Workshop Pembelajaran E-Learning di Era Society 5.0
Abstract
E-learning merupakan salah satu cara untuk membantu mewujudkan mutu pendidikan belajar yang baik. Metode penyampaian informasi melalui jasa internet ini dirasa sangat mudah dan lebih efisien dan tidak memakan waktu yang lama. Karena informasi yang baik adalah informasi yang akurat, mudah diakses atau cepat dan terbaru (up to date). Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Persiapan, (3) Pelaksanaan, dan (4) Evaluasi. Pada tahap pelaksanaan dilakukan dengan melakukan workshop tentang pembelajaran e-learning kepada para Bapak/Ibu Dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari serta pendampingan. Hasil yang diperoleh dari pengabdian pada masyarakat adalah yang pertama rata-rata pemahaman dan pengetahuan mengenai pembelajaran e-learning mengalami peningkatan. Adapun nilai rata-rata pre test sebelum adanya workshop adalah 51,5 dan nilai rata-rata sesudah dilakukan workshop adalah 85. Kedua, selama pendampingan para peserta memberikan respon positif dengan persentase 89 %.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Allen, M. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.
Ardiansyah, I. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Indonesia.
Chandrawati, S.R. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Vol 8 (2). http://jurnal.untan.ac.id/.
Effendi, E & Zuang, H. 2005. E-learning Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Andi Yogyakarta
Hakim, A.B. 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management (e-Journal). Vol 2 (1).
Pranoto, A. 2009. Sains dan Teknologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rohmah, L. 2016. Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. An-Nur. Vol 3 (2).
DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.8386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.