DUKUNGAN SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MASEHI 2 PSAK SEMARANG

Lidya Agustina, Adhitya Wisnumurti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi di SMA Masehi 2 PSAK Semarang. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 91 siswa. Peneliti tidak menggunakan keseluruhannya sebagi sampel namun hanya mengambil sampel dengan jumlah 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menguji korelasi antar variable. Data yang sudah dikumpulkan diolah dengan dengan teknik korelasi spearman. Hasil analisis menunjukan bahwa r = 0,044, p= 0,762, p lebih dari 0,05 berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivsi belajar siswa di di SMA Masehi 2 PSAK Semarang. Jadi hipotesis yang menytakan ada hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa di di SMA Masehi 2 PSAK Semarang ditolak.


Keywords


Dukungan Sosial, Motivasi Belajar, Siswa SMA, Orang tua

References


A.M. Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

Arifudin. (2009).Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Baron,R. A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (10th ed.). Jakarta: Erlangga.

Cohen,S., & Syme, S.L. 1985. Social Support & Health. Florida: Academic Press Inc.

Hamdu & Agustina. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), 90-96.

Hartini. (2015). Hubungan antara Rasa Kepercayaan Diri dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX di SMPN Sumber Gempol Tahun Ajaran 2014/2015. Artikel Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Kumalasari, F & Latifah N. A. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi, 1 (1), 21-31 Juni 2012.

Prasetyo & Rahmasari. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial keluarga dengan Motivasi Belajar pada Siswa. Jurnal Psikologi 2016.7, (1), 1-9. Surabaya: UNESA.

Rahma, A. N. (2011). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Islam, 8 (2), 231-246 .Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Rozaqoh, L. (2008). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Psikosains, 1 (3) 63-78, Agustus 2008.

Santrock, John W. A. . (2003).Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Soleman, Z. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Ma Nurul Yaqin Kota Gorontalo. Artikel. Gorontalo: Universitas Negri Gorontalo.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tarmidi, A; Riza R, Rambe. (2010). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Directed Learning Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 37 (2), 216-223, Desember, 2010.

Taylor, S.E. (2003). Health Psychology. Fifth Edition. United States of America: Mc Graw-Hill, Inc.

Tunggadewi & Indriana. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Santri Di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Jawa Tengah. Jurnal Empati, 7 (3), 313- 317, Agustus 2017 .

Uno, H. B. (2010). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widanarti, N., Indati, A. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2,

-123.

Winarni, Dkk. (2006). Motivasi Belajar Ditinjau Dari Dukungan Sosial Orangtua Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi-ISSN: 1858-3970 2, 2006, Yogyakarta: Universitas Proklamasi 45.

Wlodkowski, J. Raymond & H. Jaynes, J. (2004). Motivasi Belajar/ Eager To Learn. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizqi Press




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v10i1.5664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Lidya Agustina, Adhitya Wisnumurti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.