PERUMUSAN STRATEGI BERSAING JAHE INSTAN PRODUK CV. INTRAFOOD SURAKARTA MENGGUNAKAN PERCEPTUAL MAPPING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi bersaing jahe instan produk CV. Intrafood dan strategi bersaing yang dapat direkomendasikan untuk meraih keberasilannya. Metode dasar yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive, yaitu CV. Intrafood Surakarta. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis Perceptual Mapping. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa jahe instan produk CV Intrafood berada pada peringkat ke-2 dari produk empat jahe instan yang diperbandingkan. Atribut yang dapat dijadikan kekuatan utama dalam meningkatkan pemasaran jahe instan produk CV. Intrafood adalah manfaat produk. Sisi yang paling lemah adalah atribut desain kemasan dan kinerja produk dalam kemasan.
Abstract
This study aims to determine the competitive position of the product instant ginger CV. Intrafood and competitive strategy can be recommended to achieve success. The basic method used is descriptive analysis. Determining the location of the study are determined by purposive method, namely CV. Intrafood Surakarta. Data used in this study is primary data and secondary data. Method analyzed using Perceptual Mapping. From the results of the study concluded that instant ginger of CV Intrafood product ranks second of four instant ginger products are compared. Attributes that can be used as a major force in improving product marketing instant ginger CV. Intrafood is the benefits of the product. The weakest side is the packaging design and performance attributes of the product in the packaging.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adiyoga W, Ameriana M, Soetiarso T.A 2010. Market Segments And Perceptual Mapping Of Product Attributes of Some Minor Vegetables. Indonesian Journal of Agriculture Vol. 3 (2), 2010; 90-103
Balittro. 2008. Budidaya Organik Tanaman Jahe. Zingiber officinale Rosc. Bogor
Borg, I. & Groenen, P. 1997. Modern Multidimensional Scaling: Theory And Applications. New York: Springer‐Verlag.
David, F.R. 2011. Strategic Management Concepts and Cases (13th edition). Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall, One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey
Gower, J. Patrick Groenen, Michel Van de Velden and Karen Vines. 2010. Perceptual maps: the good, the bad and the ugly. ERIM report series research in management / Finance and accounting ; 2010,011. Rotterdam: ERIM
Gudlaugsson, T and Magnússon, G. 2012. North Atlantic island destinations in tourists' minds. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, Vol. 6 (2), 2012; 114-123
Gulo,W. 2002. Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.
Harisudin, M. 2010. Hand Out Mata Kuliah Manajemen Strategi Agribisnis. Program Studi Agribisnis. Program Pascasarjana UNS. [Tidak dipublikasikan]
Harisudin, M. 2011. Competitive Planning Matrix Sebagai Alat Analisis Strategi Pemasaran yang Efektif bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah. Jurnal SEPA Vol 7 (2 Februari), 2011; 80-84
Hauser, J. R, Koppelman F. S. 1979. Alternative Perceptual Mapping Techniques: Relative Accuracy and Usefulness. Journal of Marketing Research Vol. 16 (Nov); 495-506
Kotler, P. 2001. Manajemen di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian), terjemahan A.B Suasnto, Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta.
Menrad, K. 2003. Market and marketing of functional food in Europe. Journal of Food Engineering Vol 56 (2–3, February), 2003; 181–188
Lestari, W. Syarief, R. Sumantadinata, K. 2013. Strategi Peningkatan Daya Saing Tuna Olahan Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, Vol 8 (1), 2013; 36-44
Moleong, J L. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakaya.. Bandung.
Mukminatin, S dan Harisudin, M. 2012. Strategi Pemasaran Durian Sanggaran (Duriozibethinus M) si Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar dengan Metode Compettitive Profile Matrix (CPM). Jurnal Social Economic of Agriculture. Vol 1 (1), 2012; 15-32
Nestrud, M.A; Lawless, H.T. 2010. Perceptual Mapping Of Apples And Cheeses Using Projective Mapping And Sorting. Journal of Sensory Studies. Vol 25 (3 June),2010; 390–405
Sergent, M,T. Sedlacek, W,E. 1989. Perceptual Mapping: A Methodology in the Assessment of Environmental Perceptions. Journal of College Student Development, Vol. 30 (4 July), 1989; 319-322
Suharyati, A. 2013. Strategi Bersaing Jahe Instan Produk CV. INTRAFOOD. Skripsi. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret [Tidak dipublikasikan]
Surakhmad, W. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Teknik. CV. Tarsito. Bandung.
Sutopo. 2002. Metoologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Sebelas Maret University Press
Urala, N. Lähteenmäki, Liisa. 2003. Reasons behind consumers’ functional food choices. Nutrition & Food Science, Vol. 33 (4), 2003; 148-158
Urban, G.L and John R. Hauser. 1993. Design and Marketing of New Product. Second Edition. Prentice Hall. Englewood Cliffs. New Jersey.
DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v2i2.428
Refbacks
- There are currently no refbacks.