Analisis Karakteristik Sensor Laser Sebagai Pengukur Lebar Rel Kereta Api

Riza Achmad Fauzi, Mohammad Erik Echsony, Alfi Tranggono Agus Salim, Sefi Novendra Patrialova, Romal Hadi Setyawan

Abstract


Lebar rel kereta api yang tidak standar mengakibatkan kereta anjlok. Dikarenakan rel menerima beban dari roda kereta api secara kontinu selama kereta beroperasi. Inspeksi rel dilakukan oleh tenaga manusia atau PPJ (Petugas Penilik Jalur) menggunakan track gauge master, untuk mengukur lebar rel kereta api. Pengukuran lebar rel secara manual menjadi permasalahan, mengakibatkan petugas berjalan disepanjang rel kereta api sehingga kurang efisien dari segi waktu dan tenaga, serta dapat membahayakan keselamatan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dibutuhkan perangkat untuk mengukur lebar rel yang memudahkan petugas. Perangkat pengukur lebar rel menggunakan sensor laser. Penggunaan sensor laser dalam pengukuran memanfaatkan selisih waktu tempuh sinyal yang dipantulkan dan diterima oleh sensor, kemudian diolah menjadi nilai jarak. Nilai jarak disaring menggunakan metode kalman filter. Pengujian keakuratan jarak dibandingkan dengan alat ukur laser distance meter. Sensor laser dikalibrasi untuk meminimalisir selisih pengukuran (error) dari hasil pembanding. Hasil penelitian didapatkan akurasi error pada sensor laser sebesar 1,5%. Akurasi error menjadi 0,11% setelah menggunakan kalman filter.


Keywords


sensor laser, lebar rel, rel kereta api, sensor jarak, kalman filter.

References


Republik Indonesia, “PM. 32 Tahun 2011,” Menteri Perhub. Republik Indones., p. 2, 2011.

W. T. Adi, “Kajian Umur Jalan Rel Berdasarkan Keausan dengan Metode dari AREA dan Perjana,” J. Perkeretaapi. Indones. (Indonesian Railw. Journal), vol. 3, no. 2, 2019, doi: 10.37367/jpi.v3i2.84.

Kementerian Perhubungan, Buku Statistik Bidang Perkeretaapian Tahun 2019. 2019.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi, “Laporan Akhir Laporan Akhir,” 2018.

Republik Indonesia, “Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api,” PM. 60 Tahun 2012, pp. 1–57, 2012.

N. Mahfuz, O. A. Dhali, S. Ahmed, and M. Nigar, “Autonomous railway crack detector robot for Bangladesh: SCANOBOT,” 5th IEEE Reg. 10 Humanit. Technol. Conf. 2017, R10-HTC 2017, vol. 2018-Janua, pp. 524–527, 2018, doi: 10.1109/R10-HTC.2017.8289014.

W. Y. Rezika et al., “Characteristics of Sensor Detector Deformation Railways Material,” vol. 6, no. 4, p. 7, 2021.

J. T. Subramanian, “Surveillance System for Autonomous Survey Vehicles,” University of Oslo, 2021.

A. Ma’arif, I. Iswanto, A. A. Nuryono, and R. I. Alfian, “Kalman Filter for Noise Reducer on Sensor Readings,” Signal Image Process. Lett., vol. 1, no. 2, pp. 11–22, 2019.

S. M. Nejad and S. Olyaee, “Low-noise high-accuracy TOF laser range finder,” Am. J. Appl. Sci., vol. 5, no. 7, pp. 755–762, 2008.

P. Gordon and C. K. Toth, Topographic Laser Ranging and Scanning: Principles and Processing, vol. 31. 2010.

Y. S. Suh, “Laser sensors for displacement, distance and position,” Sensors (Switzerland), vol. 19, no. 8, 2019.

Surtr Technology, “Datasheet TOF10120, Time-of-Flight ranging Sensor.” 2019. Available: https://surtrtech.com/2019/03/18/easy-use-of-tof-10120-laser-rangefinder- to-measure-distance-with-arduino-lcd/. Diakses tanggal 7 Agustus 2022.

G. Hergika, Siswanto, and Sutarti, “Perancangan Internet of Things (IoT) Sebagai Kontrol Infrastuktur Dan Peralatan Toll Pada Pt. Astra Infratoll Road,” J. PROSISKO, vol. 8, no. 2, pp. 86–98, 2021.

C. S. Park, D. Kim, B. J. You, and S. R. Oh, “Characterization of the Hokuyo UBG-04LX-F01 2D laser rangefinder,” Proc. - IEEE Int. Work. Robot Hum. Interact. Commun., pp. 385–390, 2010.

S. Komarizadehasl, B. Mobaraki, H. Ma, J. A. Lozano-Galant, and J. Turmo, “Low-Cost Sensors Accuracy Study and Enhancement Strategy,” Appl. Sci., vol. 12, no. 6, 2022, doi: 10.3390/app12063186.

A. S. Morris and R. Langari, Measurement and Instrumentation Theory and Application Alan. San Diego, California: Elsevier, 2012.

J. P. Bentley, Principles of Measurement Systems, vol. 30, no. 1. 2005.

P. S. Frima Yudha and R. A. Sani, “Implementasi Sensor Ultrasonik Hc-Sr04 Sebagai Sensor Parkir Mobil Berbasis Arduino,” EINSTEIN e-JOURNAL, vol. 5, no. 3, 2019.

W. A. Fistcar, “Pengaruh Parameter Track Quality Indeks (TQI) Terhadap Perilaku Bantalan Beton,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2019.




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v9i2.16337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: