Kontrol Kecepatan Motor Brushless DC Menggunakan Six Step Comutation Dengan Kontrol PID ( Propotional Integral Derivative )

Rafli Fajar Anugrah

Abstract


Di Indonesia sudah banyak penggunaan sepeda listrik yang menggunakan motor listrik Brushless DC ( BLDC), dikarenakan motor BLDC kecepatan nya yang stabil. Namun motor Brushless DC jika diberi pembebanan maka kecepatan akan menurun sehingga membutuhkan kontroler. Pada penelitain ini kontrol kecepatan Motor BLDC menggunakan six step comutation dengan kontrol PID. Motor BLDC termasuk dalam motor sinkron dengan permanen magnet, sehingga motor jenis ini dilengkapi dengan sensor hall-efect untuk mendeteksi posisi rotor. Dengan data posisi rotor dari  hall-efect, maka dibutuhkan rangkaian inverter yang dapat mensuplai energi listrik kedalam motor pada kondisi sinkron. Rangkaian Six Step Comutation atau 6 model pensaklaran ini untuk mengubah tegangan sumber DC ke AC 3 fasa. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh kontrol menggunakan PID menghasilkan respon sistem yang stabil dengan nilai dengan rise time lebih kecil dari 0.1 s dan settling time lebih kecil dari 0.2 s dengan rasio kesalahan steady state dan overshoot yang tidak lebih besar dari 1%. Dari hasil tersebut menggambarkan bahwa kontrol kecepatan BLDC menghasilkan respon kecepatan yang smooth, stabil dan dapat meminimalisir kesalahan steady state saat pembebanan terjadi.

Kata Kunci— Motor BLDC, Six Step Comutation, Kontrol PID, Software PSIM.


Keywords


Kontrol Motor BLDC

References


Akbar, D., Riyadi, S. Pengaturan kecepatan pada motor brushless menggunakan PWM. Seminar nasional instrumentasi,control dan otomasi. 2018.

D.A.Ratna.W. Sistem kendali cerdas. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2011.

D.P.K, Iradiratu., Z.O.P. Maher. Pengaturan Kecepatan Motor Six Step BLDC Dengan Menggunakan Kontrol Fuzzy Logic. Seminar nasional kelautan XIII jurnal. 2018.

Ibrahim,H.E.A., Hassan, F.N., Shomer, O.Anas. Optimal PID control of a brushless DC motor using PSO and BF techniques. IEEE Journal. 2014.

Nasrul. Pengendalian Kecepatan Motor DC Dengan Metoda Fuzzy Logic Berbasis Mikrokontroler. 2009. Elektron : Vol. 1 No. 2.

Robert L. Moot. Elemen-elemen mesin dalam perancangan mekanisme. yogyakarta: ANDI. 2017.

K. Roedy, W. Oyas, N. Prapto. Sistem Kendali Kecepatan Motor BLDC Menggunakan Algoritma Hybrid Pid Fuzzy. University Research Colloquium. 2015.

S.P. Guntur. Perancangan Kontrol Kecepatan Motor Arus Searah Tanpa Sikat Menggunakan Sliding Mode Berbasis Pid. Tugas Akhir TE Institut Teknologi Surabaya. 2016.

Sutedjo, A.Q. Ony, Suhariningsih, Y. S. Diah. Desain Dan Implementasi Six-Step Comutation Pada Sistem Kontrol Motor Bldc 1,5 Kw. Prosiding Sentrinov. 2017. Volume 3-ISSN-2477-2097.

S. Iwan. Konrol PID Untuk Proses Industri. Elex media Kompotindo”, Halaman 5-10. 2008.

A.S.M. Naufal, M. Defa, A.Y. Ilham. Pengaturan Kecepatan Motor Brushless DC(Direct Current) Menggunakan Cuk Converter. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer Triac. 2019. Vol. 6 No. 2.

A.P. Gita, R.A.M. Krisna, W.S.B. Rio, Y.D. Belly, D.P.K. Iradiratu.Desain Kontrol Kecepatan Motor Brushless DC Menggunakan Double Boost Converter Berbasis PI. Seminar Nasional Fortei 7-2. 2019.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v7i2.7923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rafli Fajar Anugrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: