PERANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE PADA PLATFORM ANDROID BERBASIS HTML5 STUDI KASUS LAYANAN INFORMASI WEBSITE UNIPDU JOMBANG

Mita Septiana Chumairoh

Abstract


Perkembangan teknologi web saat ini banyak digunakan pengembang software, begitu juga di Unipdu. Kebutuhan menggunakan teknologi ini sangat dibutuhkan sebagai media layanan informasi berbasis web. Akan tetapi, dengan perkembangan teknologi mobile terutama Android yang banyak digunakan, layanan informasi yang sudah berjalan saat ini harus bisa mengikuti perkembangan teknologi mobile tersebut. Oleh karena itu, dibangunlah Aplikasi Web Mobile Android berbasis HTML5 dengan tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan informasi yang dapat diakses melalui perangkat mobile. Aplikasi ini dilengkapi dengan notifikasi pengumuman untuk mahasiswa dan notifikasi pendaftaran online untuk admin PMB. Aplikasi mobile yang dibangun mengimplementasikan tiga teknologi yaitu HTML5, Hybrid Application yang digunakan untuk membangun aplikasi mobile di android, dan Google Cloud Messagging sebagai penyedia layanan cloud messaging yang digunakan untuk mengirim notifikasi ke perangkat android. Aplikasi ini berupa installer yang dapat diinstall di perangkat mobile android. Hasil uji coba aplikasi menyimpulkan bahwa HTML5 dapat diterapkan pada layanan informasi website Unipdu Jombang yang dapat berjalan pada platform android.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.