Student Reflective Journal Sebagai Booster Peningkatan Profisiensi Menulis Mahasiswa

Mohammad Halili, Darul Hikmah, Miftahur Roifah, Afiifah Al Rosyiidah

Abstract


Kemampuan menulis tidak bisa di dapat secara instan, melainkan harus melalui sebuah proses pembiasaan agar tulisan yang dihasilkan berkualitas. Hasil pengamatan Tim terhadap mahasiswa Program Studi Sastra Inggris yang mengambil pemrograman skripsi pada tahun ajaran 2017-2018 menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan seperti grammar (grammatical errors) dan pengorganisasian ide yang tidak runut masih mudah ditemui. Kesulitan ini tentu saja menjadi permasalahan yang sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi jangka waktu kelulusan mahasiswa. Kesulitan dalam menulis berbahasa Inggris ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kesulitan untuk menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan, kurangnya penguasaan kosa kata bahasa Inggris, dan kurangnya latihan dalam menulis berbahasa Inggris. Student Reflective Journal adalah sebuah media menulis yang berbentuk jurnal atau diary yang bisa digunakan mahasiswa untuk menuangkan ide-ide atau gagasan yang dimiliki, meningkatkan kosa kata bahasa Inggris, serta yang paling penting menjadi media pembiasaan dalam menulis. Student Reflective Journal dibuat dengan desain yang menarik (tidak monoton seperti buku teks), melainkan seperti sebuah diary yang mudah dibawa kemana saja dan menjadi ‘teman’ untuk menuangkan pikiran. Selain itu, Student Reflective Journal di dalamnya memuat prompts (petunjuk kata) yang dibuat untuk memancing ide atau gagasan sehingga mahasiswa lebih mudah untuk memulai menulis, dan juga Student Reflective Journal dilengkapi dengan bantuan kosa kata bahasa Inggris untuk memperkaya kosa kata mahasiswa. Adapun prompts (petunjuk kata) yang diberikan adalah dalam bentuk tematik atau topik yang sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa. Dengan memilki Student Reflective Journal dan menjadikannya sebagai media menulis, diharapkan mahasiswa menjadi lebih terbiasa dalam menulis berbahasa Inggris dan tidak mengalami kesulitan untuk menuangkan ide atau gagasan yang dimiliki.

Keywords


Student Reflective Journal; menulis; penguasaan

References


Butt, M., I., & Rasul., S. (2012). Errors in the Writing of English at the Degree Level: Pakistani Teachers’ Perspective. Language in India. 12(9). 195-217.

Fareed, M., Ashraf, A., & Bilal, M. (2016). ESL Learners’ Writing Skills: Problems, Factors and Suggestions. Journal of Education and Social Sciences. 4(2). 81- 92.

Frey, L., Botan, C., & Kreps., G. (1999). Investigating Communication: An Introduction to Research Methods. (2nd ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Haider, G. (2012). An Insight into Difficulties Faced by Pakistani Student Writers: Implication for Teaching Writing. Journal of Educational and Social Research. 2(3). 17-27.

Myles, J. (2002). Second Language Writing and Research: The Writing Process and Error Analysis in Student Texts. The Electronic Journal for English as a Second Language. 6(2). 1-20.




DOI: https://doi.org/10.21107/prosodi.v12i2.4531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mohammad Halili, Darul Hikmah, Miftahur Roifah, Afiifah Al Rosyiidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

 width=  width=  width=   width=  width=  width=  width=

Publisher

Department of English
University of Trunojoyo, Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

 

Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra

ISSN: 1907-6665 (Print) ISSN: 2622-0474 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at journal.trunojoyo.ac.id