Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Toko Gundam Menggunakan Metode Human Centered Design

Ronaldi . ., Wahyu Andhika Kusuma

Abstract


Di era berkembangnya teknologi informasi yang pesat, aplikasi e-commerce telah menjadi solusi utama dalam memberikan kenyamanan berbelanja. Gundam adalah sebuah serial televisi atau film dengan genre robot yang menampilkan robot raksasa, diciptakan oleh Hajime Yatake dan Yoshiyuki Tomino. Permasalahan yang ada saat ini adalah belum tersedianya aplikasi e-commerce yang secara khusus ditujukan untuk penjualan produk gundam di Indonesia. Selain itu, aplikasi e-commerce yang tersedia saat ini masih belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan pengguna secara spesifik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi toko gundam menggunakan metode Human Centered Design (HCD). Hasil dari penelitian ini adalah perancangan dalam bentuk prototype yang diuji secara online menggunakan aplikasi Maze untuk menganalisis permasalahan dan kesulitan yang dihadapi oleh pengguna selama mereka berinteraksi dengan aplikasi. Berdasarkan hasil dari pengujian secara online didapat hasil skor 89. Hasil skor pengujian ini termasuk dalam tingkatan kategori sangat baik. Harapannya dari hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pengembang dalam menciptakan aplikasi yang tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga mampu meningkatkan pengalaman pengguna.


References


N. A. Rakhmawati, A. E. Permana, A. M. Reyhan, dan H. Rafli, “ANALISA TRANSAKSI BELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 32, Jan. 2021,

Apriyanto, “Perancangan Aplikasi Penjualan Mainan Anak Secara Online,” Computer and Information Technology, pp. 110–121, Jan. 2018.

M. B. A. SANTOSO dan W. Herulambang, “Sistem Pendukung Pemilihan Model Kits Gundam Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (F-AHP),” eprints.ubhara.ac.id, Mar. 23, 2022, [Online]. Available: http://eprints.ubhara.ac.id/1830/.

K. Elissa, A. G. SAMUDRA dan R. F. Zainal, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MODEL KITS GUNDAM MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALITICAL HIERARCHY PROCESS,” eprints.ubhara.ac.id, Mar. 23, 2022. http://eprints.ubhara.ac.id/1870/.

A. Hadi, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN COMPUTER BERBASIS WEB PADA TOKO BUTTERFLY COMP YOGYAKARTA,” eprints.uty.ac.id, Nov. 14, 2019. http://eprints.uty.ac.id/4354/

Hamdanuddinsyah, Muhammad Hafizh, Mukhtar Hanafi, and Pristi Sukmasetya. "Perancangan UI/UX Aplikasi Buku Online Mizanstore Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design." Journal of Information System Research (JOSH) 4.4 (2023): 1464-1475.

P. Kurniawan dan S. Rani, “Perancangan Desain UI/UX Aplikasi PeduliPanti Menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD),” AUTOMATA, vol. 3, no. 2, Aug. 2022, Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/24160.

Z. N. Muhammad, A. Meiriza, P. Putra, N. R. Oktadini, dan P. E. Sevtiyuni, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Laboratorium Berdasarkan Pendekatan Human Centered Design (HCD),” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 6, pp. 1272–1284, Jun. 2023, doi: https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.797.

Kresna Rizka Carisfian, Agi Putra Kharisma, dan Tri Afirianto, “Perancangan User Experience Aplikasi Informasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Menggunakan Metode Human-Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, pp. 8723–8731, 2019, Accessed: Nov. 29, 2023. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6260.

Putri Stephanie Lesilolo, H. Tolle, dan Retno Indah Rokhmawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Usaha Toko Kelontong dengan menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Toko Assri Denpasar Bali),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 3, pp. 1324–1331, 2022, Accessed: Nov. 29, 2023. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10791.

A. Bachri, M. I. K. Adzim, I. Javanas, S. D. Prakoso, dan M. P. S. Putra, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu, pH dan Kejernihan Air Pada Kolam Ikan Air Tawar Berbasis Internet Of Things (IoT),” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC, vol. 9, no. 2, pp. 70–74, Aug. 2022, doi: https://doi.org/10.21107/triac.v9i2.15167.

Arief Setiadi dan Hari Setiaji, “Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor,” AUTOMATA, vol. 1, no. 2, Jun. 2020.

I. M. Putra dan D. R. Indah, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Aplikasi Giwang Sumsel,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 6, pp. 688–697, Jun. 2023, doi: https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.872.

D. Amin, “Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa,” Jurnal Pendidikan Sejarah, vol. 5, no. 2, p. 1, Aug. 2017, doi: https://doi.org/10.21009/jps.052.01.

R. T. Maulana, “Perancangan User Interface User Experience dengan Metode User Centered Design pada Aplikasi Mobile Auctentik,” dspace.uii.ac.id, 2020, Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/28891.

Rahmat Alif A dan D. Kurniawan, “Perancangan User Experience Aplikasi Android Konsultasi Skripsi dengan Metode User Centered Design,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 183–189, Jul. 2023, doi: https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i3.834.

T. Lowdermilk, User-Centered Design : a Developer’s Guide to Building User-Friendly Applications. Sebastopol, Ca: O’reilly & Associates, 2013.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v11i1.24345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: