REGRESI LINEAR DAN DKL 3.01 UNTUK ANALISIS PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK MINIHIDRO MOBUYA 3X1000 KW DI SULAWESI UTARA

Taufik Hidayatullah

Abstract


ABSTRAK

 

 

Distribusi Listrik saat sekarang belum sepenuhnya menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia. Padahal listrik atau penerangan sangat dibutuhkan oleh daerah tersebut agar daerah tersebut tidak ketinggalan dalam memperoleh informasi yang bertujuan untuk memajukan daerah tersebut dan dapat meningkatan produktifitas masyarakatnya.  Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan listrik pada daerah terpencil perlu diciptakan alat yang dapat menjangkau tempat terpencil dengan harga murah dan ramah lingkungan.

Kebutuhan energi listrik di kabupaten Bolaang Mangondow, Sulawesi utara dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kegiatan pembangunan serta kebutuhan domestik, sementara kapasitas pembangkit listrik yang ada adalah tenaga Diesel yang diharapkan mensuplai energi listrik di daerah tersebut mengalami penurunan.  Pada tahun 2000 jumlah penduduk kabupaten Bolaang Mongondow sebesar 429.475 jiwa. Dari jumlah tersebut sebagian besar penduduk masih masuk kedalam kategori usia muda. Jumlah penduduk tahun 2005 adalah sebesar 479.841 jiwa. Angka ini merupakan hasil pendataaan registrasi penduduk tahun 2005. laju pertumbuhan penduduk rata-rata sebesar 1,47 % per tahun selama periode 1991 - 2005. Pertumbuhan penduduk tersebut tergolong tinggi karena penduduknya kebanyakan masih tergolong usia produktif.

Melihat topografi daerah yang sebagian besar gunung dan hutan dapat dipastikan mempunyai potensi air yang banyak. Untuk mengatasi tingginya permintaan akan kebutuhan listrik tersebut, maka muncul konsep pembangkit listrik yang bertumpu pada masyarakat di daerah terpencil. Konsep ini berbasis pada teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM). Istilah minihidro biasanya dipakai untuk pembangkit listrik yang menghasilkan output 3000 kW. PLTM merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat menembus keterbatasan akses transportasi, teknologi hingga biaya.

Kata kunci: Minihidro, DKL 3.01, Regresi.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v2i2.1575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License