Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Ruang Diskusi Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual di Lingkungan Akademis

Wiwid Adiyanto

Abstract


Pelecehan seksual bisa dialami oleh siapa saja dan dimana saja. Kampus yang seharusnya merupakan ruang publik yang aman, tidak lepas dari permasalahan pelecehan seksual. Pelecehan seksual di kampus tidak terlepas dari penyalahgunaan struktur kekuasaan, namun pelecehan seksual juga tidak menutup kemungkinan dilakukan oleh semua lapisan struktur yang ada di kampus. Permasalahannya adalah pelecehan seksual belum mendapat penanganan serius. Pengabdiam masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih edukasi terkait upaya pencegahan, perlawanan, literasi gender, dan juga perbaikan konstruksi sosial dimasyarakat terkait pelecehan seksual. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk virtual talk show yang bekerjasama dengan komunitas Feminis Yogya dan komunitas Perempuan Hari Ini. Hasil pencapaian dari virtual talk show ini terlihat bahwa audiens mengetahui bentuk-bentuk kekerasan seksual, memahami rantai dampak dari pelecehan seksual, mempunyai pengetahuan tentang konstruksi sosial dan budaya yang membentuk normalisasi keadaan, memiliki pengetahuan tentang cara mencegah pelecehan seksual di kampus, memiliki pengetahuan terkait hal yang harus dilakukan ketika mendapatkan pelecehan seksual di kampus, dan pemahaman feminisme yang merujuk pada kemanusiaan.


Keywords


Pelecehan seksual, kampus, konstruksi sosial, feminisme, literasi gender

References


Dwiyanti, F. 2014. Pelecehan Sekual Pada Perempuan di Tempat Kerja (Studi Kasus Kantor Satpol PP Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Kriminologi Indonesia. Vol 10(1), 29–36 pp.

Foucault, M. 1978. The History of Sexuality Volume 1 : An Introduction. New York: Pantheon Books.

Foucault, M. (1980). Power/Knowledge : Selected Interviews and Other Writings 1972-1977. New York: Pantheon Books.

Kusuma, I., Nafi, Y. K. D., Veronica, Stiawati, D., & Nafi, T. H. 2020. Melawan Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (Edisi 6 Bu). Jakarta: Salemba Humanika.

Safer Internet Forum. (2019). From Online Violance to Digital Respect. Brussels.

Zuhra, W. U. N. (2019). Testimoni Kekerasan Seksual : 174 Penyintas, 79 Kampus, 29 Kota. Retrieved from Tirto.id website: https://tirto.id/testimoni-kekerasan-seksual-174-penyintas-79-kampus-29-kota-dmT.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7594

Refbacks



Copyright (c) 2020 Wiwid Adiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: