Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Panduan Pendaki

Branstito Inggil Pakerti Shofiyulloh

Abstract


Pendakian merupakan kegiatan yang sangat popular di Indonesia, hal tersebut dikarenakan adanya daya tarik tersendiri bagi kalangan masyarakat. Dengan suasana alam dan petualangan yang ditawarkan, menjadikan bidang tersebut kini kian diminati. Namun sayangnya hal tersebut tidak dibersamai dengan adanya faktor penunjang keselamatan. Banyak pendaki yang mengabaikan peraturan standar keselamatan dikarenakan kurangnya informasi yang dipahami. Adanya hal tersebut memotivasi untuk menciptakan solusi bagi permasalahan yang sedang dialami oleh para pendaki. Harapannya perancangan solusi ini dapat. meningkatkan pengalaman dan kesadaran pada pendaki. Penelitian ini mencakup pengumpulan dan evaluasi data melalui penerapan lima tahap metode design thinking, yakni empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil penerapan metode design thinking dalam perancangan antarmuka pengguna UI/UX berhasil meraih tujuan untuk meningkatkan kepuasan serta kemanfaatan pengguna. Dalam hal ini, dukungan dapat dilihat dari hasil penilaian kemudahan penggunaan yang mencapai skor akhir sebesar 81,83 pada skala penilaian. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengujian mendapatkan hasil apresiasi kegunaan yang tinggi dari user interface aplikasi Panduan Pendaki sehingga dapat disarankan sebagai dasar untuk diimplementasikan ke dalam aplikasi.

Keywords


Design thinking; Pendaki; Pengetahuan; UI/UX

References


S. P. Tangdisosang and I. R. Widiasari, “SISTEM INFORMASI PENDAKIAN GUNUNG JAWA TIMUR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 7–11, Apr. 2022, doi: 10.33387/JIKO.V5I1.3545.

A. Ningsih and N. Isnaini, “Pengaruh Edukasi Penanganan Awal Hipotermia Dengan Booklet Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Pendaki Gunung Prau,” J. Keperawatan Muhammadiyah, Oct. 2020, doi: 10.30651/JKM.V0I0.5427.

K. Rozikin and N. Dwi Setiawan, “PERANCANGAN APLIKASI JALUR PENDAKIAN DAN MONITORING PENDAKI GUNUNG UNGARAN BERBASIS GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS),” Tek. J. Ilmu Tek. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 11–18, May 2021, doi: 10.51903/TEKNIK.V1I1.26.

S. Rahmanda, A. U. MS, H. Sukri, and A. W. H, “Sistem Informasi Pencatatan SK Dosen Prodi Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura,” J. Tek. Elektro dan Komput. TRIAC, vol. 8, no. 1, pp. 15–17, May 2021, doi: 10.21107/TRIAC.V8I1.9945.

A. Muluk, I. Arief, A. Syafruddin Indrapriyatna, and M. Falevy, “Pengembangan Antarmuka Portal Universitas untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 6, pp. 1052–1061, Dec. 2021, doi: 10.29207/RESTI.V5I6.3532.

C. Müller-Roterberg, “Handbook of Design Thinking Tips & Tools for how to design thinking,” Handb. Des. Think., Jan. 2018, Accessed: Nov. 30, 2023. [Online]. Available: https://www.academia.edu/44000625/Handbook_of_Design_Thinking_Tips_and_Tools_for_how_to_design_thinking

M. Juniantari, S. Ulfa, and H. Praherdhiono, “Design Thinking Approach in The Development of Cirgeo’s World Media,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. JANAPATI, vol. 12, no. 1, pp. 42–55, Apr. 2023, doi: 10.23887/JANAPATI.V12I1.55203.

S. Ansori et al., “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, Jul. 2023, doi: 10.47065/JOSH.V4I4.3648.

M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, Jun. 2019, doi: 10.35138/ORGANUM.V2I1.51.

S. Adam and S. Widiantoro, “Rancang Purwarupa Aplikasi Becakap Bagi Masyarakat Pesisir dengan Pendekatan Design Thinking,” J. Appl. Informatics Comput., 2019, doi: 10.30871/jaic.v3i2.1738.

M. Awaluddin, R. Afwani, and B. Irmawati, “Parenting Information System Using Design Thinking and Personal Extreme Programming Method,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 413-426–413 – 426, Aug. 2022, doi: 10.28932/JUTISI.V8I2.4941.

D. Karlina and D. Rosa Indah, “User Interface and User Experience Design of E-learning Information System Using Design Thinking,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 580-596–580 – 596, Dec. 2022, doi: 10.28932/JUTISI.V8I3.5412.

S. Yoga, A. Putra, Y. Yudhapurnomo, S. Fatimah, and R. O. Wiharifin, “Implementasi Prototipe Sila (Social Media Self Development Indonesia) dalam Design Thinking Digital Product Development,” Res. J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 109–118, Oct. 2021, doi: 10.25273/RESEARCH.V4I2.9938.

D. Setiawan, Y. P. Yudha, B. Saputra, M. Rizqi, and W. N. Rohman, “Implementasi Design Thinking Process Framework Dalam Content Digital Product Development Informasi LENTERA UNIPMA,” Res. J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 54–60, Nov. 2022, doi: 10.25273/RESEARCH.V5I2.13494.

E. Susilo et al., “Pilihan Terbaik Sidebar Kanan atau Sidebar Kiri untuk Personal Website berdasarkan Usability,” IT J. Res. Dev., vol. 4, no. 2, pp. 128–134, Feb. 2020, doi: 10.25299/ITJRD.2020.VOL4(2).4358.

S. D. Purnamasari and F. Syakti, “Implementasi Usability Testing dalam Evaluasi Website Sekolah,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 420–426, Nov. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.1000.

Z. Sharfina and H. B. Santoso, “An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS),” 2016 Int. Conf. Adv. Comput. Sci. Inf. Syst. ICACSIS 2016, pp. 145–148, Mar. 2017, doi: 10.1109/ICACSIS.2016.7872776.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v11i1.24333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: