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i2.6209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License