Analisis Penggunaan Teknik Load Balancing untuk Optimalisasi Jaringan

Ahmad Irsyad Amru Rosyidi, Rima Tri Wahyuningrum

Abstract


Saat ini internet berkembang sangat pesat dan membutuhkan penyediaan dalam penyeimbangan sarana internet. Internet juga membutuhkan koneksi untuk memenuhi pemakainya. Sehingga cadangan manajemen keberlangsungan koneksi dari internet sangat diperlukan. Saat ada koneksi yang mengalami masalah, tentu masih memiliki cadangan koneksi lainnya. Salah satu solusi yang ada yaitu pemakaian sistem jaringan Load Balancing. Agar kinerja internet menjadi lebih optimal diperlukan sistem Load Balancing. Load Balancing merupakan sarana yang bagus sebagai penunjang kinerja untuk internet supaya menjadi lebih optimal. Hal ini dikarenakan pembagian jalur traffic dilakukan secara merata. Dalam pemakaianya, mikrotik menjadi alat yang digunakan untuk menjalankan sistem Load Balancing. Ada beberapa metode yang dapat dijalankan, yaitu Per Connection Classifier (PCC), Equal Cost Multi Path (ECMP), dan juga NTH. Metode PCC menjadi metode yang sering dijalankan dalam pemakaian berulang kali. Hal itu disebabkan karena trafik koneksi yang melewati router dibagi secara berkelompok. Maka hubungan anatara client dan server menjadi terjamin, hal ini dikarenakan selalu berada di jalan yang sama.


Keywords


internet, jaringan, optimalisaisi, pemakaian load balancing

References


Octavriana. T, Joni. K, & Ibadillah. A. F. (2021). Optimalisasi Jaringan Internet Dengan Load Balancing Pada High Traffic Network. J. Tek. Inform, 14(1), 28-39.

Febriyanti. F. (2016). Analisis Perbandingan Load Balancing dengan Metode Equal Cost Multipath (ECMP) dan Per Connection Classifier (PCC) Menggunakan Mikrotik Routerboard (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Batam).

Antara. I. K. A. S. anallisis dan optimaisasi jaringan menggunakan load balancing dan manajemen bandwith (studi kasus: SMK N 1 Tabanan).

Rahmatulloh. A., & Firmansyah. M. S. N. (2017). Implementasi load balancing web server menggunakan haproxy dan sinkronisasi file pada sistem informasi akademik Universitas Siliwangi. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 241-248.K. Elissa, “Title of paper if known,” unpublished.

Febriyanti. F. (2016). Analisis Perbandingan Load Balancing dengan Metode Equal Cost Multipath (ECMP) dan Per Connection Classifier (PCC) Menggunakan Mikrotik Routerboard (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Batam) FIKAR M. E. D. O. (2021). Analisi dan optimalisasi jaringan menggunakan teknik Load Balancing di SMKN II Luwu (Doctoral dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Syaputra, A. W., & Assegaff, S. (2017). Analisis dan implementasi load balancing dengan metode nth pada jaringan dinas pendidikan provinsi jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 831-844




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v9i3.15389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: