Smart Field Control (SFC) di Lapangan Futsal Kembar Jaya

Khoirul Anam, Desriyanti Desriyanti, Edy Kurniawan

Abstract


Futsal merupakan olahraga yang dimainkan di dalam suatu gedung, didalam lapangan futsal terdapat lampu sebagai penerangan, seringkali lampu di dalam gedung terus menyala meskipun tidak ada yang menggunakan lapangan. Hal ini menyebabkan terjadinya pemborosan. Selain kelistrikan, permasalahan lain yaitu suhu di lapangan futsal kembar jaya pada siang hari mencapai 32,4 derajad celcius, sedangkan suhu rata-rata atau suhu normalnya didalam lapangan futsal adalah 28,5 derajad celcius, Dari beberapa permasalahan tersebut, muncul ide untuk merancang sebuah alat “Smart Field Control (SFC) di lapangan futsal Kembar Jaya”. Sistem kontrol ini diharapkan dapat menurunkan suhu ruangan dan juga dapat mengontrol kelistrikan supaya pemakaian lebih efisien sekaligus dapat memberi informasi dengan notifikasi sms kepada pemilik lapangan futsal berapa lama lapangan tersebut digunakan dalam 1 hari dengan menggunakan modem sms.

Berdasarkan analisa yang dilakukan, sistem dapat menurunkan suhu jika suhu di dalam lapangan futsal  lebih dari sama dengan 30 derajad celcius, dapat mengirimkan notifikasi berupa sms kepada pemilik lapangan futsal dan juga pemakaian energi listrik lebih terstruktur karena pada saat lapangan futsal tidak digunakan atau setiap selesai waktu sewa, lampu di dalam gedung akan mati secara otomatis.

Kata Kunci— listrik, suhu, lapangan futsal, modem)


References


G. Eason, B. Noble, and I. N. Sneddon, “On certain integrals of Lipschitz-Hankel type involving products of Bessel functions,” Phil. Trans. Roy. Soc. London, vol. A247, pp. 529–551, April 1955. (references)

J. Clerk Maxwell, A Treatise on Electricity and Magnetism, 3rd ed., vol. 2. Oxford: Clarendon, 1892, pp.68–73.

I. S. Jacobs and C. P. Bean, “Fine particles, thin films and exchange anisotropy,” in Magnetism, vol. III, G. T. Rado and H. Suhl, Eds. New York: Academic, 1963, pp. 271–350.

K. Elissa, “Title of paper if known,” unpublished.

R. Nicole, “Title of paper with only first word capitalized,” J. Name Stand. Abbrev., in press.

Y. Yorozu, M. Hirano, K. Oka, and Y. Tagawa, “Electron spectroscopy studies on magneto-optical media and plastic substrate interface,” IEEE Transl. J. Magn. Japan, vol. 2, pp. 740–741, August 1987 [Digests 9th Annual Conf. Magnetics Japan, p. 301, 1982].

M. Young, The Technical Writer’s Handbook. Mill Valley, CA: University Science, 1989.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v6i2.5988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khoirul Anam, Desriyanti Desriyanti, Edy Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: