Pelatihan Penulisan Business Letter Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Bhinneka Karawang

Indah Purnama Dewi, Nina Puspitaloka

Abstract


Kondisi dunia usaha saat ini menuntut lulusan SMK harus memiliki kualitas yang unggul di bidang vokasi dan bidang penunjang lainnya yang bersifat universal yaitu kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris adalah persyaratan yang secara frekuensi lebih banyak muncul di setiap lowongan pekerjaan. Peserta didik di SMK Bhinneka Karawang ini secara umum belum memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dalam segi berbicara maupun dalam tulisan. Hal ini terjadi karena kurangnya minat peserta didik dalam menulis teks berbahasa Inggris yang kemudian diterapkan dalam penulisan surat-surat formal untuk bisnis atau business letter. Peserta didik selalu beranggapan bahwa menulis surat-surat formal berbahasa Inggris sangat sulit karena kebanyakan dari mereka tidak menguasai vocabualry atau kosakata yang tepat untuk membuat kalimat yang baik. Oleh karena itu dosen-dosen dari Universitas Singaperbangsa mengadakan pengabdian masyarakat di SMK Bhinneka Karawang dalam bentuk pelatihan penulisan business letter untuk peserta didik kelas XII pada program keahlian Administrasi Perkantoran. Pelatihan dan  pendampingan dilakukan sebanyak 3 kali setiap hari sabtu mulai dari tanggal 8, 15, dan 22 Februari 2020, pukul 08.30 s/d 11.30 wib. Kegiatan ini diawali dengan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan penulisan business letter pada peserta didik kelas XII program keahilian Administrasi Perkantoran di SMK Bhinneka Karawang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE yang meliputi: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Develop (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (4) Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pelatihan sangat mendukung kegiatan belajar mengajar peserta didik di kelas, (2) peserta didik sangat bersemangat dalam melakukan pelatihan. Hal ini memberikan ide bahwa sangat perlu dilakukan pelatihan penulisan business letter bagi peserta didik program keahlian Administrasi Perkantoran di sekolah-sekolah lain dengan harapan para peserta didik mendapatkan bekal, nilai tambah dan kompetensi baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris.


Keywords


Pelatihan, Penulisan, Business Letter, Bahasa Inggris

References


Arum, S. 2020. Pelatihan Bahasa Inggris Business Letter Writing untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku UMKM dalam Pemasaran Produk Di Bisnis Global. Jurnal Abdinus: Jurnal Pengabdian Nusantara. Vol 3 (2). 148-155 pp.

Diselita, R & Saharudin. 2011. Pengembangan Modul Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan. Tekno-Pedagogi. Vol. 1. 71-80 pp.

Setiawan, E., Rahman, D & Kristanto, R. 2020. Pelatihan Keterampilan Menulis dalam Korespondensi Berbahasa Inggris, Menerjemahkan serta Keterampilan Menggunakan Grammarly, Google Translate, dan Google Drive di Sekolah Menengah Kejuruan Rawasari Jakarta Pusat. KSATRYA Vol. 2. DO - 10.31334/jks.v2i2.733

Martono. E. 2016. Modul Guru Pembelajar SMK: Kompetensi Profesional: Surat Menyurat Bahasa Inggris

Tarigan, H.G. 1984. Menulis Surat Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Sambodi. 2015. Pembelajaran dengan Teknik Pelatihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 9 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Vol 9 (1).




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.8165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indah Purnama Dewi, Nina Puspitaloka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: