Alat Pemantau Kondisi Infus Dengan Internet Of Things (IoT) Berbasis Mikrokontroler ATmega16

Hirvy Nurul Anwar, Achmad Fiqhi Ibadillah

Abstract


Dalam dunia medis, infus adalah alat yang paling sering digunakan. Infus berfungsi untuk memasukkan cairan melalui pembuluh vena sebagai nutrisi untuk pasien yang tidak bisa memenuhi nutrisi dengan cara makan. Nutrisi yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Pemberian infus yang tidak tepat, tentunya akan berdampak pada pasien. Maka dari itu, perawat selalu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi cairan infus di ruang pasien dan masih dilakukan manual. Pemeriksaan yang dilakukan adalah kondisi kecepatan tetesan dan sisa cairan infus. Untuk mempermudah pekerjaan perawat, maka dibuat sebuah alat untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi infus, sekaligus mengatur kecepatan tetesan sesuai setpoint. Untuk memeriksa kondisi tetesan, dipasang sensor yang terdiri dari LED (Light Emitting Diode) infrared dan Photodiode. Untuk mengetahui sisa cairan infus, dipasang sensor load cell sehingga sisa cairan dapat diketahui dalam satuan mililiter (ml). Sedangkan aksi yang diberikan ketika kondisi tetesan tidak sesuai adalah dengan menggunakan motor servo sebagai penjepit selang. Data hasil pembacaan sensor kemudian diproses di sebuah perangkat mikrokontroler ATmega16 yang telah dipasang modul Wi-Fi ESP8266-01. Data yang telah diproses kemudian ditampilkan di komputer. Alat dapat menghitung tetesan dengan error rata-rata 0.59%, mendeteksi sisa cairan dengan error rata-rata 0.83% serta dapat mengirimkan data dengan waktu paling cepat 30 detik.


References


. Galang Prihadi Mahardhika, Mutiara Herawati. 2015. Rancang Bangun Perangkat Pengendali Debit Tetesan Infus Otomatis Untuk Proses Terapi Infus. Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Indonesia.

. Andrianto, Heri. 2013. Pemrograman Mikrokontroler AVR ATmega16 Menggunakan Bahasa C (CodeVision AVR). Penerbit: Informatika Bandung.

. Reynanda Bagus Widyo Astomo. 2017. Perancangan dan Pembuatan Stop Kontak Berbasis Face Recognition Dengan Metode Principal Component Analysis (PCA). Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura.

. Decy Nataliana, Nandang Taryana, Egi Riandita. 2016. Alat Monitoring Infus Set Pada Pasien Rawat Inap Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung. ELKOMIKA Vol. 4, No. 1. ISSN: 2338-8323.

. Ruslan Agussalim, Adnan, Muh Niswar. 2016. Monitoring Cairan Infus Berdasarkan Indikator Kondisi Dan Laju Cairan Infus Menggunakan Jaringan Wi-Fi. Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Informatika, Universitas Hasanuddin Makassar. ILKOM Vol. 8, No. 3. ISSN: 2087-1716.

. Permadi Putra. 2013. Sensor Photodioda dan Infrared".

. Muhammad Kharis. 2013. Membuat Line Tracer Sendiri.

. Sarah Al-Mutlaq. 2013. Getting Started With Load Cells.

. Ardiyanto Iqbal Nugroho. 2014. Monitoring Tetesan Infus Berbasis Mikrokontroler Atmega16. Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v5i1.3581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hirvy Nurul Anwar, Achmad Fiqhi Ibadillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: