Research And Development (RnD) Pada Pengembangan Sistem Informasi Manajemen PKK Desa Dunggala Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo

Desyawanti Ecy Tawape, Amirudin Yunus Dako, Rahmat Deddy Rianto Dako, Wahab Musa, Wrastawa Ridwan, Iskandar Z. Nasibu

Abstract


Desa dunggala adalah salah satu desa digital yang menjadi desa binaan dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo khususnya Jurusan Teknik Elektro. Meski Desa Dunggala sudah memiliki sistem informasi desa berbentuk website, namun sarana informasi dan pengelolaan data Pemberdayan Kesejahteraan Keluarga (PKK) belum memadai. Kurang akuratnya data dan belum maksimalnya penyajian informasi terkait PKK menjadi beberapa penyebab kurang memadainya website dimaksud. Untuk itu sangat penting untuk melakukan kajian pengembangan Sistem Informasi Manajemen PKK (SIM-PKK) sebagai salah satu upaya pengembangan dari sistem sebelumnya dan menjadi pelengkap modul website utama dari Desa Dunggala yang terintegrasi ke sistem informasi eksisting untuk mengopitimalkan pengelolaan infrastruktur informasi PKK yang ada di desa. SIM-PKK akan dikembangkan menggunakan metode Research And Development (RnD) yang terdiri dari Potensi dan Masalah, Pengumpulan data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji coba Produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi Produk, Produksi Masal. Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan produk baru dan menguji keefektifan produk tersebut. Luaran Penelitian ini menghasilkan produk  baru yang telah di uji menggunakan blackbox dan portabilitas. Hasil pengujian tersebut menunjukan bahwa SIM-PKK berjalan dengan baik

References


TP-PKK-PUSAT, “Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” 2015.

A. Solihin, “Pemkab Apresiasi TP-PKK Dunggala Berprestasi Tingkat Nasional - ANTARA News Gorontalo,”2017.https://gorontalo.antaranews.com/berita/42435/pemkab-apresiasi-tp-pkk-dunggala-berprestasi-tingkat-nasional.

N. Latifah, “Perancangan Sistem Pengelolaan Kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Universitas Muria Kudus Berbasis Web,” pp. 57–62, 2018.

I. P. W. A. D. I. G. L. A. R. P. I. P. Satwika, “Sistem Informasi Pkk Berbasis Website Dengan Fitur Mobile Di Kelurahan Penatih Kota Denpasar,” vol. 10, no. 2, pp. 92–101, 2018.

M. Sidik, “Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development,” vol. 04, 2019.

R. I. Rahmat and P. W. Yunanto, “Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Dan Kehadiran Mahasiswa Berbasis Web Avalaiable at:,” vol. 1, no. 1, pp. 39–50, 2017.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. 2017.

https://desadunggala.com/?page=230f544592f986385a5cb1a46a73e32d. .




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v10i2.20542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: