Rancang Bangun Simulator Sistem SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) Pada Gardu Induk Rawalo

Itmi Hidayat Kurniawan, Rizki Fauzi Muliarto

Abstract


Dengan perkembangan teknologi sekarang ini untuk mengontrol dan memonitoring peralatan-peralatan di gardu induk yang lokasinya berjauhan dapat dilakukan dalam satu tempat ruang kontrol dengan menggunakan sistem SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition). Penelitian berguna untuk proses pembelajaran serta simulator bagi mahasiswa dan tenaga kerja gardu induk baru yang ingin mempelajari sistem SCADA pada gardu induk. Tujuan penelitian ini untuk membuat sebuah sistem SCADA untuk mengontrol dan mengawasi simulator plant gardu induk, contoh sistem gardu induk yang dikontrol yaitu jalur Transformer 1 dan jalur Transformer 2 yang ada di gardu induk Rawalo. Pada penelitian ini mengunakan tiga PLC Twido untuk mengontrol simulator plant gardu induk, PLC pertama digunakan sebagai master dan dua PLC lainnya digunakan sebagai PLC slave. Pada plant terdapat dua Power Meter PM5350 digunakan untuk mengukur besaran lsitrik seperti arus, tegangan, daya aktif, daya reaktif, daya semu, frekuensi dan faktor daya pada jalur Transformer 1 dan jalur Transformer 2. Dari hasil perancangan dan pengujian diperoleh bahwa PLC Twido dapat digunakan sebagi PLC master dan slave, penggunaan software SCADA Wonderware InTouch dapat memvisualisasikan plant yang dikontrol, menampilkan hasil pengkuran besaran listrik dan mencatat alarm ketika terjadi ganguan. Data hasil pengukuran besaran listrik simulator plant gardu induk disimpan di dalam database Microsoft Access.

Kata Kunci— SCADA, PLC, PM5350, Gardu Induk


References


Andi, A. Priatmadja, R. 2015. Rancang Bangun Protocol Modbus Pada KWH Meter Elektronik Tipe ION 8600 Untuk Memonitor Besaran Energi Listrik Trafo Dengan Menggunakan Aplikasi Citect SCADA. Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana, Vol.6 No.1, Januari 2015 ISSN: 2086-9479.

Aniza Z, N. 2014. Perancangan Human Machine Interface Berbasis SCADA Pada PT. PLN (Persero) Unit Pengatur Beban (UPB) SUMBANGTENG. Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas Padang. Bharata, H, K. 2019. Pemanfaatan Jaringan LAN Untuk Integrasi SCADA Dengan Aplikasi Human Machine Interface Pada Sistem Monitoring Produksi. STMIK Binasaleh, Jurnal Gerbang, Vol. 9, No. 2, Agustus 2019.

Hamdani. 2017. Audit Energi Sistem Kelistrikan Gedung Politeknik Negeri Ujung Pandang Menggunakan SCADA Sebagai Instrumen Pengukuran Permanen. Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Ujung Pandang, Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M) 2017 (pp.171-177).

Irwan, H, E. Nurhadi, S. 2018. Studi Perencanaan Prototipe Sistem Otomasi Metering Gardu Induk Menggunakan Konsep Human Machine Interface. Jurnal ELTEK, Vol 16 No 01, April 2018 ISSN 1693-4024.

Vignesh, T. Kirubakaran, J. 2015. Automation Based Power Transmission Control Station Using PLC and SCADA. IJISET-International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology, Vol.2 Issue 2, February 2015.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v7i1.7514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Itmi Hidayat Kurniawan, Rizki Fauzi Muliarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: