Pemanfaatan Teknologi dan Pengembangan Usaha Damar Keripik

Luh Made Yulyantari, I Gede Putu Adhitya Prayoga

Abstract


Keripik kacang merupakan salah satu produksi industri rumah tangga makanan ringan yang sangat familiar dan banyak terdapat di pasaran. Salah satu industri rumah tangga atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang tersebut adalah Damar Keripik. Damar Keripik hanya memiliki satu jenis variasi produk yang dijual. Permasalahan yang ditemukan pada mitra adalah pada aspek produksi, pemasaran, dan aspek manajemen. Pada aspek produksi terdapat beberapa permasalahan yaitu, segel kemasan yang masih menggunakan alat yang konvensional, serta alat produksi yang masih kurang. Pada aspek pemasaran, belum adanya label kemasan yang mencantumkan indentitas mitra di dalamnya dan belum adanya variasi ukuran dalam pengemasan. Pada aspek manajemen, kondisi administrasi pencatatan data penjualan yang lemah, seringkali menjadi penyebab sulitnya mengajukan kredit ke pihak ketiga. Lemahnya administrasi pencatatan data penjualan mengakibatkan sulitnya melakukan penilaian kelayakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakan kegiatan melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa dua jenis kegiatan. Kegiatan pertama, yaitu membantu proses produksi, dengan pemberian tambahan alat produksi dan pembuatan label kemasan. Kegiatan kedua berupa kegiatan untuk membantu bagian manajemen, yaitu berupa pelatihan pencatatan penjualan. Secara keseluruhan hasil monitoring dan evaluasi dari mitra, 20% menyatakan cukup, 26% menyatakan baik, dan 54% menyatakan baik sekali.


Keywords


peanut chips, excel, recording of sales

References


Bali, G. (2018, Desember 21). Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 Tentang PEMBATASAN TIMBULAN SAMPAH PLASTIK SEKALI PAKAI. Diambil kembali dari JDIH Pemerintah Provinsi Bali:

https://jdih.baliprov.go.id/produk-hukum/peraturan/abstrak/24688

Lee, C. (2016). Belajar Microsoft Excel – Step by Step. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Lee, C. (2016). PowerTips Microsoft Excel Terbaru dan Terbaik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Zoom. (2020, Juni 1). Join a Meeting. Diambil kembali dari Zoom: https://zoom.us/join




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Luh Made Yulyantari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: