Penerapan Model Canvas, Marketing Mix Dan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan (Pengabdian kepada Masyarakat untuk UMKM di Wilayah Cirebon)

Dwi Rorin Mauludin Insana

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah wujud nyata implementasi mata kuliah Kewirausahaan dan salah satu upaya mendukung misi pemerintah dalam rangka mencetak wirausaha baru. Implementasi ini seiring dengan kebutuhan UMKM binaan mitra tentang peningkatan penjualan dengan strategi marketing dan penyusunan biaya yang efektif sehingga memerlukan trik dan tips dalam menghadapinya. Dengan melibatkan UPTD PPMPP Cirebon yang merupakan UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat sebagai mitra dan sebanyak 60 orang peserta yang berasal dari UMKM binaan mitra, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Meningkatkan pengetahuan, keterampilan maupun sikap atau nilai-nilai yang benar dalam mengembangkan wirausaha baru; 2) Menciptakan dan mengembangkan kemampuan usaha terutama dalam menyusun bisnis model canvas, strategi marketing mix, pemanfaatan teknologi informasi dan rencana penjualan serta penyusunan biaya agar dapat mengembangkan UMKM dan meningkatkan kesejahteraan dan  ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa ceramah dan diskusi.  Hasil dari kegiatan ini Peserta mendapatkan ilmu dan pengetahuan serta praktek tentang penyusunan model bisnis canvas, strategi marketing mix dan pemanfaatan teknologi informasi yang cukup penting dalam peningkatan penjualan dan pengembangan usahanya serta penyusunan anggaran biaya usaha

Keywords


Bisnis Model Canvas, Marketing Mix, Teknologi Informasi, Pemasaran, Penjualan

References


Alma, B. 2009. Kewirausahaan. Bandung. Alfabeta.

Carol, K.G. 1991. Kreatifitas dalam Bisnis. Jakarta. Bina Rupa Aksara.

Chaffey, D., Mayer, R., Johnston, K & Fiona Ellis-Chadwick. 2000. Internet Marketing: Strategy, Implementattion and Practice, Pearson Education Limited, London, England. Sumber http://lp3m.asia.ac.id/wp-content/uploads/2017/03/7.-JURNAL-THERESIA-JIBEKA-VOL-11-NO-2-FEB-2017.pdf Diakses 14 Maret 2018

David, F.R. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta. Salemba Empat.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Insana, D.R.M & Hapsari, A.T. 2019. Peningkatan Efektivitas Berwirausaha Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Simposium Nasional Ilmiah, Kampus Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 7 November 2019. LPPM Universitas Indraprasta PGRI, hal.1053-1059.

Insana, D.R.M., Hapsari, A.T & Eko Cahyo M. 2019. Increasing Entrepreneurial Creativity Through the Introduction of Information Technology Utilization. Research Article in The 1st Workshop on Multimedia Education, Learning, Assessment and its Implementation in Game and Gamification. In conjunction with COMDEV 2018, Medan Indonesia, 26th January 2019, WOMELA-GG

Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Jakarta. Rajawali Pers.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran (edisi ke tigabelas). Jakarta. Erlangga.

Rangkuti, F. 2010. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka Umum.

Rayport, Jeffrey F. dan Bernard J.Jaworski. (2003). Introduction to E-Commerce, 2nd Edition, McGraw-Hill, New York Sumber http://lp3m.asia.ac.id/wp-content/uploads/2017/03/7.-Jurnal-Theresia-Jibeka-Vol-11-No-2-FEB-2017.pdf Diakses 14 Maret 2018.

Strauss, Judy dan Raymond Frost. 2009. E-Marketing, 5th Edition, Prentice-Hall, Inc., Upper Saddle, New Jersey Sumber http://lp3m.asia.ac.id/wp-content/uploads/2017/03/7.-JURNAL-THERESIA-JIBEKA-VOL-11-NO-2-FEB-2017.pdf Diakses 14 Maret 2018.

Tim PPM Manajemen. (2017). Business Model Canvas; Penerapan di Indonesia. Jakarta. PPM Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Rorin Mauludin Insana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: