Analisis Numerik Jatuh Tegangan pada Derek Kontainer di Pelabuhan Akibat Arus Mula Motor

Adi Kurniawan, Firman Rachmat Wahyudy, Sardono Sarwito

Abstract


Container crane atau derek kontainer membutuhkan transformator untuk mengatur tegangan sesuai dengan spesifikasi tegangan dari motor-motor listrik yang menggerakkan derek tersebut. Dalam pengoperasian transformator, timbul arus mula yang mengalir melalui transformator pada saat motor-motor listrik mulai dinyalakan. Meskipun durasi munculnya arus mula tidak lama, namun memiliki beberapa dampak yang dapat mengganggu pengoperasian peralatan. Salah satunya adalah timbulnya jatuh tegangan. Pada penelitian ini dilakukan simulasi kondisi arus mula serta arus pada kondisi tunak pada derek, serta menganalisis dampak dari arus tersebut terhadap jatuh tegangan pada sistem. Simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak analisis sistem tenaga. Pada perangkat simulasi, keempat jenis motor yang menggerakkan derek kontainer yaitu motor hoist, motor boom, motor gantry dan motor trolley dinyalakan secara bergantian untuk melihat respon sistem pada masing-masing penyalaan. Hasil simulasi menunjukkan terdapat durasi jatuh tegangan yang tidak memenuhi standar dari IEC. Penambahan kapasitor sebesar 806.400 VAR dilakukan untuk memastikan bahwa jatuh tegangan yang terjadi dapat memenuhi standar dari IEC

Keywords


infrastruktur transportasi; kualitas daya listrik; mesin listrik; pemodelan sistem

References


J. Lister, “Green Shipping: Governing Sustainable Maritime Transport,” Glob Policy, vol. 6, no. 2, pp. 118–129, May 2015, doi: 10.1111/1758-5899.12180.

S. Majune and A. F. Montfaucon, “Trade Policies and Sea and Air freight The Impact of COVID-19 Lockdowns on Imports and Exports,” 2023. [Online]. Available: http://www.worldbank.org/prwp.

L. Adam, “KEBIJAKAN KONEKTIVITAS MARITIM DI INDONESIA,” Politica, vol. 6, no. 1, pp. 20–41, Mar. 2015, [Online]. Available: http://jkw4p.com/download/nawa_cita.pdf,

M. Mac Kinnon, G. Razeghi, and S. Samuelsen, “The role of fuel cells in port microgrids to support sustainable goods movement,” Renewable and Sustainable Energy Reviews, vol. 147. Elsevier Ltd, Sep. 01, 2021. doi: 10.1016/j.rser.2021.111226.

Statista Research Department, “Number of ships in the world merchant fleet,” 2020. [Online]. Available: https://www.statista.com/statistics/264024/number-of-merchant-ships-worldwide-by-type/

J. H. Jo and S. Kim, “Key performance indicator development for ship-to-shore crane performance assessment in container terminal operations,” J Mar Sci Eng, vol. 8, no. 1, Jan. 2020, doi: 10.3390/JMSE8010006.

A. A. Masroeri, E. S. Koenhardhono, and F. F. Asshanti, “Analysis of Electrical Power Consumption in Container Crane of Container Terminal Surabaya,” International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, vol. 2, no. 1, pp. 86–93, 2017, doi: 10.12962/j25481479.v2i1.2623.

A. R. Kurniawan, A. Kurniawan, S. Sarwito, A. R. N. Gumilang, and F. Budianto, “Power flow analysis of DC distribution system in a ship with non-electric propulsion,” International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), vol. 13, no. 1, p. 9, Feb. 2023, doi: 10.11591/ijece.v13i1.pp9-16.

Iec, “Low-voltage electrical installations-Part 1: Fundamental principles, assessment of general characteristics, definitions




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v10i2.19799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: