PREFERENSI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MI INSTAN DI KABUPATEN BANGKALAN

Andri Mulyadi, Elys Fauziyah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini  adalah mengidentifikasi proses keputusan pembelian  dan menganalisis atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian mi instan. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Bangkalan. Sampel diambil  dengan metode Cluster Sampling. Data dianalisis dengan metode diskriptif kualitatif dan konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian mi terdiri dari beberapa tahapan yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Sedangkan kombinasi atribut yang diinginkan oleh konsumen dalam pembelian mi instan secara berurutan adalah kemasan plastik, harga Rp. 1.750, bentuk  bulat, bentuk kemasan kotak, rasa gurih, berukuran  100 gr, dan berwarna kuning.

 

ABSTRACT

The Goals of this research are to identify the process of purchasing decision and analyze the attribute which is considered by consumer in purchasing instant noodle. The Samples are taken with cluster sampling method. The data are analyzed with the qualitative descriptive and conjoint methods. The result shows that the process of noodle purchasing decision consists  several stage. They are the need introduction, the information seach,  the purchasing process, and the behavior after purchasing. While the attribute combination which is wanted by consumer in instant noodle purchasing are the plastic packaging, the price approximately Rp. 1,750, the rounded shape, the square packaging shape, the savory flavor, the size approximately 100 gram, and the yellow color. 


Keywords


Preferensi Konsumen, Mi Instan, Konjoin

References


Arianto, Nurcahyo. T. 2011. Pola Makan Mie Instan : Study Antropologi Mahasiswa Antropologi Fisisb Unair. Departemen Antropologi. Fakultas FISIB. Universitas Airlangga

Astawan, M. 2008. Membuet Mie dan Bihun. Penebar Swadaya. Jakarta

Aulia, Reny. 2006. Analisis Proses Keputusan Pembelian Terhadap Pemtaan Persepsi Indomie. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor

Basuki, A. 2002. Penggunaan Analisis Conjoint Untuk Menentukan Preferensi Wisatawan Nusantara pada Obyek Wisata Pantai di Kabupaten Malang. Tesis. Unpublised. Universitas Brawijaya. Malang

Fanani, Ahmad. 2013. Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Ledre. Skripsi. Progam Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Trunojoyo Madura. Bangkalan

Indrasusanto, Franky. 2004. Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Kerupuk Udang di Pasar Indramayu Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Skripsi. Institut Pertanian Bogor

Jafkins, F. 1996. Periklanan. Erlangga. Jakarta

Rahayu, Jeani Noviana, Elys Fauziyah, Aminah HM Ariyani. 2012. Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Import di Toko Buah Hokky dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika 1(1): 50-64.

Juniawati. 2003. Optimamasi Proses Pengolahan Mi Jagung Isntan Berdasarkan Kajian Preferensi Konsumen. Skripsi. Departemen Ilmu dan Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Kalsum, Ummi. 2013. Analisis Preferensi Konsumen dalam Membeli Rengginang Lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan. Skripsi. Progam Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Trunojoyo Madura. Bangkalan

Kurniawan, Rifky. 2008. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Indomie. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Mahadi, Tendi. 2013. Permintaan Mi instan Bisa 16,5 Miliar Bungkus.online (http://finance.detik.com/read/2013/05/07/072217/2239688/4/mie-instan-masih-jadi-makanan-terlaris-di-indonesia). diakses tanggal 03 juni 2013

Malhotra, N, K. 1996. Marketing Research and Apllied Orientation. New Prentice Hall International Edition. Jersey. USA

Nasution, Asma. 2009. Sikap dan Preferensi Konsumen dalam Mengkonsumsi Susu Cair. Skripsi. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Miftahuddin, D.Y. 2012. Analisa Pemetaan Pelanggan Produk Mie Instan di Kota Bandaung Tahun 2012 (Studi Kasus Pada Produk Mie Instan Merek Indomie, Mie Sedaap, Supermie Dan Sarimi). Jurnal Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika.

Murti, T, W. 2002. Pasca Produksi Susus dan Tata Lingkungan Usaha Persususan. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Gajah Madah :Yogjakarat.

Nurheni S. Palupi, E. Srivishnu Herlambang, Musa Hubels. 2011. Kajian Perilaku Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran The Herbal di Kota Bogor. Jurnal Manajemen IKM Vol. 6 No. 2. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Putri, Jeani. N.R. 2012. Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Import di Toko Buah Hokky dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Skripsi. Progam Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Trunojoyo Madura. Bangkalan

Riskinandini, Riana. 2006. Kajian Analisis Konjoin dan Penerapan Prefensi Mahasiswa Tingkat Akhir IPB terhadap Pekerjaan. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor.

Salliem, H. P, M. Ariani, Y ,Marisa dan T. B. Purwantini. 2002. Analisis Kerawanan Pangan Wlayah dalam Perspektif Desentralisasi Pembanguna. Laporan Hasil Penelitian dan Pengembangan Sosisal Pertanian. Bogor.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodelogi Penelithan Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Santoso, Imam., Rofiq, Ainur., dan Maharani, Sukma. 2011. Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Bakpao Telo Dengan Metode Importance Performance. Jurnal Tekonologi Pertanian. Vol. 12 No.1, 23-30

Santoso, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariat. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta

Sarkim, Lida et. al. 2006. Perilaku Konsumen Mie Instan pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat yang Tinggal di Kos Wilayah Haikatan. MKM. Vol. 5. No. 01

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung

Ulfa, Maria. 2011. Analisis Prilaku Konsumen dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Pelumas Fastron PT. Pertamina. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor

WINA (World Instan Noodless Association). 2013. Ekspandi Market.Online(http://instantnoodless.org/noodless/expanding-market.html). Diakses tgl 20 juni 2013.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v3i1.441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License