ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR VAK(VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK)MAHASISWA PENDIDIKAN INFORMATIKA ANGKATAN 2014

Ariesta Kartika Sari

Abstract


Salah satu karakteristik belajar yang berkaitan dengan menyerap, mengolah, dan menyampaikan informasi tersebut adalah gaya belajar peserta didik. Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting. Informasi terkait karakteristik gaya belajar mahasiswa yang akan diajari, sangat penting bagi dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.Mahasiswa juga akan lebih mudah memotivasi dirinya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen, yaitu tergolong pada penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan informatika yang berasal dari angkatan 2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner yang akan diisi oleh subjek penelitian. Angket gaya belajar ini diisi oleh sebanyak 115 subjek penelitian yang berasal dari mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Hasil analisis gaya belajar terhadap Mahasiswa Kelas A didominasi oleh gaya belajar Visual (53%), Kelas B didominasi gaya belajar Auditorial (35%), dan Kelas C didominasi gaya belajar didominasi Visual (29%). Secara keseluruhan, kecenderungan gaya belajar Mahasiswa Angkatan 2014 Prodi Pendidikan Informatika didominasi oleh tipe gaya belajar Visual sebesar 33%. Contoh karakteristik pembelajaran yang cocok untuk mahasiswa visual adalah memotivasi mahasiswa untuk menggambarkan informasi, dengan membuat diagram, simbol dan gambar berwarna dalam catatan mahasiswa Visual.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chatib, munif. 2014. Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Chomaria, Nurul. 2014. Tes Kepribadian Remaja Muslim. Surakarta: Al-Qudwah Publishing.

DePorter, Bobbi., Mark Reardon,&Sarah Singer-Nourie. 2014. Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Gunawan, Adi W. 2012. Born to be a Genius. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, Adi W. 2012. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, N. & Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Novita Sari, Ade Rakhman. 2014. How Great is Your Personality?. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Rufiana, Intan Sari. 2013. Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika ditinjau dari Preferensi Sensori, diunduh dari http://lib.umpo.ac.id/gdl/files/disk1/8/jkptumpo-gdl-intansarir-357-1-analisis-n.pdf. Diakses tanggal 31 Oktober 2014.

Siberman, Melvin L. 2014. Active Learning; 101 cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.