Pemanfaatan Teknologi Komunikasi melalui Digital Marketing pada Petani Milenial di Kota Batu, Jawa Timur

Eri Yusnita Arvianti, Herdiana Anggrasari, Masyhuri Masyhuri

Abstract


Salah satu bentuk digitalisasi dengan menggunakan teknologi internet saat ini sedang berkembang pesat. Teknologi tersebut dapat membantu petani untuk mengefisienkan rantai pemasaran. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi komunikasi melalui digital marketing oleh petani milenial di  Kota Batu, Jawa Timur. Penelitian dilakukan di kota Batu dengan jumlah responden sebanyak 30 petani muda yang berusia antara 15-35 tahun. Pemilihan lokasi dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan khusus bahwa di kota Batu terdapat banyak petani milenial yang sudah menggunakan teknologi komunikasi. Pada beberapa daerah kota Batu penggunaan teknologi komunikasi telah berkembang. Penggunaan teknologi komunikasi oleh petani milenial sebagian besar sudah cukup lama yaitu bekisar 6-10 tahun. Petani milenial sebagai generasi modern dapat menggunakan teknologi komunikasi untuk melakukan pemasaran produk pertanian sehingga produk pertanian dapat terdistribusi secara merata serta petani dan konsumen mendapatkan harga yang lebih efisien dibandingkan dengan harga produk dengan rantai pemasaran yang panjang.


Keywords


digital marketing, teknologi, pemasaran, petani milenial

Full Text:

PDF

References


Amir, N. O., & Mustika, D. (2019). Penerapan digital marketing dalam meningkatkan pendapatan pedagang bunga di Desa Sidomulyo Kota Bau. Ajurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(4), 681–688. https://doi.org/10.4324/9781315175737

Avisha, A., Charina, A., Noor, T. I., & Mukti, G. W. (2019). Crowdfunding sebagai akses alternatif permodalan berbasis teknologi digital pada kegiatan pertanian (Studi Kasus di PT Crowde Membangun Bangsa). Mimbar Agribisnis, 5(1), 1–22.

Bronson, K., & Knezevic, I. (2016). Big Data in food and agriculture. Big Data and Society, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.1177/2053951716648174

Carolan, M. (2017). Publicising Food: Big Data, Precision Agriculture, and Co-Experimental Techniques of Addition. Sociologia Ruralis, 57(2), 135–154. https://doi.org/10.1111/soru.12120

Davis, J., Caskie, P., & Wallace, M. (2013). Promoting structural adjustment in agriculture : The economics of New Entrant Schemes for farmers. Food Policy, 40(2013), 90–96. https://doi.org/10.1016/j.foodpol.2013.02.006

Dewi, T., Maospati, D., Magetan, K., Kurniasih, D., Sudarta, W., & Parining, N. (2017). Hubungan antara Karakteristik Petani dengan Motivasinya dalam Membudidayakan Tanaman Tebu. E-Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 6(4), 523–532.

Guo, G., Wen, Q., & Zhu, J. (2015). The Impact of Aging Agricultural Labor Population on Farmland Output: From the Perspective of Farmer Preferences. Mathematical Problems in Engineering, 2015(730618), 1–7. https://doi.org/10.1155/2015/730618

Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.1982

Iriyani, D., & Nugrahani, P. (2017). Karakteristik petani sayuran periurban Kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasionsl Tahunan Matematika, Sains, Dan Teknologi Universitas Terbuka Convention Center, 105–118.

Klerkx, L., Jakku, E., & Labarthe, P. (2019). A review of social science on digital agriculture, smart farming and agriculture 4.0: New contributions and a future research agenda. NJAS - Wageningen Journal of Life Sciences, 90–91(October), 100315. https://doi.org/10.1016/j.njas.2019.100315

Kriwy, P., & Mecking, R. A. (2012). Health and environmental consciousness, costs of behaviour and the purchase of organic food. International Journal of Consumer Studies, 36(1), 30–37. https://doi.org/10.1111/j.1470-6431.2011.01004.x

Masyhur, F. (2016). The ICT Literacy Development Model for Farmers and Fishermen Community (Model Pengembangan Literasi TIK Masyarakat Tani dan Nelayan). Journal Pekommas, 1(1), 101. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010110

Mozas-Moral, A., Bernal-Jurado, E., Fernández-Uclés, D., & Medina-Viruel, M. J. (2018). Social media as a route to developing the agrifood sector in Spain. New Medit, 17(2), 101–112. https://doi.org/10.30682/nm1802h

O’Hara, J. K., & Low, S. A. (2020). Online Sales: A Direct Marketing Opportunity for Rural Farms? Journal of Agricultural and Applied Economics, 52(2), 222–239. https://doi.org/10.1017/aae.2019.44

Raalte, E. V., & Riel, M. V. (2013). The Future of Farming: The Rise of the Rural Entrepreneur. AB Publishing.

Raya, A. B., Kriska, M., Wastutiningsih, S. P., Cahyaningtyas, M. U., Djitmau, A., & Cahyani, G. F. (2018). Strategy for Utilizing DesaApps Applications in Agriculture Information Literation. Jurnal Komunikasi Pembagunan, 16(2), 274–285.

Sousa, F., Nicolay, G., & Home, R. (2016). Information Technologies as a Tool for Agricultural Extension and Farmer-to-Farmer Exchange: Mobile-Phone Video Use in Mali and Burkina Faso. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 12(3), 19–36.

Utami, D. P. (2020). Peranan digital marketing dalam pemasaran produk pertanian untuk petani milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. In Seminar Nasional Karya Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram.

Wolfert, S., Ge, L., Verdouw, C., & Bogaardt, M. J. (2017). Big Data in Smart Farming – A review. Agricultural Systems, 153, 69–80. https://doi.org/10.1016/j.agsy.2017.01.023

Yusuf, S. F. G., Masika, P., & Ighodaro, D. I. (2013). Agricultural Information Needs of Rural Women Farmers in Nkonkobe Municipality: The Extension Challenge. Journal of Agricultural Science, 5(5). https://doi.org/10.5539/jas.v5n5p107

Zanello, G., Srinivasan, C. S., & Shankar, B. (2014). Transaction Costs, Information Technologies, and the Choice of Marketplace among Farmers in Northern Ghana. Journal of Development Studies, 50(9), 1226–1239. https://doi.org/10.1080/00220388.2014.903244




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v11i1.10403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License