Pengaruh Asosisasi Merek Terhadap Respon Konsumen Merek Tolak Angin di Surabaya

Iwan Purnomo Adi

Abstract


Fokus penelitian ini adalah menganalisa pengaruh asosiasi merek terhadap respon konsumen. Dalam penelitian ini, asosiasi merek diukur melalui fungsi merek (garansi, identifikasi pribadi, identifikasi sosial dan status). Dilain pihak respon konsumen diukur melalui kemauan membayar dengan harga premium, merekomendasikan ke orang lain, dan menerima perluasan merek. Sampel penelitian ini merupakan responden konsumen yang mengkonsumsi Tolak Angin di Surabaya. Ada 385 responden konsumen yang digunakan untuk keperluan pelaksanaan penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan program SPSS 13.0. Program SPSS digunakan untuk keperluan untuk menjalankan teknik analisa statistik yang bernama korelasi kanonikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa asosiasi merek sebagai garansi asosiasi merek sebagai identifikasi , asosiasi merek sebagai identifikasi sosial, asosiasi merek sebagai status mempunyai pengaruh pada 2 respon konsumen (hipotesis diterima).


Keywords


asosiasi merek, respon konsumen, garansi, identifikasi personal, identifikasi sosial, status

References


Aaker, D.A. 1991. Managing Brand Equity – Capitalizing on the Value of a Brand Name. The Free Press.New York.

Aaker, D.A. 1996. Measuring Brand Equity Across Products and Markets. California Management Review.Spring 1996; 38, 3; ABI/INFORM Global pg. 102

Aaker, D.A. 1996. Building Strong Brand. The Free Press. New York.

Del Rio, Belen, A., Vasquez, R., & Iglesias,V. 2001. The Effects of Brand Associations on Consumer Response. The Journal of Consumer Marketing. Vol 28 No. 5 2001.

Durianto, D., Sugiarto & Sitinjak,T. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Durianto, D. 2005. Membangun Merek Kuat. www.swa.co.id

Hawkins, D.I., Mothersbaugh, D.L & Best, R.J. 2007. Consumer Behavior New York: The Mc Graw Hill Companies Inc.

Hutton, J.G. 1997. A Study Of Brand Equity In An Organizational-Buying Context. The Journal of Product and Brand Management. Santa Barbara: 1997. Vol.6, Iss. 6; pg. 428

Keller, K.L. 1993. Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Base Brand Equity. Journal of Marketing. Vol 57.

Kotler, P & Keller, K.L 2006. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Pettis, C.1995. Technobrands: How To Create And Use Brand Identity To Market Advertise and Sell Technology Products. New York: American Management Association,

Powpaka, S. 1993.Consumer Response to Brand Equity.UMI Number 932849.

Rangkuti, F. 2002. The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategy Pengembangan Merek. Analisis Kasus dengan SPSS . PT. Gramedia Pustaka Utama. p.42. Jakarta

Ross, S.D. 2003. The Development of a Scale to Measure Professional Sport Team Brand Associations. UMI Number 3101959

Zainudin, M. 1999. Metodologi Penelitian. (Diklat Kuliah Program Magister Manajemen Universitas Airlangga).




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i2.4769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Iwan Purnomo Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: